3 Solusi Terbaru Grab Dukung UMKM #TerusUsaha di Masa Pandemi

Grab TerusUsaha UMKM

Dukungan demi dukungan untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia terus mengalir di masa pandemi COVID-19. Kali ini dukungan kembali datang dari perusahaan penyedia layanan transportasi online, Grab. Dalam pengumuman terbaru, Grab menyebut bahwa pihaknya memiliki sejumlah solusi untuk membantu UMKM dalam beradaptasi di masa sekarang.

Berbagai inisiatif dilakukan oleh Grab untuk mendukung UMKM dalam negeri. Melalui inisiatif dan program #TerusUsaha, Grab mengklaim pihaknya telah sukses melakukan digitalisasi terhadap 350.000 UMKM di Indonesia yang bergabung ke dalam aplikasi Grab.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan bahwa keberhasilan Grab dalam merangkul UMKM untuk go digital ini sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan lebih banyak orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital. Selama ini, lanjut Neneng, Grab telah menghadirkan puluhan solusi digitalisasi yang bekera sama dengan pemerintah pusah dan daerah.

“Hari ini kami bangga bisa meluncurkan 3 solusi baru untuk terus membantu UMKM beradaptasi dan dapat memasarkan produk mereka dengan lebih efektif dan mudah. Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia saling dukung agar kita semua bisa #TerusUsaha dalam berbagai situasi,” jelasnya dalam keterangan pers.

Dukungan terhadap UMKM dari Grab ini pun mendapat apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki. Menurut Menteri Teten, inisiatif yang dilakukan oleh Grab ini dapat membantu rencana pemerintah dalam mempercepat transformasi digital para UMKM dalam negeri.

Baca Juga: Punya Bisnis Kuliner? Begini Cara Daftar Grabfood

“Dukungan bagi UMKM agar dapat bertahan dan terus berkembang di masa pandemi seperti saat ini harus diberikan secara berkesinambungan. Peran berbagai pihak termasuk pihak swasta sangatlah dibutuhkan guna memberikan platform yang dapat dimanfaatkan oleh jutaan UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia agar kita bisa memastikan keberlangsungan bisnis mereka yang tentunya berimplikasi terhadap perputaran ekonomi Indonesia,” ujar Menteri Teten.

3 Solusi Grab Bantu UMKM Indonesia

Nah, selain membantu UMKM untuk bisa beralih ke digital, Grab memiliki tiga solusi terbaru dalam mendukung UMKM. Ketiga solusi tersebut di antaranya:

1. Mengadakan bazar online

Grab rencananya akan menggelar bazar online mulai dari tanggal 26 hingga 28 Oktober 2020. Grab akan memberikan promosi khusus bagi 52.000 mitra Grabfood, Grabmart, Grabexpress, dan Grabkios di 16 kota Indonesia. Grab menyediakan laman khusus #TerusUsaha dengan banner digital pada aplikasi Grab dan portal www.grabforgood.id yang dapat diklik untuk melihat puluhan ribu produk UMKM, berbelanja dan menikmati promo, paket dan beragam penawaran khusus.

2. Pembuatan iklan mandiri untuk mitra Grabfood

Grab juga akan membantu UMKM dalam pembuatan iklan melalui fitur Ad Manager. Fitur ini mempermudah mitra untuk mengelola iklan untuk ditampilkan di dalam aplikasi Grab dalam waktu yang singkat. Sementara itu, melalui aplikasi GrabMerchant, mitra merchant dapat membuat iklan tanpa harus menyewa desainer dengan menggunakan serangkaian fitur yang tersedia.

Ada tiga langkah mudah yang ditawarkan, yakni memilih tipe iklan, memilih target pengguna, dan mengatur anggaran dan periode pemasangan iklan. Mitra merchant juga dapat memilih tipe

iklan yang diinginkan yakni Banner Ad yang dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas toko virtual melalui penempatan banner di bagian atas halaman muka layanan GrabFood atau Search Ad untuk menjangkau pelanggan yang mencari makanan dalam daftar menu dengan menempatkan toko virtual mitra merchant tersebut pada urutan teratas halaman pencarian dalam radius pengantaran. Untuk menikmati fitur ini mitra bisa mengeluarkan kocek mulai Rp57.000 per hari.

Baca Juga: Shopee Dorong Ratusan UMKM Ekspor ke Luar Negeri

3. Komunitas dan kelas khusus UMKM

Solusi yang ketiga adalah pembekalan pengetahuan dengan menggelar kelas khusus UMKM. Lewat solusi ini, Grab ingin menyediakan wadah untuk bertukar ilmu dan pikiran melalui:

  1. Klub Juraga Grabexpress, untuk para social sellers berkomunikasi, mengikuti kelas pelatihan atau seminar, dan mendapatkan informasi terkait layanan kurir instan GrabExpress. Juga tersedia banyak promo menarik bagi peserta klub ini melalui akun Instagram @KlubJuraganGrabExpress.
  2. Akun Instagram @GrabMerchantID khusus untuk mitra dan calon mitra merchant GrabFood dan GrabMart mendapatkan informasi terkait digitalisasi bisnis bersama Grab. Terdapat banyak tips dan informasi menarik yang bisa membantu merchant UMKM mengembangkan bisnis.
  3. 1001 Tips #TerusUsaha yang memberikan berbagai tips bermanfaat bagi UMKM, termasuk pengelolaan media sosial, fotografi, kemasan, dan masih banyak lagi! Hadir tiap minggu di Instagram dan YouTube channel Grab Indonesia.

Baca Juga: Gojek Dukung Percepatan Digitalisasi UMKM Lewat Pelatihan

Exit mobile version