5 Cara Mencari Modal Usaha Tanpa Pinjaman Bank

Karakter Konsumen yang Wajib Anda Ketahui

Karakter Konsumen yang Wajib Anda Ketahui

Di dalam memulai sebuah usaha, ada beberapa tahapan harus dimiliki. Salah satu tahapan yang dimaksud adalah memiliki modal. Untuk memiliki modal, biasanya orang akan berpikiran untuk mencari pinjaman ke bank. Nyatanya, kamu tetap bisa kok mencari modal usaha tanpa pinjam ke bank.

Ya, selain modal tadi, tahapan yang lain ketika kamu ingin memulai usaha adalah mengumpulkan niat atau tekad. Lho kok niat atau tekad? Ini cukup penting, karena kamu harus tahu bahwa tanpa ada niat atau tekad maka usahamu bisa jadi berhenti di tengah jalan.

Tahapan berikutnya adalah bisa dengan mencari tahu usaha apa yang cocok dijalankan. Ada banyak jenis usaha, mulai dari bisnis makanan, minuman, pakaian, agraris, dan sebagainya. Pastikan mencari tahu terlebih dahulu teknik menjalankannya.

Nah, setelah kedua tadi, yang terakhir adalah mencari modal. Kalau kamu malas mencari modal usaha lewat bank, kamu bisa kok mencarinya dengan cara lain. Seperti lima cara mencari modal usaha tanpa bank berikut ini!

Baca Juga: UMKM Offline Jadi Perhatian ShopeePay

Tips Mencari Modal Usaha Tanpa Bank

1. Tabungan

Modal usaha yang pertama bisa didapat dari hasil tabungan yang kamu miliki. Kalau kamu memang ada niat untuk membuka usaha, pastinya kamu harus menabung terlebih dahulu. Selama kamu bekerja, sebaiknya sisihkan sebagian penghasilanmu ke dalam tabungan.

Semisal begini, kamu ingin membuka usaha dan sudah tahu modal yang harus dikeluarkan sekitar Rp20 juta. Sementara gajimu mungkin Rp3-4 jutaan. Jika kamu berani menyisihkan uang per bulan sekitar Rp1 juta, maka dalam kurun 2 tahun kamu sudah bisa memulai usaha.

2. Jual aset dan barang berharga yang tak terpakai

Langkah kedua mencari modal usaha tanpa pinjaman bank adalah dengan menjual aset atau barang berharga yang mungkin tidak kamu pakai. Kamu bisa memantau seisi rumahmu, kira-kira ada barang apa ya yang tak terpakai? Ingat, barang yang tak terpakai.

Jika ada, ketimbang memenuhi isi rumah, bisa kamu jual untuk tambahan modal, bukan? Selain dijual, bisa juga barang tersebut dapat dipakai sebagai modal usaha. Semisal, kamu ingin bisnis minuman jus dan sudah ada blender, mengapa tidak dimanfaatkan saja, ya kan?

Baca Juga: Gandeng BRI, Go-Jek Salurkan Kredit untuk UMKM

3. Gadai aset

Kalau kamu belum rela untuk menjual aset atau barang berharga yang kamu punya, sebaiknya gadaikan saja. Proses gadai relatif cepat dan juga biasanya punya bunga relatif kecil. Jangan lupa untuk memasukkan hasil pegadaian ke dalam daftar utang yang harus kamu bayar.

4. Pinjam keluarga

Mencari modal usaha juga bisa dilakukan dengan mencari pinjaman ke keluarga. Jumlah pinjamannya mungkin bisa kamu sesuaikan dengan kondisi keluargamu. Jika memang kamu terlahir dari keluarga yang berada atau kaya, kamu bisa meminjam uang yang besar.

Keuntungannya pun kamu tidak perlu memikirkan bunga, tidak seperti pinjaman bank. Meski demikian, kamu juga jangan seenaknya. Pastikan kamu juga harus memulangkan uang tersebut, ya!

5. Crowdfunding

Cara yang satu ini memang sedang tren saat ini. Meski masih baru, program ini sudah terkenal di luar negeri. Singkatnya, Crowdfunding adalah upaya mengumpulkan dana dengan cara mencari sponsorship melalui website tertentu.

Caranya kamu tawarkan jenis usaha yang mau kamu buat di situs crowdfunding. Nantinya jika ada pengunjung situs yang tertarik dengan usahamu, maka ia akan menyumbangkan uangnya. Pengembaliannya nanti tergantung dari aturan di situs.

Itu dia tadi beberapa tips mencari modal usaha tanpa pinjaman bank. Semoga tips ini bisa bermanfaat buat kamu yang sedang ingin memulai usaha. Selamat mencoba!

Baca Juga: 50 Persen UKM di Facebook Kurangi Pegawai dan Turun Penjualan

Exit mobile version