4 Tips Pilih Jas Hujan, Penting untuk Keselamatan Berkendara

Pilih-pilih jas hujan tidak bisa sembarangan untuk menjaga keselamatan selama berkendara. Foto: Istimewa.

Jas hujan adalah salah satu perlengkapan yang wajib dibawa para pengendara motor, khususnya di saat musim hujan. Sebagai perlindungan selama perjalanan, selayaknya pengendara motor memilih kualitas jas hujan yang berfungsi dengan baik.

Meski terkesan sepele, namun hindari untuk asal memilih jas hujan. Nah, berikut sejumlah tips yang perlu diperhatikan pengendara motor saat memilih jas hujan.

Baca juga: Kiat Mengantar Paket ala Kurir Teladan dari Kota Tinutuan

1. Jangan pilih jas hujan model ponco

Satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih jas pelindung hujan adalah modelnya. Hindari model jas hujan ponco untuk menjaga keselamatan selama berkendara.

Desain jas hujan yang seperti jubah dengan bagian bawah lebar berisiko tersangkut di roda atau gir rantai sepeda motor. Di samping itu, jas hujan ponco juga tidak efektif melindungi pengendara dari terpaan air hujan karena modelnya yang lebar dan mudah berkibar.

Pilih jas hujan model press agar lebih rapat sehingga tidak ada celah air masuk.

2. Kualitas jas hujan

Selain mengutamakan model, saat memilih jas hujan pastikan juga yang memiliki kualitas bahan baik dan nyaman. Jas hujan berbahan parasut cenderung membuat penggunanya kepanasan, tidak nyaman saat bergerak atau benapas.

Baca juga: Hemat dan Praktis, Ini 6 Langkah Cuci Mobil Sendiri di Rumah

Sementara jas pelindung hujan dari bahan plastik bakal mudah sobek. Disarankan memilih jas hujan dengan bahan coating glossy atau bening dan anti embun, misalnya jas hujan dari bahan polyvinyl chloride (PVC) yang tebal dan kedap.

3. Ukuran yang pas

Ukuran atau size jas hujan juga perlu diperhatikan untuk kenyamaan berkendara. Karena itu, pilih jas hujan yang sesuai dengan bentuk tubuh. Jangan kekecilan atau terlalu besar.

Jas hujan yang kebesaran berpotensi membahayakan keselamatan pengendara. Karena akan menumpuk atau terlipat di beberapa bagian yang bisa tersangkut di roda atau gir rantai.

Sedangkan jas hujan yang terlalu kecil membuat ruang gerak terbatas dan tak berfungsi dengan maksimal.

4. Pilih warna terang

Selain model, kualitas bahan, dan ukuran, warna menjadi faktor penting lain saat memilih jas hujan. Pastikan memilih jas hujan dengan warna terang atau mencolok, agar membantu pengendara lain melihat keberadaan kamu.

Baca juga: Tak Hanya Mobil Baru, Beli Mobil Bekas Juga Perlu Garansi

Warna yang terang dan mencolok ini sangat bermanfaat saat kamu berkendara di malam hari. Selain menjaga keselamatan kamu, jas hujan warna terang juga membantu pengendara lain selamat di perjalanan.

Pilihan warna yang dapat digunakan misalnya hijau, kuning, oranye, atau merah menyala. Lebih baik lagi jika memilih jas hujan yang dilengkapi dengan scotlite atau reflector.

 

Exit mobile version