4 Kiat yang Bisa Dipelajari Pelaku Wirausaha dari Forrest Gump

film forrest gump bagus untuk inspirasi bisnis

(Source: IMDB)

JNEWS – Pernah dengar atau masih ingat dengan petikan kalimat, “Ibuku selalu bilang, ‘hidup seperti sekotak coklat. Kau tak pernah tahu yang mana yang akan kau dapat’”?

Kalimat itu keluar dari mulut Forrest Gump.

Para pecinta film Hollywood tahun 90-an tentu akrab dengan karakter tokoh lugu, IQ-nya di bawah rata-rata, berhati mulia, menjadi usahawan sukses, yang diperankan dengan meyakinkan oleh Tom Hanks.

Di tahun 1994 Forrest Gump menjadi satu dari dua film terlaris di dunia, meraih 6 penghargaan Oscar, dan disukai kalangan segala umur berkat kisahnya yang jenaka, inspirasional dan kaya akan kebijaksanaan hidup.

Ringkasnya, siapa pun bisa mengambil inspirasi dari Forrest Gump, termasuk para pelaku wirausaha.

So, apa saja pelajaran hidup yang bisa dipetik para pelaku wirausaha dari kisah Forrest Gump?

Kurangi Overthinking, Berani Bertindak

Alih-alih kelemahan, kepolosan Forrest Gump justru menjadi kekuatannya. Orangnya simpel dan tidak overthinking: mulai dan eksekusi apa yang harus dilakukan. Forrest menunjukkannya, entah itu saat menolong orang di tengah pertempuran di Vietnam maupun saat merintis usaha bersama bekas komandannya dalam Perang Vietnam. Ringkasnya, ia tak takut melakukan kesalahan.

Ini bukan anjuran agar jangan berpikir dan menganalisis sebelum memulai usaha. Sebagai pelaku usaha, jangan sampai keberanian untuk bertindak dan memulai usaha jadi maju-mundur seperti tari poco-poco karena terlalu overthinking.

Suatu kali, ada yang meminta nasihat kepada pebisnis Bob Sadino mengenai jenis usaha yang bagus untuk ditekuni. Kata Bob Sadino, “Usaha yang dikerjakan!”

Dari Forrest Gump kita bisa belajar, sebagus apa pun ide dan prospek bisnis di atas kertas, akan sia-sia kalau tidak dimulai, apalagi kalau tidak dikerjakan!

Kegigihan dan Tahan Banting

Kalau sudah punya keinginan, selain berani memulainya, Forrest juga mengerjakannya dengan gigih dan tahan banting – seberat apa pun aral yang melintang di hadapannya. Ia tidak pernah mundur, dan seperti judul lagu D’Massive, Forrest tidak pernah menyerah.

Bagi pelaku wirausaha, sifat gigih dan tahan banting sama pentingnya dengan modal usaha. Apalagi dunia usaha sangat dinamis dan penuh ketidakpastian, entah itu karena persaingan usaha, adanya situasi tak terduga dan sebagainya.

Para pelaku wirausaha dapat belajar sifat tahan banting Forrest yang tidak-ada-matinya ketika menghadapai hambatan dalam perjalanan usaha mereka.

Kemampuan Beradaptasi

Perjalanan hidup Forrest membawanya ke tempat dan situasi yang baru dan tak terduga. Baik di tengah para prajurit di Vietnam, di antara kaum hippies maupun di lingkungan usaha, yang mencolok dari Forrest adalah kemampuan beradaptasi dengan keadaan sehingga selalu bisa survive.

Bagi pelaku wirausaha, kemampuan beradaptasi dan keterbukaan yang positif kepada perubahan sangat penting untuk mencapai kesuksesan, khususnya di dunia usaha yang kerap dipengaruhi oleh trend dan perubahan besar yang lajunya cepat, misalnya seperti digitalisasi.

Integritas

Meskipun pikirannya lugu dan sederhana, Forrest Gump kokoh dalam prinsipnya, dengan selalu bersikap baik hati, jujur dan tulus terhadap orang-orang, sehingga mudah disayang dan meraih kepercayaan orang lain.

Integritas pribadinya ini memberinya kemudahan di mana pun ia berada, termasuk saat memulai usaha. Bagi pelaku wirausaha, integritas pribadi adalah kunci yang bisa membawakan banyak kemudahan.

Baca juga: 4 Situs Terbaik untuk Nonton Film Gratis dan Legal

Exit mobile version