5 Festival Kebudayaan di Indonesia yang Menarik Disambangi

Indonesia memang dikenal memiliki berbagai macam budaya. Hal ini tak lepas dari statusnya sebagai negara kepulauan yang dihuni oleh beragam suku, dari Sabang sampai Merauke.

Karena keberagaman budaya ini lah, banyak wisatawan asing yang tertarik untuk berkunjung ke Indonesia. Bukan cuma untuk menikmati keindahan alamnya saja, para turis asing ini juga tertarik dengan festival kebudayaan yang sering didakan tiap tahunnya.

Nah, lalu apa saja sih festival budaya yang menarik untuk disambangi? Simak lengkapnya melalui artikel berikut.

Baca Juga: 5 Destinasi Instagramable di Surabaya

Rekomendasi Festival Kebudayaan di Indonesia

1. Festival Karapan Sapi (Madura, Jawa Timur)

Festival Karapan Sapi
Festival Karapan Sapi

Medengar namanya pasti masyarakat sudah tidak asing lagi dengan Festival Karapan Sapi. Festival ini mempertontonkan perlombaan balapan sapi yang dilakukan oleh masyarakat di Madura, Jawa Timur. Festival ini hampir setiap tahunnya rutin diadakan.

Festival Karapan Sapi diadakan dalam beberapa tahapan, seperti misalnya tingkat Kabupaten. Tapi puncak acara atau yang terbesarnya, biasanya diadakan antara bulan September sampai Oktober. Selain bisa menonton balapannya, kamu juga bisa menyaksikan ritual magis di festival ini.

2. Festival Rambu Solo (Toraja, Sulawesi Selatan)

Festival Rambu Solo

Festival yang satu ini memang tidak seperti festival pada umumnya dan terkesan menyeramkan. Meski demikian, acara yang sudah menjadi tradisi masyarakat di Tanah Toraja, Sulawesi Selatan ini tetap menjadi festival menarik untuk disambangi.

Rambu Solo sejatinya adalah ritual upacara yang ditujukan untuk menghormati arwah yang meninggal dan mengantar arwah tersebut untuk menuju alam roh. Untuk bisa menyaksikan upacara ini kamu hanya perlu membayar sekitar Rp5.000 untuk wisatawan lokal.

3. Festival Layang-layang (Bali)

Festival Layang-layang

Kamu suka layang-layang? Kalau begitu sepertinya kamu wajib datang ke festival Layang-layang. Festival yang diadakan di Bali ini bahkan disebut-sebut menjadi salah satu agenda yang wajib didatangi dan sudah berskala internasional.

Malahan, para wisatawan asing datang bukan sekadar menonton, tapi juga berpartisipasi menjadi peserta. Festival ini biasanya sering digelar di pinggir pantai, di mana memiliki angin yang kuat untuk menerbangkan. Ada banyak macam layangan menarik yang bisa kamu lihat di acara ini.

Baca Juga: Travel: Menguak Sisi Lain Misteri Kehidupan Suku Baduy Dalam

4. Festival Lampion Waisak (Magelang, Jawa Tengah)

Festival Lampion Waisak

Sebenarnya ini adalah kegiatan keagamaan bagi umat Buddha dan bakan menjadi hari raya yang dihelat setiap tahunnya. Namun, di perayaan Waisak ini ada momen yang paling ditunggu-tunggu bagi turis asing maupun lokal, yakni pelepasan lampion.

Festival ini biasanya diadakan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dan digelar pada malam hari. Ada ribuan lampion kertas yang dilepaskan dalam acara ini. Selain itu,  bukan cuma umat Buddha saja yang bisa mengikutinya, masyarakat umum pun bisa ikutan melepas lampion.

5. Festival Lembah Baliem (Papua)

Festival Lembah Baliem

Festival Lembah Baliem juga menjadi salah satu festival yang terkenal di dunia internasional. Festival ini juga menjadi salah satu festival tertua di Indonesia dan sudah didakan sejak tahun 1989. Festival ini awalnya adalah sebuah upacara perang antar suku Dani, Lani, dan Yali.

Di festivl ini kita bisa melihat simulasi perang dan pertunjukan tari-tarian tradisional. Meski festival ini memperlihatkan pertunjukkan perang, namun Festival Lembah Baliem aman untuk disaksikan. Bahkan festival ini menjadi incaran para fotografi dari manca negara.

Itu tadi lima contoh festival kebudayaan menarik yang diadakan di berbagai wilayah di Indonesia. Tertarikkah kamu untuk mendatanginya?

Baca Juga: Ini Spot Menarik Berakhir Pekan di Kebun Raya Cibodas, Ada Apa Saja Sih?

Exit mobile version