5 Cara Penyembuhan Alami untuk Penyakit Asam Urat

tips mengobati asam urat alami

tips mengobati asam urat alami. foto: Freepik

Penyakit asam urat menjadi salah satu penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat Indonesia. Penyakit asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah meningkat dan kristal asam urat menumpuk di dalam persendian dan jaringan tubuh lainnya. Namun, tahu kah kamu ada cara mengobati asam urat yang alami?

Saat penyakit ini kambuh, biasanya penderita akan merasakan peradangan, rasa sakit, dan kaku pada persendian, terutama pada ibu jari kaki, lutut, pergelangan kaki, dan jari tangan. Ada banyak faktor yang menjadi sebab asam urat, di antaranya ola makan yang tinggi purin, obesitas, riwayat keluarga, penyakit ginjal, konsumsi alkohol yang berlebihan, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Baca Juga: Tips Makan Daging yang Aman Bagi Kolesterol Darah

Beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat adalah usia (biasanya sering terjadi pada pria yang berusia di atas 30 tahun), jenis kelamin (lebih sering terjadi pada pria), dan kondisi medis lain seperti hipertensi, diabetes, dan sindrom metabolik.

Gejala penyakit asam urat meliputi rasa sakit dan kaku pada persendian yang terkena, peradangan, kemerahan, dan panas pada persendian yang terkena, dan kadang-kadang disertai dengan demam. Jika dibiarkan tanpa pengobatan, penyakit asam urat dapat menyebabkan kerusakan permanen pada persendian dan memperburuk kualitas hidup seseorang. Berikut ini adalah tips mengtasai asam urat.

Atasi Asam Urat dengan 5 Langkah ini

1. Hindari makanan yang mengandung purin

Mengobati asam urat bisa dilakukan dengan menghindari makanan yang mengandung purin. Makanan yang tinggi purin seperti daging merah, daging organ, kerang, ikan sarden, dan bir dapat memicu serangan asam urat. Hindari makanan tersebut dan ganti dengan makanan yang rendah purin seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

2. Konsumsi banyak air putih

Air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, meningkatkan fungsi sistem pencernaan, hingga membantu diet. Di luar itu, minum air putih yang cukup juga dapat membantu membuang asam urat dari tubuh dan mencegah penumpukan kristal asam urat di dalam sendi.

3. Konsumsi cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat dan senyawa lain yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Mengonsumsi cuka sari apel telah terbukti efektif dalam membantu meredakan gejala asam urat. Campurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel dalam segelas air dan minum setiap hari.

4. Konsumsi buah ceri

Buah ceri memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat. Konsumsi buah ceri atau jus ceri setiap hari dapat membantu mengurangi frekuensi dan keparahan serangan asam urat.

5. Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi berat badan, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun, hindari olahraga yang menimbulkan tekanan pada sendi yang terkena asam urat.

Baca Juga: Cek Makanan yang Ampuh Tekan Asam Urat

Exit mobile version