5 Destinasi Wisata Singkawang Menarik untuk Libur Imlek 2022

tempat wisata singkawang untuk perayaan tahun baru imlek

Dalam waktu dekat atau tepatnya pada tanggal 1 Februari 2022, masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek. Nah, sudah kah kamu menyiapkan rencana liburan Imlek? Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Indonesia, Singkawang menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di kala perayaan Tahun Baru Imlek nih.

Kota yang berada di provinsi Kalimatan Barat ini memang menjadi salah satu kota yang paling banyak dihuni oleh etnis Tionghoa. Hal ini karena Singkawang menjadi tempat persinggahan para pedagang dari Tiongkok pada zaman dahulu.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Ada di Pecahan Uang Rupiah

Nah, bicara mengenai perayaan Tahun Baru Imlek, biasanya perayaan ini identik dengan hari libur. Tidak hanya masyarakat Tionghoa, libur Imlek juga dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk melepas penat dan meluangkan waktunya untuk pergi berlibur.

Berikut ini akan kami bagian deretan tempat wisata buat kamu yang ingin berwisata mengisi aktivitas libur Imlek.

Objek Wisata di Singkawang

1. Pantai Pasir Panjang

Buat kamu yang hobi pergi ke pantai, nih ada rekomendasi tempat wisata di Singkawang, namanya Pantai Pasir Panjang. Disebut Pantai Pasir Panjang, karena obje wisata ini memiliki pesona berupa hamparan pantai dengan pasir putih yang terbentang memanjang sepanjang 3 kilometer. Dari pusat Kota Singkawang, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 20 menit (17 kilometer). Selain pasirnya yang berwarna putih, air laut di sini juga memiliki warna biru yang indah.

2. Danau Biru

Wisata air berikutnya selain Pantai Pasir Panjang adalah Danau Biru. Sekadar informasi nih, Danau Biru merupakan danau yang terbentuk dari bekas aktivitas pertambangan. Oleh pemerintah setempat, akhirnya danau ini pun dimanfaatkan untuk menjadi objek wisata. Sesuai namanya, danau ini memiliki air berwarna biru yang menarik. Untuk menuju tempat wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi, karena belum ada angkutan umum yang menuju ke sini. Dengan nuansa latar pegunungan dan hamparan rumput liar, Danau Biru bisa menjadi spot foto menarik.

3. Bukit Rindu Alam

Objek wisata yang satu ini sangat cocok bagi kamu penikmat pemandangan dari ketinggian. Ya, Bukit Rindu Alam merupakan tempat wisata berupa kawasan perbukitan yang letaknya denkat dengan pantai. Selain dapat menikmati keindahan panorama laut dari ketinggian, di sini kamu juga bisa melihat deretan pegunungan, seperti Gunung Kota, Gunung Besar, dan Gunung Lapis. Lokiasinya berada di dalam Sinka Island Park. Untuk aktivitasnya sendiri di sini kamu bisa treeking dan menikmati suasana berkabut yang biasanya muncul di musim hujan.

Baca Juga: Rekomendasi Spot Sunrise Terbaik di Jogja

4. Air Terjun Eria

Satu lagi nih wisata basah-basahan yang berada di Kota Singkawang, namanya Air Terjun Eria. Objek wiasta ini berada di Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur dan dapat ditempuh dengan jarak perjalanan darat sekitar 30 menit. Selain menawarkan keindahan air terjun, suasana dan udara di sini sangat sejuk khas pegunungan, sehingga banyak masyarakat yang betah dan memanfaatkan Air Terjun Eria sebagai tempat untuk bersantai menenangkan hati dan pikiran.

5. Rumah Keluarga Tjhia

Berkunjung ke Singkawang, tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Rumah Keluarga Tjhia. Ya, objek wisata ini merupakan objek wisata sejarah yang oleh pemerintah setempat dijadikan sebagai cagar budaya dan museum hidup. Rumah Keluarga Tjhia merupakan salah satu bukti sejarah perkembangan masyarakat Tionghoa di Indonesia yang dibangun oleh keluarga Tjhia pada 1902 silam. Bahkan hingga sekarang masih ada keturunan Tjhia yang menempati rumah tersebut. Kalau ke sini jangan lupa ya untuk mencicipi makanan choi pan yang legendaris.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Sentul Kekinian untuk Akhir Pekan

Exit mobile version