5 Kawasan Sport Center Terintegrasi dan Terkemuka di Asia

Gelora Bung Karno merupakan salah satu stadion terbesar di Asia

JNEWS – Berbagai negara di belahan dunia, tidak terkecuali di kawasan Asia seakan berlomba untuk membangun sport center atau kawasan olahraga terintegrasi, yang tidak hanya berfungsi sebagai ajang event olahraga akan tetapi menjadi kawasan terpadu, yakni sebagai destinasi olahraga, event seni dan budaya, lifestyle hingga hiburan artis kelas dunia.

Kawasan Gelora Bung Karno – Indonesia

Pusat Pengelola Kawasan Gelora Bung Karno (PPKGBK) pada tahun 2025-2029 mencanangkan GBK sebagai destinasi olahraga dan hiburan terkemuka di dunia. Rencana tersebut sudah dimulai dari sekarang, di mana fungsi GBK tidak hanya sebagai sport center bertaraf nasional dan internasional, akan tetapi GBK menjadi pusat kesehatan atau kebugaran masyarakat, seni budaya, lifestyle hingga konser artis ternama mancanegara.

Kawasan GBK yang memiliki luas sekitar 279,1 hektar dengan stadion utamanya yang megah. Pertandingan sepak bola bertaraf internasional dan beberapa konser artis mancanegara seperti Coldplay pernah digelar di GBK.

Singapore Sport Hub -Singapura

Singapura dengan segala kemajuannya, mampu menyulap sesuatu menjadi destinasi wisata yang menarik dan mengundang banyak wisatawan. Salah satunya Singapore Sports Hub. Kompleks olahraga nasional Singapura yang berada di distrik Kallang ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat event olahraga tingkat nasional maupun internasional, akan tetapi juga sebagai lokasi acara gaya hidup dan hiburan seperti konser musik dan acara komunitas.

Singapore Sports Hub berdiri di atas lahan seluas 35 hektar. Kawasan ini memiliki berbagai fasilitas pusat olahraga seperti National Stadium, Singapore Indoor Stadium, Water Sport Centre, Aquatic Centre, OCBC Arena, fasilitas olahraga umum hingga pusat perbelanjaan bernama Kallang Wave Mall.

Tokyo Dome City, Jepang.

Tokyo Dome City – Jepang

Tokyo Dome merupakan stadion bisbol berkapasitas 55.000 tempat duduk, berlokasi  di Bunkyo, Tokyo, Jepang. Stadion ini dijuluki sebagai Big Egg atau Telur Besar karena bangunannya menyerupai telur.

Tokyo Dome dibuka pada 17 Maret 1988. Selain bisbol, Tokyo Dome juga digunakan untuk tempat pertandingan bola basket, sepak bola, gulat profesional, seni bela diri campuran, kickboxing, balapan truk monster dan konser musik. Tokyo Dome merupakan bagian dari kawasan hiburan Tokyo Dome City.

Zayed Sport City – Abu Dhabi

Stadion Zayed Sports City merupakan sebuah stadion multi-fungsi yang terletak di ibu kota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi. Stadion ini dipergunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola, tetapi juga dapat menyelenggarakan pertandingan atletik. Stadion ini dinamai untuk menghormati Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan, bapak bangsa dan presiden pertama Uni Emirat Arab.

Kai Tak Sport Park – Hongkong

Kai Tak Sports Park adalah tempat olahraga serbaguna yang dibangun di lokasi bekas Bandara Kai Tak di Kowloon, Hong Kong. Rencananya pada tahun 2025 mendatang Kawasan ini akan di buka secara resmi.

Berbagai fasilitas kelas dunia ada di Kai Tak Sports dan dapat menampung puluhan ribu penonton dengan tempat duduk dan panggung yang dapat disesuaikan untuk menyelenggarakan kompetisi internasional dan acara olahraga berskala besar. *

Baca juga: KONI Gandeng JNE untuk Majukan Olahraga Nasional

Exit mobile version