5 Gudeg Jogja Enak dengan Rasa Lezat dan Otentik

Rekomendasi Gudeg Jogja Enak dan Otentik– Berkunjung ke Jogja atau Yogyakarta tidak lengkap rasanya jika tidak menyantap seporsi gudeg. Rasa-rasanya kamu semua pastinya sudah tidak asing dong dengan makananya yang satu ini? Gudeg adalah masakan tradisional khas Jogja dan Jawa Tengah yang memiliki bahan utama berupa nangka muda atau gori.

Gudeg sendiri bahkan sudah ada sejak tahun 1500-an, pada masa berdirinya kerajaan Mataram Islam. Proses pembuatan gudeg sendiri memakan waktu yang cukup lama lho. Nangka muda tadi direbus selama beberapa jam dengan menggunakan gula arena dan sejumlah bahan rempah-rempah.

Nah, di artikel kali ini kami tidak akan mengajarkan kamu semua cara membuat gudeg. Daripada masak, mendingan kamu langsung saja deh menyantap gudeg terenak yang ada di Jogja. Lalu apa saja? Simak terus artikel di bawah ini ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Bandung Legendaris yang Musti Dicoba

Rekomendasi Gudeg Enak di Jogja

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Nah, tempat makan yang satu ini sih rasa-rasanya sudah tidak asing lagi bagi penikmat gudeg. Mengapa demikian? Hal ini karena Gudeg Yu Djum sendiri sudah berdiri sejak tahun 1951 oleh seseorang yang bernama Djuwariyah atau biasa disapa Yu Djum.

Di tempat ini kamu bisa memilih dua jenis gudeg, yakni gudeng basah dan gudeg kering. Di dalam seporsi gudeg Yu Djum, kamu akan menemukan berbagai macam lauk, seperti krecek, daging ayam, telur, dan lain-lain. Yu Djum juga menjual berbagai macam paket gudeg, seperti paket besek dan paket kendil.

Lokasi: Jalan Wijilan No. 167, Panembahan, Kraton, Panembahan, Kraton, Kota Yogya, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Gudeg Permata

Tempat makan gudeg yang satu ini sangat cocok buat kamu yang kelaparan di malam hari. Hal ini karena Gudeg Pertama buka mulai pukul 21.00 atau jam 9 malam. Kedai gudeg yang satu ini juga terbilang legendaris karena sudah buka sejak tahun 1951. Lokasinya pun sangat strategis karena berada di pusat kota.

Gudeg Permata sangat cocok buat kamu yang tidak suka dengan manis. Selain rasanya yang tidak terlalu manis, Gudeg Permata juga memiliki rasa yang tidak terlalu pedas. Selain gudegnya yang enak, sambel kreceknya juga punya cita rasa yang lezat. Kamu juga bisa menambah lauk, seperti ayam opor, telur bacem, tempe bacem, dan lainnya.

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Gudeg Pawon

Selain rasanya yang enak, Gudeg Pawon juga terkenal dengan tempat makannya yang unik. Bukan menyediakan tempat makan seperti kedai pada umumnya, di tempat ini kamu bisa merasakan sensasi makan gudeg Jogja enak langsung di dapurnya! Namun, siap-siap ya kalau ke sini harus antri panjang.

Gudeg Pawon dibuka mulai pukul 22.00. Gudeg Pawon menawarkan jenis gudeg basah yang dipadukan dengan sambel krecek, ayam kampung, dan telur pindang. Rasanya pun bercampur antara gurih dan manis dengan cita rasa yang lezat.

Lokasi: Jalan janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta

Baca Juga: 5 Burger Murah dan Enak Di Jakarta, Pas untuk Tanggal Tua

4. Gudeg Bu Tjitro 1925

Tempat gudeg Jogja enak yang satu ini memang sudah membuka cabang di mana-mana. Tapi, tetap saja, kalau kamu ke Jogja, jangan lupa ya mampir ke Gudeg Bu Tjitro. Nah, yang unik dari Gudeg Bu Tjitro, selain rasanya yang tentu lezat, adalah kemasannya. Bila tempat lain kebanyakan menggunakan besek atau kendil, maka Gudeg Bu Tjitro menggunakan kemasan kaleng, sehingga praktis untuk dibawa ke mana-mana dan tentu saja tahan lama bahkan sampai setahun.

Kamu pun jangan khawatir, meski dikemas dalam bentuk kaleng, gudeg yang satu ini tidak menggunakan bahan pengawet maupun MSG. Dengan demikian, Gudeg Bu Tjitro sudah melakukan pengiriman tidak hanya ke seluruh Indonesia, tapi juga sampai ke luar negeri.

Lokasi: Jalan Janti No. 330, Depan JEC (JOGJA EXPO CENTER), Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Gudeg Mercon Bu Tinah

Buat kamu yang tidak suka dengan rasa gudeg yang manis, makan di Gudeg Mercon Bu Tinah seperti pas. Namun, sesuai namanya ya, rasa gudeg di tempat ini cenderung pedas. Saking pedasnya, mungkin ketika makan kamu bisa mengucurkan keringat dan air mata.

Tempat makan ini juga buka pada malam hari, yakni sekitar pukul 20.00. Berbagai macam lauk disajikan untuk menemani santap gudeg, seperti ayam kampung, ceker goreng, hingga berbagai macam sate. Meski tempat makannya sederhana, yakni hanya tenda di pinggir trotoar, tapi yang antri banyak banget!

Lokasi: Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: Bikin Ngiler! Rekomendasi Kuliner Semarang Legendaris

Exit mobile version