5 Kue Lebaran Paling Favorit di Rumah, Kamu yang Mana?

inspirasi kue lebaran

Duuh, lebaran sebentar lagi nih. Selain sudah menyiapkan baju lebaran untuk kumpul bersama, apakah kamu sudah menyiapkan kue lebaran? Kalau belum, ini waktunya kamu berburu kue lebaran.

Ya, kue lebaran biasanya identik dengan kue kering yang disuguhkan di ruang tamu di setiap rumah. Biasanya kue ini dihadirkan sebagai teman mengobrol ketika sedang bersilaturahmi di momen lebaran.

Pemilihan kue kering sebagai kue lebaran dianggap tepat karena sifatnya yang lebih awet ketimbang kue basah. Bahkan biasanya kue kering ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Berbeda dengan kue basah yang hanya bertahan beberapa hari saja.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022, Siapkan 5 Hal ini agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Nah, ngomong-ngomong soal kue lebaran nih, berikut ini ragam atau rekomendasi kue lebaran yang bisa kamu pilih sebagai pemanis ruang tamu di rumah kamu selama Idul Fitri 1443H!

5 Jenis Kue Lebaran Paling Favorit di Indonesia

1. Nastar

Kue kering yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya disuguhkan di momen lebaran, nastar juga biasanya disuguhkan di sejumlah hari raya, seperti Natal. Konon penggunaan nama nastar diambil dari bahasa Belanda, yakni ananas dan taart. Nastar cenderung memiliki adonan yang empuk dengan isian berupa selai nanas dengan bentuk bulat.

2. Kaasstengels

Ragam jenis kue lebaran berikutnya yang sudah pasti juga sering disuguhkan di setiap rumah adalah kaasstengels. Sama seperti nastar, kaasstengels juga berasal dari Belanda, dengan penggabungan nama kaas yang berarti keju dan stengels yang berarti batangan. Konon katanya dulu kaasstengels merupakan kue yang mahal dan tidak sembarangan bisa memakannya. Bahannya sendiri dari tepung terigu dan parutan keju. Bentuknya biasanya panjang dengan rasa dominan keju yang renyah.

3. Putri salju

Berikutnya yang tak kalah menarik adalah putri salju. Biasanya putri salju menjadi salah satu kue kering favorit karena selain rasanya yang manis, kue ini akan lumer ketika digigit. Kue putri salju biasanya berbentuk bulan sabit dengan warna putih yang dihasilkan dari taburan gula halus. Diberi nama putri salju karena taburan gula halus berwarna putih membuat kue ini seolah dilumuri salju.

Baca Juga: Lebaran Sebentar Lagi, Yuk Intip 5 Tips Padu Padan Baju Si Kecil

4. Kue lidah kucing

Kalau kamu nggak mau repot belepotan makan kue putri salju, bisa nih mencoba kue lidah kucing. Disebut lidah kucing karena bentuknya pipih seperti lidah kucing. Tapi, soal rasa dijamin enak dan renyah deh. Rasanya juga kebanyakan cenderung tidak terlalu manis, jadi bisa dimakan dengan porsi yang banyak. Ada juga yang menjadikan kue lidah kucing sebagai teman ngopi atau ngeteh.

5. Kue sagu keju

Kaasstengels nampaknya bukan satu-satunya kue kering lebaran dengan rasa keju. Ada juga nih kue sagu keju yang punya tekstur lembut dengan rasa yang gurih. Saking lembutnya, kue ini bisa lumer di mulut lho ketika dimakan. Mirip-mirip seperti kue putri salju gitu. Untuk membuat kue sagu keju tidak sulit kok. Hanya memerlukan bahan dasar tepung sagu dan juga keju.

Baca Juga: Tips Mengirim Hampers Lebaran 2022

Exit mobile version