5 Festival Unik yang Diadakan di Danau Toba

Sebagai danau terbesar di Indonesia, Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Sumatera Utara. Selain menjadi objek wisata untuk menikmati keindahan alam, Danau Toba juga menjadi tempat diselenggarakannya berbagai macam kegiatan, salah satunya Festival Danau Toba.

Nah, selain Festival Danau Toba ini, ternyata ada beberapa kegiatan yang diadakan. Kegiatannya beragam, mulau dari festival kebudayaan sampai event musik. Nah, kalau Anda berencana untuk pergi ke Sumatera Utara dan mengunjungi Danau Toba, coba deh cek lima festival atau kegiatan yang diselenggarakan di Danau Toba berikut ini!

Baca Juga: 5 Festival Kebudayaan di Indonesia yang Menarik Disambangi

Deretan Festival Terbaik di Danau Toba

1. Festival Rondang Bittang

Festival Rondang Bittang

Festival Rondang Bittang adalah salah satu festival yang diadakan di sekitar Danau Toba. Festival Rondang Bittang sendiri merupakan bagian dari budaya masyarakat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Festival kebudayaan ini akan menampilkan kebudayaan yang kental dari Kabupaten Simalungun, termasuk tarian khas Simalungun.

Selain tari-tarian, ada juga tradisi menarik rotan atau biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan istilah Cerita Otang. Festival Rondang Bittang sendiri diadakan setiap tanggal 27-28 Juli.

2. Samosir Music International

Samosir Music International

Tak cuma dipakai sebagai tempat berlangsungnya kegiatan kebudayaan, Danau Toba juga sering dipakai untuk acara musik, seperti salah satunya Samosir Music International. Event yang sudah diadakan sejak tahun 2014 ini menjadi ajang berkumpulnya para musisi, komposer, dan penikmat musik baik dari dalam maupun luar negeri.

Samosir Music International tahun lalu diadakan pada tanggal 23-24 Agustus.  Menariknya, musisi dari dalam maupun luar negeri akan berkolaborasi dan membawakan lagu-lagu Batak. Samosir Music International sendiri digelar di Kecamatan Simanindo, Kabupatern Samosir, Sumatera Utara.

3. Gran Fondo New York (GFNY) Lake Toba

Gran Fondo New York (GFNY) Lake Toba

Selain acara musik dan kebudayaan, ada juga acara olahraga, salah satunya adalah GFNY. GFNY sendiri merupakan event olahraga balap sepeda berskala internasional yang sudah diadakan sejak tahun 2011 di beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia GFNY diadakan di dua tempat, yakni Bali dan Sumatera Utara. Untuk di Sumatera Utara, perlombaan akan diadakan di sekitaran Pulau Samosir dan bertajuk GFNY Lake Toba 2019. Salah satu festival menarik di Danau Toba ini rutin diadakan setiap tahunnya dan bahkan diikuti oleh ratusan peserta, baik dari Indonesia maupun luar negeri.

 

4. Tao Silalahi Arts Festival

Tao Silalahi Arts Festival

Tao Silalahi Arts Festival sendiri merupakan event yang menggabungkan konsep antara kebudayaan dan ekologis. Dengan kata lain, selain menyuguhkan kegiatan seni dan budaya, Tao Silalahi Arts Festival juga diharapkan bisa menanamkan nilai kepedulian terhadap lingkungan pada para peserta.

Ada berbagai macam kegiatan yang diadakan di event ini, seperti berkemah, menanam bibit pohon, hinga pertujukan kesenian dan kebudayaan. Tujuan diadakan Tao Silalahi Arts Festival sendiri tak lain sebagai upaya untuk mengembalikan kembali kejayaan Danau Toba.

5. Tour de Sinabung

Tour de Sinabung

Pesona keindahan Danau Toba juga menjadi daya tarik tersendiri untuk sport tourism. Selain GFNY Lake Toba tadi, ada juga Tour de Sinabung. Kegiatan ini sudah lima kali diadakan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Sembari bersepeda, peserta akan disuguhkan oleh keindahan alam Danau Toba. Kegiatan ini telah menarik peserta dari dalam maupun luat negeri. Tahun 2018 kemarin misalnya, Tour de Sinabung telah diikuti oleh kurang lebih 1.850 pesepeda.

Baca Juga: Travel: Menguak Sisi Lain Misteri Kehidupan Suku Baduy Dalam

Exit mobile version