5 Kuliner Bandung Legendaris yang Musti Dicoba

Roti Gempol kuliner Bandung

Sudah tidak mengherankan lagi jika Bandung menjadi salah satu kota di Indonesia yang menjadi tujuan wisata kuliner, terutama bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Jawa Barat dan DKI Jakarta. Ketika sebelum pandemi mewabah, hampir setiap minggu Bandung selalu ramai dipadati wisatawan.

Selain untuk pergi berlibur, mereka pun menyempatkan diri untuk berburu santapan makanan dan minuman lezat. Ketika bicara Bandung sebagai destinasi kuliner, ada banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi, mulai dari yang memiliki tempat besar, sampai kuliner pinggir jalan sekalipun.

Selain kuliner kekinian, Bandung juga punya tempat kuliner legendaris yang masih ramai hingga kini. Disebut legendaris, karena beberapa di antaranya sudah berdiri sejak puluhan tahun silam. Lalu apa saja sih kuliner enak Bandung yang legendaris itu? Simak informasinya di bawah.

Baca Juga: 5 Burger Murah dan Enak Di Jakarta, Pas untuk Tanggal Tua

Rekomendasi Kuliner Bandung Lawas

1. Warung Kopi Purnama

Yang pertama kita mulai dari yang ringan dulu yah. Nah, buat kamu yang ingin sekadar bersantai menikmati segelas kopi, kamu bisa nih mampir ke Warung Kopi Purnama. Katanya sih warung kopi ini sudah ada sejak tahun 1930an. Selain sajian kopinya yang enak, tempat ini juga punya menu andalan lainnya yang tak kalah lezat, yakni roti srikaya.

Desain bangunannya yang klasik juga cocok banget nih buat kamu untuk berfoto-foto dan di-upload ke media sosial. Tersedia juga fasilitas WiFi gratis untuk menemani aktivitas bersantai. Untuk harganya sendiri, Warung Kopi Purnama menyediakan menu dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

2. Roti Bakar Gempol

Berburu kuliner di Bandung tak lengkap rasanya jika tidak menyantap roti bakar, salah satunya bisa kamu temui di Roti Bakar Gempol. Kedai roti bakar yang sudah berjualan sejak tahun 1958 ini menyajikan roti bakar dengan dua jenis roti, yakni roti tawar biasa dan roti gandum. Jadi, pas banget nih buat kamu yang lagi pengen hidup sehat.

Bukan hanya itu, Roti Bakar Gempol menggunakan roti buatan sendiri yang ukurannya besar-besar. Selain menu roti bakar manis, di sini juga menyediakan menu roti bakar asin yang di dalamnya terdapat isian telur, daging, dan keju. Untuk harganya sendiri juga terjangkau, yakni mulai dari Rp 12 ribuan.

Lokasi: Jl. Gempol Wetan No. 14, Trunojoyo, Kota Bandung

3. Rumah Makan Linggarjati (Mie Linggarjati)

Ruman Makan Linggarjati atau dikenal dengan nama lain Mie Linggarjati juga termasuk salah satu kuliner legendaris yang ada di Bandung. Sesuai namanya, di tempat ini kamu bisa menyantap seporsi mie ayam lezat dengan nuansa bangunan khas tahun 1950an.

Tekstur mie yang disajikan kenyal, namun tipis dan berpadu dengan kuah yang gurih dan topping berupa suwiran ayam. Kamu juga bisa memilih topping lain, di antaranya pangsit, bakso, dan babat. Selain mie ayamnya, di sini yang terkenal juga adalah Es Alpukatnya. Sedikit saran, ketika hendak makan di sini, sebaiknya membawa uang yang cukup. Hal ini karena harga jual relatif agak mahal dibanding mie ayam pada umumnya. Tapi, kalau rasanya enak, ya worth it lah yaa.

Lokasi: Jl. Balonggede No.1, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Sei Sapi Enak di Jakarta

4. Sumber Hidangan

Kalau ke tempat kuliner Bandung yang satu ini, jangan lupa ya ajak oma dan opa. Dijamin mereka pasti akan senang karena bisa bernostalgia, bukan hanya dari desain bangunannya tapi juga makanannya. Ya, Sumber Hidangan ini konon sudah berdiri sejak tahun 1929 lho! Hmm kebanyakan kalian yang baca mungkin belum pada lahir kan?

Saking jadulnya tempat ini, jangan harap bisa menemukan colokan listrik, apalagi WiFi ya. Pokoknya tempat ini cocok buat kamu yang ingin benar-benar bersantai dan kulineran. Selain camilan roti jaman dulu, ada juga makanan berat, seperti nasi goreng, bistik, sampai menu asing Wiener Schnitzel. Menu-menu zaman Belanda pun ada lho, seperti Nesselrode, spons beschuit, krentenbrood, Suiker Hagelslag dan Vruchten zandtaart.

Lokasi: Jl. Braga No.20-22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

5. Toko Roti Sidodadi

Biasanya kalo ke Bandung pastinya ingat Prima Rasa atau Kartika Sari kan? Nah, kamu musti cobain nih toko roti lawas Sidodadi yang sudah ada sejak tahun 1954. Roti-roti yang dijual emang jadul banget dan punya rasa yang otentik. Dibanding toko roti modern, bangunan Toko Roti Sidodadi ini memang kecil dan tidak terlihat mewah.

Tapi, Toko Roti Sidodadi selalu ramai dikunjungi pelanggan, terlebih jika di akhir pekan. Dijamin antriannya akan mengular. Ada puluhan varian roti yang dijual di tempat ini. Kamu pun tak perlu bingung ya dengan nama roti dan harganya, karena bisa melihat di etalase. Harganya pun terjangkau lho, mulai Rp 3 ribuan.

Lokasi: Jl. Otto Iskandar Dinata No.255, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung

Baca Juga: Bikin Ngiler! Rekomendasi Kuliner Semarang Legendaris

Exit mobile version