5 Aplikasi Bisnis Tanpa Modal untuk Pengembangan Bisnis UMKM

Keberadaan teknologi telah menawarkan banyak peluang menarik bagi mereka yang memiliki usaha agar dapat meraih keuntungan yang lebih. Bagaimana tidak? Hanya dari gawai, UMKM dapat memaksimalkan usahanya lewat aplikasi bisnis yang sudah diunduh, baik itu masih di tahap awal merintis hingga saat Anda mulai menjual produk.

Beberapa kemudahan yang bisa didapat dari aplikasi bisnis antara lain lebih mudah dan rapi mengoperasikan bisnis sehari-hari, tidak menghabiskan uang banyak karena beberapa fitur yang tersedia sudah gratis, dan juga mampu memberi pelayanan optimal bagi pelanggan. Aplikasi-aplikasi seperti inilah yang cocok dijadikan sebagai aplikasi UMKM.

Baca juga: Bikin UMKM Naik Kelas, KemenkopUKM Luncurkan New PLUT

Baik pelaku usaha yang masih di fase awal merintis usaha maupun mereka yang sudah menjalani bisnis tetapi ingin mengembangkan usaha lebih baik lagi sangat cocok menggunakan aplikasi bisnis tanpa modal ini.

Berikut daftar aplikasi digital yang bisa digunakan bagi para pelaku usaha:

Anti bingung dengan bantuan aplikasi catatan hingga analitik

Menangkap ide saat inspirasi datang sangat penting agar bisnis Anda bisa semakin maju. Untuk menjadi pebisnis yang terorganisir, Evernote maupun OneNote bisa menjadi solusi utama.

Dengan fitur yang cukup kaya, kedua aplikasi ini bisa membantu Anda maupun tim dalam berbagai kebutuhan, dari mulai menyatukan catatan, checklist, hingga membuat jadwal.

Menemukan ide itu sendiri juga perlu riset mendalam. Karena itu, tools seperti Google Analytics dan Ahrefs juga dapat dimanfaatkan agar Anda dapat mengikuti perkembangan terkini hingga mengenal peta persaingan bisnis agar Anda mampu mengambil strategi yang tepat.

Miliki aplikasi pengelolaan usaha yang all in one

Saat menjalankan usaha, banyak hal yang perlu diperhatikan oleh UMKM agar usaha yang dikelolanya menjadi lebih produktif dan tidak memakan waktu.

Baca juga: Tanggapi Isu UMKM Sulit Dapatkan Izin, Pemerintah Lakukan Akselerasi

Karena itu, memiliki asisten dalam bentuk aplikasi bisnis all-in-one seperti POS yang terdiri dari pencatatan digital, penerimaan pembayaran, pengelolaan produk hingga analisis penjualan menjadi sebuah kebutuhan agar bisnismu bisa semakin maju.

Untuk menjawab itu semua, Aplikasi Usaha Youtap bisa dimanfaatkan UMKM. Hanya tinggal download, pelaku usaha bisa mendapatkan fitur-fitur produktivitas tersebut secara gratis.

Selain itu, hal lain yang seringkali dialami UMKM saat berjualan adalah cara mendapatkan stok barang secara mudah dan cepat. Saat Anda dan tim tidak ada waktu untuk membeli langsung, Anda bisa memanfaatkan aplikasi stok barang yang dimiliki Youtap lewat fitur Belanja Stok. Melalui aplikasi stok barang, pelaku usaha dapat menghemat waktu belanja dan menyederhanakan proses pengelolaan usahanya secara efisien.

Buat tampilan bisnis lebih menarik

Untuk meningkatkan value added di toko online Anda, desain unik dan menarik menjadi sangat krusial saat ini. Jika pemula masih belum siap meng-hire jasa desain grafis khusus, aplikasi Canva bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda membuat grafis-grafis cantik. Dengan ratusan template yang disediakan, pelaku usaha yang tidak memiliki skill desain sekalipun akan mampu mendesain tampilan bisnisnya dengan cepat dan memuaskan.

Baca juga: Bersama Sherina Ekspresikan Berbagai Versi Diri Lewat Lenovo Yoga

Untuk membuat foto produk semakin baik, aplikasi Clip Drop juga bisa dimanfaatkan. Pebisnis bisa dimudahkan dalam mengedit foto produk mereka untuk kebutuhan konten di sosial media maupun website tanpa perlu foto studio.

Tingkatkan visibilitas Anda di ranah digital

Agar pelanggan mampu menjangkau usaha Anda lebih luas lagi, maka keberadaan Anda di ranah digital perlu dibangun. Selain lewat sosial media, untuk menampilkan informasi mengenai usaha Anda lebih teknis seperti jam operasi, kategori usaha, hingga alamat usaha, Google My Business menjadi tools yang harus dimiliki. Tak hanya dari sisi pebisnis. Yang lebih menarik, pelanggan juga bisa memberi rating disini.

Selain itu, komunikasi kepada pelanggan pun perlu dilakukan agar semakin lancar. WhatsApp for Business dapat dimanfaatkan untuk memberikan quick reply, menampilkan katalog, maupun menampilkan profil usaha.

Di sosial media pun, Anda bisa meletakkan tautan link di description menggunakan aplikasi Linktree agar konsumen bisa semakin mudah menghubungi Anda.

Kelola konten lebih baik dengan tools digital marketing

Manajemen konten sudah bukan menjadi hal asing bagi tiap pelaku usaha. Agar segala hal menjadi lebih mudah, Hootsuite bisa dimanfaatkan agar sosial media Anda dapat dikelola secara bersamaan hanya dari satu aplikasi.

Saat ingin menyampaikan pesan kepada pelanggan, penting juga untuk menjangkau mereka secara digital. Lewat aplikasi seperti Mailchimp, Anda bisa menyebarkan promosi yang telah dibuat dalam bentuk newsletter secara serempak kepada daftar alamat e-mail yang sudah Anda susun.

Hal ini tentu kesempatan yang baik untuk meningkatkan penjualan, membuat pelanggan kembali, hingga menemukan subscriber baru.

Exit mobile version