5 Aplikasi Edit Logo Terbaik untuk Kebutuhan Desain UMKM

JNEWS – Logo adalah elemen krusial bagi UMKM, meski seringkali dianggap remeh. Sebagai identitas visual, logo membedakan satu merek dari yang lain. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu UMKM merancang logo profesional tanpa biaya besar.

Setiap UMKM perlu memiliki logo karena logo dapat mencerminkan karakter, filosofi, dan visi bisnis. Meski sederhana, logo mampu membangun persepsi awal calon pelanggan terhadap bisnis tersebut. Contohnya, logo Nike yang simpel namun mudah diingat, membuat orang langsung mengenali merek tersebut saat melihatnya.

UMKM juga bisa menerapkan konsep serupa. Namun, hindari meniru logo merek lain karena melanggar hak kekayaan intelektual.

Berikut beberapa aplikasi gratis untuk membuat logo menarik dan profesional yang bisa digunakan oleh UMKM:

1. Canva

Canva dikenal luas sebagai aplikasi desain serbaguna yang cocok untuk pemula dan UMKM. Aplikasi ini menyediakan beragam template profesional untuk berbagai keperluan seperti media sosial, kartu nama, resume, dan logo. Fitur-fitur seperti desain template, elemen gambar, dan berbagai pilihan font memudahkan pembuatan logo. Hasil desain dapat disimpan dalam format JPG, PNG, atau dengan latar belakang transparan. Canva dapat diakses melalui desktop serta aplikasi di Google PlayStore dan App Store.

Baca juga: Canva Web: Cara Daftar, Login, dan Penggunaannya untuk Digital Marketing

2. Visme

Visme adalah aplikasi lain yang dapat digunakan secara gratis. Tersedia berbagai template logo yang bisa langsung diedit. Pengguna dapat menyesuaikan warna, gambar, grafis, dan font. Fitur autosave dan daftar histori membantu pengguna dalam proses desain. Untuk akses lebih banyak fitur, ada pilihan paket berlangganan starter dan pro. Visme dapat digunakan di desktop dan mobile.

3. LogoMakr

LogoMakr sangat ramah pengguna, khususnya bagi yang baru belajar desain. Pengguna bisa langsung memulai desain setelah mendaftar. Tersedia berbagai template yang dapat dicari dengan keyword logo, kemudian diedit dengan mengombinasikan teks, warna, dan bentuk. Setelah selesai, desain bisa disimpan dan diunduh. Namun, versi gratisnya hanya memberikan resolusi rendah. Untuk file vektor dengan format PDF dan SVG dikenai biaya.

4. LOGO

Website ini mudah digunakan. Pengguna hanya perlu memasukkan merek, tagline, lalu memilih warna dan font. Aplikasi ini akan menghasilkan berbagai desain logo yang bisa diedit lebih lanjut. Setelah selesai, pengguna dapat menyimpan hasil editannya. File logo dapat diunduh secara gratis dalam berbagai format, meski akses ke elemen tambahan memerlukan upgrade.

5. DesignEvo

DesignEvo menawarkan lebih dari 10.000 template logo yang bisa digunakan secara gratis. Pengguna bisa memulai dengan memilih template, lalu mengeditnya menggunakan fitur seperti ikon dan font sesuai kebutuhan. Hasil desain dapat diunduh dalam resolusi rendah secara gratis, atau resolusi tinggi dengan biaya tambahan. Setelah mendaftar, pengguna bisa mengakses dan mengunduh berbagai file logo yang dihasilkan.

Setelah itu, website akan menampilkan beberapa pilihan logo terbaik menyesuaikan jenis usaha, nama dan tagline. Pilih salah satu dan silakan mengedit sesuai kebutuhan. Mengunduh file tersebut gratis tapi pastikan untuk mendaftar terlebih dulu.

Baca juga: Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Rumahan: Panduan untuk Pemula

Beragam aplikasi edit logo di atas, UMKM pun memiliki lebih banyak pilihan untuk menciptakan identitas merek yang kuat dan visual menarik.

Dan terakhir, buat kamu para designer, baik pemula maupun profesional, yang butuh ruang untuk berkarya sekaligus berhadiah total puluhan juta Rupiah, ada baiknya kamu mencoba kompetisi seru nih! Buat kamu yang tertarik, kulik informasi dan panduan lomba mengenai JNE Content Competition 2024 lebih detail di bawah ini!

Exit mobile version