5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Gagalkan Impian!

https://images.unsplash.com/photo-1525610553991-2bede1a236e2?ixlib=rb-1.2.1&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&auto=format&fit=crop&w=500&q=60

5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Gagalkan Impian!

Siapa sih yang tidak memiliki impian, seperti halnya materi. Meski tidak semua orang menjadikan materi sebagai standar kesuksesan, tentu saja Anda juga menginginkan memiliki rumah sendiri.

Untuk mencapai tujuan memiliki impian seperti rumah, banyak hal yang perlu dilakukan, termasuk bekerja keras. Bahkan sebagian dari Anda mungkin memiliki pekerjaan lebih dari satu untuk mencapai mimpi tersebut.

Rumah juga seringkali menjadi hal yang harus dipertimbangkan saat menikah dengan pasangan, yang tentunya akan menjadi tempat di mana Anda dan keluarga kecil tumbuh dan bahagia bersama.

Namun, untuk mencapai tujuan dan impian selalu ada tantangan dan masalah yang harus dihadapi. Ada hal-hal yang akan memperlambat atau bahkan membuat Anda gagal mencapai mimpi memiliki rumah impian, seperti 5 kebiasaan buruk ini bisa gagalkan impian anda.

BACA JUGA: Adaptasi Kebiasaan Baru dan Tetap Semangat Ditengah Pandemi

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Gagalkan Impian!

1. Mengikuti Tren

Tren selalu berkembang dan tidak akan pernah berhenti, akan ada selalu hal baru. Jika Anda terus menerus mengikuti tren seperti ini, uang tabungan pun akan semakin terkuras.

Mulailah membeli sesuatu berdasarkan fungsinya, bukan hanya saat Anda memakainya dengan tujuan agar terlihat keren.

Prioritaskan pada hal-hal yang berguna dalam waktu yang cukup lama. Tren tidak bisa dihentikan, jadi Anda harus mulai perlahan berhenti mengikuti tren agar cita-cita Anda membeli rumah impian segera tercapai.

2. Terbiasa Gali-Tutup Lobang

Mungkin Anda pernah mendengar istilah “gali lobang-tutup lobang”. Ini sering dilakukan oleh orang-orang yang gemar berhutang, dan seperti tidak berkesudahan. Percayalah, gali-tutup lobang tidak akan habisnya, jika suatu saat Anda terpaksa untuk berutang, jangan biasakan diri untuk melunasi namun memakainya kembali.

Tindakan ini akan membuat keuangan berantakan. Tabungan Anda pun tidak akan bertambah. Dengan melakukan hal ini, tentu akan membuat Anda semakin jauh dari impian berupa materi berkecukupan.

3. Kerja Keras Tanpa Peduli Dengan Kesehatan

Bekerja keras sampai tujuan dan impian Anda tercapai merupakan tindakan yang benar. Namun menjadi salah saat Anda bekerja keras, namun tidak memperdulikan kesehatan diri sendiri.

Jangan sampai jatuh sakit hingga akhirnya membuat Anda mengeluarkan banyak uang untuk biaya pengobatan. Tentu saja Anda bisa mencegahnya dengan menjaga kesehatan Anda dalam bekerja.

Anda juga bisa mengikuti asuransi kesehatan yang bisa dipakai ketika kondisi kesehatan menurun, dengan begitu Anda tak perlu pusing memikirkan biayanya.

4. Belanja Tanpa Rencana

Anda memang punya hak sepenuhnya atas uang hasil pencarian sendiri, namun jangan sampai belanja kebablasan. Memberikan reward kepada diri sendiri seringkali membuat Anda menjadi lebih bebas untuk menggunakan uang tanpa kendali.

Satu atau dua kali membelinya dengan anggaran yang sudah ditentukan, mungkin boleh-boleh saja. Namun saat Anda tiba-tiba membeli barang tanpa rencana dan di luar anggaran, lama kelamaan ini akan menguras tabungan dan impian mendapatkan rumah pun bisa gagal, lho!

5. Tidak Membatasi Waktu Nongkrong

Menghibur diri dengan bertemu teman-teman setelah bekerja menjadi hal yang mengasyikkan. Namun ingat, Anda harus memiliki batasan, termasuk dengan waktu nongkrong. Tetaplah sesuai dengan rencana pengeluaran setiap bulannya.

Jika Anda senang nongkrong bareng sahabat, maka sisakanlah uang dan tentukan jumlahnya setiap bulan. Jangan sampai Anda melakukannya setiap hari, sehingga pengeluaran terbesar Anda pada gaya hidup yang hedon.

Nah itulah 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Gagalkan Impian! Jika anda memiliki mimpi untuk membeli rumah ataupun mobil, jangan lakukan kebiasaan buruk di atas.

BACA JUGA: 5 Hobi dan Kebiasaan Baru di era “New Normal”

Exit mobile version