5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mudik Lebaran 2023 Pakai Kereta Api

Ada banyak pilihan moda transportasi untuk mudik, salah satunya adalah dengan menggunakan kereta api. Nah, ada sejumlah alasan mengapa kamu bisa memanfaatkan kereta api sebagai alat transportasi ke kampung halaman saat mudik lebaran 2023 ini.

Pandemi Covid-19 sudah mereda dan bahkan bisa dibilang hampir sudah tidak ada lagi. Maka dari itu, kini saatnya masyarakat Indonesia bisa merayakan Idul Fitri di kampung halamannya.

Dalam siaran resminya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengajak masyarakat Indonesia yang ingin mudik lebaran 2023 untuk menggunakan kereta api. Pada musim mudik Lebaran tahun 2023 ini KAI menyiapkan lebih dari 3 juta tiket kereta api jarak jauh yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk perjalanan masa libur Lebaran.

Baca Juga: Catat, Ini Jadwal Contra Flow, One Way, dan Ganjil Genap Mudik Lebaran

Dari pantauannya, KAI melihat bahwa memang kereta api masih menjadi moda transportasi jarak jauh favorit masyarakat Indonesia. VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus mengatakan, berdasarkan pantauan KAI pada 1 April 2023 pukul 08.00, penjualan tiket beberapa KA pada periode Angkutan Lebaran 2023 telah mencapai 100%.

Berikut ini adalah alasan mengapa kamu harus mudik lebaran 2023 pakai kereta api dari KAI:

1. Mengutamakan Keselamatan

Tidak perlu khawatir selama perjalanan mudik naik kereta, karena insan KAI akan memastikan keselamatan perjalanan mudik pelanggan sampai tiba di kampung halaman. Menyambut Angkutan Lebaran 2023, KAI bersama stakeholder perkeretaapian telah melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di Pulau Jawa pada tanggal 6-8 Maret lalu. Kegiatan inspeksi ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dari berbagai aspek seperti sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya. Juga lokomotif, kereta, jalur, jembatan, terowongan, serta persinyalan dipastikan dalam kondisi andal dan siap operasi.

2. Sehat dan Nyaman

Meskipun kondisi Covid-19 sudah membaik, KAI tetap menjalankan kebijakan protokol kesehatan untuk menjamin perjalanan mudik masyarakat tetap sehat, aman, dan nyaman, dengan mewajibkan pelanggan sudah divaksin dosis ketiga (booster). Hal ini sesuai dengan SE Menteri Perhubungan No 84 Th 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

“KAI tetap berkomitmen untuk terus mengikuti ketentuan dari pemerintah dalam memberikan layanan transportasi yang sehat kepada seluruh pelanggan baik saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan,” kata Joni dalam siaran persnya.

alasan mudik lebaran 2023 pakai kereta api
Mudik pakai kereta api lebih nyaman selama perjalanan. foto: dok. PT KAI

3. Tepat waktu

Ketepatan waktu merupakan poin yang sering kali masyarakat rasakan saat menggunakan kereta api. Kereta api adalah moda transportasi yang bebas macet dan tepat waktu untuk mengantarkan pelanggan bertemu keluarga serta kerabat dengan lebih cepat. Bahkan on time performance KAI saat ini adalah 99,6%.

KAI secara bertahap terus meningkatkan waktu tempuh kereta api melalui perbaikan prasarana. Hasilnya kereta api dapat mencapai kecepatan hingga 120 km per jam. Meski ada peningkatan kecepatan, keselamatan perjalanan kereta api tetap menjadi prioritas utama.

Baca Juga: Sebelum Mudik Lebaran, Lakukan 4 Hal Ini agar Perjalanan Nyaman

4. Aksesibilitas

Stasiun-stasiun yang dimiliki KAI menjangkau banyak kota, kabupaten, bahkan kecamatan yang mungkin belum bisa diakses oleh moda transportasi lain. Selain itu banyak juga stasiun yang menawarkan akses naik dan turun langsung di pusat kota.

5. Perjalanan Anti Stres

Salah satu keunggulan perjalanan menggunakan kereta api yaitu pemandangan yang begitu memukau di sepanjang jalur berupa hutan, pegunungan, pematang sawah, sungai, jembatan, terowongan, bahkan pantai dapat dinikmati pelanggan. Pelanggan dapat memilih jenis kereta sesuai kebutuhan seperti ekonomi, bisnis, ekskutif, luxury, hingga panoramic.

Pelanggan tidak perlu takut kehabisan baterai smartphone karena tersedia colokan listrik di tempat duduk masing-masing. Bagi pelanggan yang suka kuliner, wajib merasakan sensasi kuliner di atas kereta api karena selalu menyajikan hidangan yang fresh dan nikmat. Naik kereta tidak akan membuat bosan dan stres.

Exit mobile version