5 Jenis Sayuran yang Baik untuk Diet, Enak Semua Kok

Nggak ada bosan-bosannya kami menulis tips diet untuk kamu. Kali ini tips diet yang akan kami berikan kepada kamu semua adalah bagaimana cara diet dengan mengonsumsi sayuran.

Ya, sayurang menjadi salah satu makanan yang penting untuk dikonsumsi oleh manusia. Mengonsumsi sayuran bahkan dianjurkan oleh para ahli gizi. Hal ini karena di dalam berbagai jenis sayuran terdapat banyak sekali kandungan vitamin, mineral, serat, dan zat penting bagi tubuh lainnya.

Tidak hanya baik untuk kesehatan, konsumsi sayuran juga bagus untuk pencernaan, di mana hal ini sangat baik untuk mendukung program dietmu. Kandungan serat dan air di dalam sayuran dapat mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang lama, sehingga kamu tidak akan mudah merasa lapar.

Bac Juga: Tips Diet Fadil Jaidi, Turun 4 Kilo dalam 2 Minggu

Dari sejumlah penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa sayuran juga mampu memperlancar sistem pencernaan dan pembakaran lemak. Nah, kalau kamu tertarik kira-kira sayuran apa saja sih yang bagus untuk diet, simak informasinya di bawah!

5 Jenis Sayuran Pendukung Diet

1. Kembang Kol

sayuran untuk diet kembang kol

Kembang kol termasuk salah satu sayuran yang banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang enak dan tidak pahit. Sehingga sayuran ini bisa dipadukan dengan makanan lainnya. Bahkan kembang kol kini telah hadir dalam berbagai bentuk olahan, salah satunya adalah roti. Kembang kol sendiri memiliki kandungan serat dan protein. Dalam satu cangkir kembang kol yang telah dipotong-potong hanya mengandung 27 kkal.

2. Alpukat

Secara teknis, alpukat memang masuk ke dalam kategori buah. Namun, beberapa ahli gizi menilai bahwa alpukat juga pas untuk masuk ke dalam daftar sayuran yang dapat mempercepat proses diet. Alpukat sendiri memang memiliki kandungan lemak, namun kandungan lemak di dalam alpukat termasuk jenis lemak yang baik atau tak jenuh yang dapat mempertahankan rasa kenyang. Bahkan ahli gizi Christa Brown menyebutkan makan setengah buah alpukat bisa bantu kurangi lemak perut secara keseluruhan. Setengah buah alpukat sendiri mengandung 120 kkal.

3. Kubis

Lanjut ke sayuran untuk diet berikutnya ada kubis atau kol. Sayuran jenis ini memiliki kandungan kalori yang rendah serta tinggi serat. Selain bagus untuk diet, kol juga memiliki kandungan fitonutrien yang ampuh mencegah inflamasi dan kanker. Satu cangkir kubis mengandung 22 kkal dan 5 gram karbohidrat. Ada banyak olahan kol yang bisa kamu coba, seperti dijadikan tumis atau isian sandwich.

Baca Juga: 5 Rempah Ini Berkhasiat Menurunkan Berat Badan

4. Zucchini

Sebagian dari kamu mungkin masih asing dengan sayuran yang satu ini. Zucchini punya bentuk mirip seperti timun, malahan sering disamakan dengan timun. Menurut sebagian ahli gizi, zucchini bagus untuk diet karena memiliki kandungan kalori yang sedikit dan kaya akan serta serta nutrisi. Satu cangkir zucchini iris hanya memiliki total 20 kkal dan total kalbohidrat 3,5 gram.

5. Bayam

Sayuran yang satu ini termasuk dari jenis sayuran yang sehat dan bernutrisi tinggi. Rasanya yang enak membuat sayuran ini disukai banyak orang. Bayam juga sering dijadikan menu makanan pelengkap di setiap rumah tangga. Satu cangkir bayam mentah hanya memiliki kandungan 7 kkal. Namun, perlu diingat bahwa buat kamu yang memiliki penyakit asam urat jangan terlalu sering mengonsumsi bayam ya.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Minuman Berkolesterol Tinggi

Exit mobile version