2 Dekade Achmad Syafei Nikmati Mengemban Amanah Pelanggan

Dalam sehari Achmad Syafei mampu delivery lebih 300 paket kiriman

Rajin dan jujur merupakan dua kata yang selalu dipegang oleh Achmad Syafei ketika bekerja delivery paket kiriman ke customer. Mengingat selalu rajin dalam bekerja, ia mempunyai tingkat kehadiran dan sukses delivery tertinggi diantara 367 rider yang ada di JNE Hub Utara, Sunter, Jakarta Utara.

Saat ditemui JNEWS, Rabu (10/2/2021) sore, di Hub Sunter, Rider Achmad Syafei baru saja selesai mengantar sekitar 300 paket kiriman ke para customer di area delivery-nya, Kelurahan Papanggo dan Sunter Agung. Meski sepanjang siang itu kawasan Sunter baru saja diguyur hujan lebat, namun tidak nampak muka lelah pada raut wajah Syafei.

Baca juga : Best Rider JNE Bogor : Bukan Cuaca yang Menentukan Sukses Tidaknya Delivery

“Sudah biasa kena hujan hingga banjir. Namun kalau cuaca ekstrim proses delivery terlambat sedikit. Biasanya kalau saya masuk shiff 1, sebanyak 300 paket pun delivery-nya tidak butuh waktu lama. Saya sangat bangga dan menikmati kerja jadi kurir. Sekarang sudah 20 tahun di lapangan delivery paket,” ujar Ksatria yang mulai bergabung di JNE sejak 2001 atau 20 tahun silam ini.

Menurut Syafei, pada awal 2001, untuk kawasan Sunter yang luas, hanya dirinya sendiri yang menjadi kurir. Saat itu paket kiriman tidak sebanyak seperti sekarang, karena dulu kawasan Sunter masih banyak yang kosong, belum banyak apartemen, perumahan dan perkantoran.

Baca juga : Inspirasi Kurir Teladan Beli Scanner Barcode untuk Percepat Proses Kiriman

“Saya menyaksikan, bagaimana dari waktu ke waktu perekonomian di daerah Sunter terus tumbuh. Apartemen dan perkantoran semakin menjamur, pabrik-pabrik besar bermunculan sehingga paket kiriman semakin banyak dan JNE semakin banyak merekrut karyawan kurir,” kenang Syafei.

Kurir/ rider senior JNE Hub Utara, Achmad Syafei

Sebagai kurir senior dan sudah dua dekade berhubungan langsung dengan para customer, Syafei tahu betul berbagai karakter customer di wilayah Sunter. Penerima paket beragam, dari mulai penghuni apartemen, para pegawai kantor hingga para perantau dari etnis tertentu yang rumahnya tidak mempunyai alamat lengkap.

“Kalau untuk customer perantau dari daerah tertentu tanpa saya sebut nama daerah asalnya, di alamatnya hanya tertulis nama dan kawasan atau Jalan. Untungnya, saya sudah kenal dan hapal nama-nama orangnya,” jelasnya.

Baca juga : Kurir Terbaik JNE Papua Kirim Paket ke Pelosok hingga Daerah Konflik

Mengingat mayoritas paket yang diantarkannya berupa dokumen, terutama ke perkantoran, dalam sehari Syafei bisa sukses delivery lebih dari 300 paket, bahkan kadang kalanya apabila peak season bisa mencapai 400 paket lebih.

Sebagai rider senior dan terpilih sebagai Best Rider dari JNE Hub Utara, dirinya sering membantu para rider junior yang menemui kesulitan saat berada di lapangan, termasuk apabila ada permasalahan langsung dengan customer.

“Saya sangat mencintai pekerjaan ini. Di lapangan sangat menyenangkan. Bisa bersilturahmi dengan banyak orang. Bahkan apabila saya berhalangan, misalnya karena sakit, banyak customer yang menghubungi, dari mulai sekedar menanyakan kabar hingga mendoakan agar cepat sembuh,” tandasnya.

Baca juga : Best Rider JNE Veteran Biasa Menerjang Banjir dan Antar Paket ke Tokoh Ternama

Dedikasi dan loyalitas Syafei yang tinggi terhadap profesinya sebagi rider, diakui oleh Joan, Inbound Support Unit Head, selaku atasan Syafei.

“Loyalitas Syafei yang sudah 20 tahun sebagai rider sangat disiplin dan penuh tanggung jawab. Dia hampir tidak pernah datang terlambat dan produktifitasnya tinggi. Untuk komplain pasca delivery juga hampir tidak ada,” ujar Joan.

Yang membanggakan dan patut dicontoh oleh rider lainnya, tambah Joan, Syafei selalu menjalankan instruksi kerja dan kebijakan dari atasan, tanpa memandang dirinya lebih senior dari atasannya.

“Hubungan dengan rekan kerja yang lain juga berjalan harmonis, rider Syafei tidak merasa dirinya senior, malah sering membimbing dan membantu rekan juniornya,” pungkasnya. *

Baca juga : Semangat Juang Kurir JNE di Tengah Banjir Kalimantan Selatan

Exit mobile version