5 Bisnis Sampingan Menjanjikan dari Rumah

penghasilan tambahan

5 Bisnis Sampingan di Rumah – Tak dipungkiri, pandemi membawa perekonomian di sejumlah negara, termasuk Indonesia ke masa-masa sulit. Di kondisi sulit seperti saat ini, resesi ekonomi pun menjadi ancaman. Kita mungkin telah mendengar adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) di mana-mana.

Selain marak terjadi PHK, beberapa perusahaan ada yang menerapkan pemotongan upah karyawan setiap bulannya. Nah, di tengah situasi ekonomi yang tidak menentu seperti saat ini, mencari penghasilan tambahan menjadi alternatif menarik yang bisa kamu coba.

Sebetulnya, tidak perlu susah payah untuk mencari penghasilan tambahan di masa seperti ini. Kamu bisa menjalankan bisnis sampingan dari rumah, seiring beberapa perusahaan masih menerapkan kebijakan WFH (work from home).

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan UMKM dengan Samsung Galaxy M11

Bisnis Sampingan dari Rumah

Lalu apa saja sih bisnis sampingan yang bisa kamu jalani dari rumah? Simak terus informasinya di bawah ini!

1. Jadi blogger

Sebagian dari kamu mungkin ada yang berpendapat bahwa menjadi blogger saat ini sudah tidak sejaya dulu. Meski demikian, kerjaan jenis ini nyatanya menjadi salah satu alternatif mencari penghasilan tambahan yang fleksibel. Kamu bisa mengerjakannya kapan saja dan di mana saja.

Hanya saja, agar blog yang kamu buat bisa menghasilkan, kamu harus tekun dan juga konsisten dalam menghadirkan konten. Sebisa mungkin buat konten yang kreatif dan sesuaikan dengan minatmu, semisal otomotif, fashion, beauty, tekno, dan lainnya. Nantinya, kalau trafik tinggi, maka kamu bisa dapat bayaran yang tinggi juga.

2. Vlogger

Bisnis sampingan yang satu ini juga menarik untuk digeluti. Hampir sama dengan blogger, bedanya kamu menuangkan ide-ide kreatif bukan melalui tulisan, tapi lewat video. Video-video tadi bisa kamu unggah di sejumlah saluran, seperti YouTube, Instagram, dan media sosial lainnya.

Sebelum kamu ingin jadi vlogger, tentukan dulu kamu mau jadi vlogger di bidang apa. Sebagai contoh, kamu bisa merekan aktivitas kuliner jika ingin jadi vlogger kuliner. Atau juga bisa membuat video tips and trick jika kamu tidak mau pergi ke luar rumah.

3. Jualan online

Jualan online menjadi salah satu yang marak ditekuni oleh masayrakat Indonesia saat ini, baik mereka yang memang memiliki basic sebagai seorang pedagang, maupun yang tidak. Kamu bisa memanfaatkan saluran e-commerce untuk memasarkan barang daganganmu.

Selain melalui e-commerce, kamu juga bisa memanfaatkan saluran media sosial. Hanya saja, salah satu tipsnya adalah kamu harus rutin meng-update jualanmu dan gencar melakukan promosi. Semakin banyak jumlah follower-mu, maka semakin terkenal juga nanti produk jualanmu.

Baca Juga: 5 Bisnis Franchise Murah di Bawah Rp50 Juta

4. Jadi reseller

Nah, bisnis sampingan rumahan yang satu ini masih erat kaitannya dengan jualan online. Hanya saja, kamu di sini memiliki peran sebagai perantara antara penjual dengan pembeli. Menjadi seorang reseller memang memiliki keuntungan tersendiri, dimana kamu tidak perlu repot menyimpan produk.

Biasanya seorang reseller akan mendapat harga yang lebih murah dibanding yang dijual oleh produsen ke konsumen. Tipsnya adalah kamu musti jeli mengamati kondisi pasar dan apa yang sedang menjadi tren di masyarakat saat ini.

5. Jualan tanaman hias

Seiring banyaknya karyawan yang bekerja dari rumah, mereka pun jadi memiliki banyak sekali hobi baru, termasuk salah satunya adalah merawat tanaman hias. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk berjualan tanaman hias.

Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang sedang tren saat ini, termasuk salah satunya adalah janda bolong, aglonema, bunga anggrek, dan lainnya. Kamu bisa jualan tanaman hias gantung yang tidak memerlukan pekarangan rumah yang luas.

Baca Juga: 6 Strategi Gaet Calon Pelanggan Kuliner Baru, Layak Dicoba!

Exit mobile version