Adaptasi Ini Buat yang Sedang Coba-coba Bisnis Online Kecil-kecilan

Ilustrasi Online Seller.

Untuk mencari penghasilan lebih, banyak orang saat ini mulai berbondong-bondong mencoba membuka usaha online. Skalanya bervariasi, mulia dari kecil-kecilan, sedang sampai besar.

Memang tak bisa dipungkiri, usaha online tumbuh subur di era pandemi, terutama yang kecil-kecilan bermodalkan dar rumah saja. Tak hanya itu, peluangnya juga cukup menjanjikan, apalagi dibarengan dengan strategi marketing yang tepat.

Usaha online memang jauh lebih mudah dan murah, tak perlu modal bangun toko, cukup manfaatkan market place atau sosial media, Anda sudah bisa griliya memasarkan produk yang ditawarkan.

Demi Keju ke Amerika Serikat, Kini Sri Nikmati Omzet Miliaran Rupiah

Trik Jitu Berjualan di E-Commerce ekosistem digital
Trik Jitu Berjualan di E-Commerce

Nah, buat yang baru mau mulai usaha online kecil-kecil, Dana memberikan beberapa tips ringan nih yang bisa diadaptasi. Cara-cara yang digunakan juga mudah, bahkan tak lepas dari kehidupan sehari-hari.

1. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Mau mulai usaha tapi masih bingung dan belum punya pengalaman? Kalau iya, kamu bisa coba terapkan metode amati, tiru, modifikasi alias ATM. Caranya, kamu bisa melihat usaha-usaha online sekitar atau bahkan kamu bisa memulainya dengan menjadi reseller dari produk yang memang potensial dan laku.

Dari menjadi reseller ini, kita bisa mempelajari bagaimana sistem penjualan dibentuk dan dijalankan, dari mana mereka mendapatkan modal dan supplier, bagaimana cara mendekatkan diri ke konsumen, metode pengiriman, cara mendesain, dan lain sebagainyanya. Dengan begitu, kita akan mendapatkan bekal untuk menjalankan bisnis kita ke depannya.

2. Riset

Tentunya, kita wajib untuk meriset terlebih dulu model bisnis, kompetitor, dan strategi promosi yang bisa kita lakukan. Termasuk tentunya mencari tahu bagaimana cara memaksimalkan media sosial dan market place untuk memasarkan produk kita.

BACA JUGA : Pentingnya Sertifikasi Halal Bagi UMKM

Riset jug dibutuhkan untuk mengentahui apakah produk yang akan dipasarkan sedang tranding atau tidak, karena dengan demikian kesempatan untuk menghasilkan cuan menjadi lebih besar lagi.

3. Menyediakan solusi

Jika ingin mulai berbisnis, termasuk online, cobalah buat usaha yang bisa menjawab kebutuhan dan memberikan solusi terhadap masalah yang muncul di sekitaran kita. Dengan begini, produk atau jasa yang kita tawarkan akan dibeli karena memang dibutuhkan.

4. Berikan customer experience yang baik

Nah, hal yang satu ini tak kalah penting untuk dilakukan selain menjaga kualitas produk. Ada satu hal yang wajib ditingkatkan di bisnis online saat ini, yaitu menjaga tingkat kepuasan pelanggan dari sisi service.

Dengan memberikan customer experience yang baik, akan memberikan nilai tambah dibandingkan kompetitor bisnis kita. Otomatis ada kesempatan untuk konsumen bakal kembali ke toko atau membeli produk di kemudian hari.

Misalnya, pelayanan kita lebih ramah dan sigap, pengiriman lebih cepat, packing yang baik, dan lain sebagainya. Dengan meninggalkan kesan yang baik, akan berpotensi membuat customer kita balik lagi di masa mendatang.

Exit mobile version