5 Langkah Antisipasi Kebocoran Data Akibat Pemasangan Software Ilegal

Man using laptop computer,shield,padlock icon,concept internet network security,preventing website attacks keeping financial information,data network security,with internet of things(iot)technology

Laporan perusahaan global cybersecurity, Kaspersky menyebutkan mayoritas pelaku UMKM di Indonesia masih menggunakan software atau perangkat lunak bajakan. Software ilegal ini dpilih karena dianggap dapat memangkas biaya TI.

Namun, langkah ini dapat serius mempengaruhi keamanan siber perusahaan, yang dapat berakibat pada kebocoran data dan kerugian finansial.

Baca juga: Fitur Baru untuk Pengguna iOS, Bikin Belanja Online Makin Seru

Untuk menghindari kebocoran data dan kerugian finansial yang disebabkan oleh penginstalan perangkat lunak yang terinfeksi, Kaspersky memberikan tips yang bisa diterapkan.

1. Pastikan karyawan Anda menggunakan akun standar tanpa hak admin. Itu akan mencegah mereka secara tidak sengaja menginstal Trojan yang disalahartikan sebagai perangkat lunak produktivitas.

2. Menggunakan solusi keamanan versi gratis. Mereka biasanya memiliki fungsi yang lebih sedikit daripada produk berbayar tetapi mungkin masih sangat membantu. Pilih solusi berdasarkan hasil tes independen, dan unduh langsung dari situs pengembang.

3. Untuk menghindari membayar tagihan para penambang (miners) tersembunyi, cobalah untuk terus memantau efisiensi perangkat Anda. Jika gawai Anda melambat, terlalu panas, dan mengeluarkan banyak suara bahkan saat tidak ada orang yang menggunakannya, seseorang mungkin telah memasang penambang di perangkat yang membebani prosesor dan kartu video. Gunakan solusi keamanan yang tidak hanya mendeteksi program berbahaya, tetapi juga instalasi yang mungkin tidak diinginkan.

Baca juga: 5 Perangkat Game Konsol Tiruan dari China, Ada yang Mirip PS4

4. Perbarui sistem operasi, perangkat lunak keamanan, browser, dan semua program yang Anda gunakan segera setelah pembaruan baru keluar.

5. Terapkan pencadangan file penting secara rutin dalam layanan cloud dan pada perangkat keras alternatif. Itu akan memungkinkan Anda untuk memiliki salinan bahkan jika ransomware mengenkripsi data Anda.

Solusi keamanan dengan fitur remediasi akan memungkinkan Anda mengembalikan tindakan yang dilakukan oleh malware di sistem operasi, memberikan perlindungan terhadap cryptolocker.

Exit mobile version