5 Gejala Mobil Matic Bermasalah, Jangan Sampai Terlambat

gejala mobil matic bermasalah

Mobil dengan transmisi otomatis menjadi pilihan yang menarik bagi masyarakat di perkotaan. Meski demikian, perawatan mobil matic tentu akan lebih mahal dibanding dengan mobil dengan transmisi manual, terlebih jika transmisi sudah rusak.

Oleh karenanya, sebelum mobil kesayanganmu makin parah, berikut ini ada sejumlah gejala tanda mobil matic bermasalah, seperti dikutip dari halaman Auto2000. Ada baiknya melakukan pemeriksaan dini sebelum gejala makin parah.

Baca Juga: Awas, Lupa Bayar Denda Tilang ETLE Sanksinya STNK Diblokir

Kenali Tanda Gejala Mobil Matic Bermasalah

1. Suara mendengung

Buat kamu yang memiliki mobil matic yang mengeluarkan suara mendengung, sebaiknya perlu waspada. Sebab menurut Auto2000, mesin mendengung pada mobil matic bisa menjadi salah satu gejala transmisi bermasa. Apalagi kalau suara mendengung tersebut diiringi oleh suara mirip suara benda tumpul saling beradu.

Suara tersebut dikatakan timbul karena adanya transmisi yang saling berbenturan. Salah satu penyebabnya tak lain adalah kapasitas oli transmisi yang kurang. Saat kondisi mesin normal, biasanya suara tersebut tidak akan terdengar.

2. Akselerasi lambat

Mobil matic kamu tiba-tiba menghasilkan akselerasi yang lambat? Nah, itu juga menjadi salah satu gejala mesin bermasalah. Apalagi kalau akselerasi yang lambat diiringi oleh suara mesin yang menderu.

Cara mengeceknya adalah cobalah injak pedal gas sampai suara mesin terdengar. Jika pada saat pedal gas diinjak dan suara mesin menderu tapi akselerasi lambat, nah udah saatnya tuh harus cek ke bengkel. Karena jika sudah ada gejala yang dimaksud, kemungkinan bahwa transmisi mobilmu mengalami masalah di bagian drive plat kopling yang sudah sangat tipis.

3. Mobil terasa bergetar

Selain suara mesin yang mendengung dan menderu saat digas, gejala mobil matic bermasalah berikutnya ada pada mobil yang terasa bergetar. Nah, kalau sudah seperti ini kamu perlu melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam nih. Soalnya salah satu kemungkinan bisa terjadi hal tersebut adalah karena kampas kopling yang sudah mulai aus, sehingga permukaannya tidak merata.

Baca Juga: Bahaya Abaikan Kondisi Shockbreaker Mobil saat Musim Hujan

4. Bau terbakar

Gejala mobil matic bermasalah berikutnya bisa terjadi saat tercium bau seperti terbakar. Gejala ini muncul saat transmisi mengalami overheat atau kondisi mesin mengalami panas berlebih. Kondisi ini terjadi ketika oli transmisi memiliki volume yang kurang.

Selain berfungsi menghaluskan pergerakan pada komponen transmisi, oli transmisi juga berfungsi menjaga suhu tetap stabil.

5. Cairan transmisi berubah warna

Gejala mobil matic bermasalah juga bisa terjadi saat cairan transmisi mengalami kebocoran. Nah, jika mengalami kebocoran, coba cek warnanya. Jika warnanya merah terang dan bersih, itu tandanya normal. Kalau warnaya sudah gelap dan memiliki bau terbakar, sebaiknya kamu langsung mengganti cairan transmisi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil MPV Murah di Bawah Rp50 Juta

Exit mobile version