4 Tips Kembali Bugar dan Produktif Usai Libur Lebaran

tips agar badan kembali bugar usai libur lebaran

JNEWS – Libur Lebaran telah usai. Masyarakat pun akan kembali beraktivitas dan menjalani rutinitas seperti biasa. Namun, tidak sedikit di antara mereka yang masih lemas dan malas untuk menjalani aktivitas usai melakukan perjalanan mudik.

Guna mengatasi hal di atas tidak ada salahnya melakukan beberapa cara agar tubuh tetap bugar dan produktif  setelah libur Lebaran . Berikut ini cara mudah pertahankan tubuh tetap bugar usai libur lebaran yang dilansir dari berbagai sumber.

Cara mudah pertahankan tubuh tetap bugar usai libur Lebaran adalah dengan menjaga asupan dan menjaga pola makan. Asupan makan yang masuk ke dalam tubuh berperan besar untuk kebugaran serta kesehatan badan.

Meski saat Lebaran banyak sajian makanan berlemak yang dikonsumsi namun usai libur Lebaran cobalah untuk seimbangkan dengan buah dan sayur. Pola makan juga bisa kembali dimulai dengan rutin sarapan di pagi hari. Sarapan memiliki banyak manfaat bagi tubuh mulai dari meningkatkan konsentrasi, meningkatkan metabolisme. Selanjutnya dilanjutkan dengan makan siang paling tidak 5 jam setelah sarapan. Sehingga cara ini bisa pertahankan tubuh tetap bugar.

Minuman manis saat Lebaran menjadi suguhan yang sering disajikan. Namun kebiasaan tersebut jangan sampai diteruskan usai libur Lebaran. Sebab terlalu banyak mengonsumsi minuman manis bisa jadi akan meningkatkan masalah kesehatan. Untuk itulah perbanyak minum air putih sangatlah bermanfaat.

Cara mudah mempertahankan tubuh tetap bugar setelah libur Lebaran dapat dilakukan dengan memulai berolahraga. Namun sebelumnya melakukan pemanasan dan peregangan selama 10 hingga 15 menit. Sebab selama Lebaran mungkin tubuh jarang digerakkan dan membuat otot kaku. Sehingga melenturkan otot dengan peregangan atau pemanasan sebelum berolahraga penting dilakukan. Selanjutnya bisa dipilih jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah.

Selain berolahraga dan menjaga asupan makan, istirahat yang cukup juga penting untuk diperhatikan. Istirahat yang dianjurkan untuk tidur disarankan berkisar selama 6 hingga 8 jam per hari. Sehingga tubuh dapat kembali fit dan bugar saat bangun tidur. *

Baca juga: 5 Rempah Ini Berkhasiat Menurunkan Berat Badan

Exit mobile version