5 Jajanan Hits di Surya Kencana Bogor

Bakso Kikil Pak Jaka (foto: Instagram)

Jajanan Hits di Surya Kencana – Bagi warga Kota Jakarta dan sekitarnya, Bogor menjadi destinasi tujuan berakhir pekan yang menarik untuk disambangi. Kebanyakan dari mereka yang berakhir pekan di Bogor tentu saja untuk menikmati sajian kuliner yang ada di sana.

Nah, salah satu kawasan kuliner di Bogor yang ramai dikunjungi dan viral berada di Jalan Surya Kencana. Kalau kamu ada rencana mau ke Surya Kencana, berikut ini informasi mengenai rekomendasi tempat jajan di Jalan Surya Kencana.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong di Surabaya yang Hits

1. Lumpia Basah

lumpia basah surya kencana
Lumpia Basah (foto: Jajan Beken)

Lumpia bukan cuma terkenal di Kota Semarang, di Bogor pun ada lho. Tapi, memang lumpia yang di Bogor ini berbeda dari yang ada di Semarang. Lumpia di Bogor terkenal dengan lumpia basah. Isian lumpia basah ini biasanya menggunakan bengkuang dan cara masaknya pun tidak digoreng.

Lumpia basah di kawasan Surya Kencana ini sudah ada sejak tahun 1972 dan posisinya terletak di Gang Aut. Selain bengkuang, isian dari lumpia basah di sini menggunakan tauge, tahu, dan telur. Harga seporsi lumpia basah di sini dijual dengan harga Rp15.000.

2. Bakso Kikil

Bakso Kikil (foto: Instagram/kulinerbogoroke)

Di musim penghujan seperti ini, paling nikmat rasanya jika menyantap hidangan berkuah dan hangat. Salah satu menu kuliner yang bisa kamu santap di Surya Kencana ini adalah bakso kikil. Di antara pedagang bakso kikil, kamu musti cobain Bakso Kikil Pak Jaka.

Usaha yang sudah ada sejak tahun 1993 ini bisa dibilang masuk ke dalam salah satu kuliner bogor legendaris di Surya Kencana. Bakso Kikil Pak Jaka menyajikan hidangan bakso sapi dengan topping kikil sapi yang empuk. Satu porsi bakso kikil di tempat ini dijual denga harga Rp25.000.

3. Martabak Encek

Martabak Encek (foto: Instagram/calvinkumala)

Satu lagi jajanan lawas yang ada di Surya Kencana, yakni Martabak Encek. Dagangan martabak ini bahkan sudah ada sejak tahun 1970 lho. Hingga kini Martabak Encek masih ramai dikunjungi oleh masyarakat dengan antrean yang lumayan panjang, terlebih di akhir pekan.

Salah satu ciri khas dari martabak di sini adalah teksturnya yang empuk. Bahkan menurut penuturan beberapa pelanggan, martabak masih tetap bisa dimakan ketika keesokan harinya dan tetap empuk. Selain itu, proses pembuatan Martabak Encek ini dilakukan dengan menggunakan bara arang, bukan kompor gas seperti martabak pada umumnya. Martabak Encek dibanderol dengan harga mulai dari Rp40 ribuan sampai Rp60 ribuan.

Baca Juga: 5 Tempat Nongkrong di Jogja yang Wajib Disambangi

4. Es Pala

Es Pala (foto: pinktravelogue)

Kalau tadi kita sudah bahas makanan, tidak afdol kalau tidak bahas minuman. Nah, salah satu minuman yang bisa kamu cicipi ketika berada di Surya Kencana Bogor adalah Es Pala Aming. Hidangan kuliner Bogor ini sudah ada sejak tahun 1950-an ini cocok untuk menemani santap siang di kala cuaca panas.

Rasa es pala ini sendiri menyegarkan dengan sensasi asam dan manis. Selain ada buah pala, di dalam minuman ini juga ada buah lainnya, yakni sirsak dan mangga. Harga minuman es pala ini bisa dibeli dengan merogoh kocek Rp7.000.

5. Soto Kuning Pak Yusuf

Soto Kuning Pak Yusuf (foto: istimewa)

Kembali lagi kita ke menu makanan di Surya Kencana ada Soto Kuning Pak Yusuf. Dari luar kedai Soto Kuning Pak Yusuf ini memang terlihat sederhana. Namun, apa yang disajikan di sini dijamin akan bikin pengunjung ketagihan. Kelebihan dari soto kuning di sini, selain kuah kuningnya yang gurih dan sedap, adalah isiannya yang berlimpah.

Isian di dalam soto terdapat empal, otak, limpa, paru goreng, daging, babat, kikil, hingga lidah. Untuk menikmati seporsi soto kuning kamu harus merogoh kocek sekitar Rp35.000.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kedai Bakmi Legendaris di Jakarta

Exit mobile version