4 Inspirasi Kuliner Khas Ramadan untuk Berbuka Puasa

ilustrasi gambar mengenai kuliner khas ramadan

Es pisang ijo salah satu kuliner khas Ramadan untuk berbuka puasa. Foto: Caradeni.com

Saat Ramadan banyak kegiatan dan tradisi yang dilakukan oleh umat Islam dalam menyambut bulan yang suci. Selain mendirikan ibadah wajib dan sunnah, salah satu yang tak ketinggalan adalah hidangan khas iftar.

Biasanya deretan kuliner khas Ramadan di Indonesia ini menjadi lebih mudah ditemukan di mana saja dibanding bulan-bulan biasa.

Nah, sebagai referensi hidangan berbuka puasa, berikut deretan kuliner khas Ramadan di Indonesia sebagai ide menu masakan.

Baca juga: Ngabuburit dan Bukber Ala Komunitas Mancing Ksatria JNE Medan

1. Mie Glosor

Takjil buka puasa ini paling banyak diminati masyarakat Bogor, Jawa Barat. Mie glosor terbuat dari mie tepung singkong atau aci yang dicampur dengan kunyit.

Teksturnya yang kenyal dan halus menjadi khas sendiri dari mie glosor. Cara membuatnya pun mudah. Pertama haluskan bawang putih, bawang merah, cabe rawit merah, merica, dan kemiri, kemudian tumis.

Setelah harum, masukkan mie glosor, tambahkan garam, kaldu bubuk, dan gula pasir, lalu tes rasa. Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti wortel, sawi, atau kol agar lebih lezat.

2. Kolak

Siapa yang tak kenal dengan panganan khas Indonesia ini? Hidangan yang satu ini identik sebagai takjil berbuka puasa. Karena itu tak lengkap rasanya bila tidak menyantap kolak saat puasa Ramadan.

Umumnya bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kolak antara lain pisang, ubi, dan kolang-kaling.

Cara membuatnya, rebus air dengan gula merah, gula pasir, daun pandan, serta sejumput garam hingga mendidih, kemudian masukkan pisang, ubi, dan kolang-kaling, lalu masukkan santan, masak hingga kuahnya mengental.

Baca juga: Atur Asupan Gula agar Tubuh Tak Mudah Lemas saat Ramadan

3. Es Timun Suri

Saat bulan puasa, timun suri mendadak menjadi buah yang mudah ditemui. Es timun suri menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka puasa karena rasanya yang segar.

Es timun suri memiliki aroma yang harum dan tekstur buah yang empuk. Untuk dapat menikmati kesegarannya pun cukup mudah.

Cukup dengan mengeruk daging timun suri, kemudian campurkan dengan air dan sirup sesuai selera. Kamu juga dapat menambahkan buah-buahan lain seperti blewah dan melon.

4. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo merupakan hidangan khas Makassar, Sulawesi Selatan. Kesegaran yang bercampur rasa manisnya pisang menjadikan es pisang ijo takjil favorit buka puasa.

Untuk membuatnya, campurkan tepung beras, garam, air daun suji, dan pewarna hijau kemudian didihkan di api kecil sambil diaduk. Kemudian masukkan tepung sagu, aduk hingga kalis. Balut pisang dengan adonan lalu rebus hingga mengapung, lalu kukus selama sekitar 20 menit.

Baca juga: Selama 10 Hari Terakhir Ramadan, KAI Bagi-bagi Takjil Gratis di Stasiun

Kemudian potong-potong pisang sesuai selera. Sajikan dengan sirup, susu kental manis, es serut, dan saus yang terbuat dari santan, tepung terigu, gula pasir, daun pandan, dan garam yang dididihkan hingga kental.

Exit mobile version