5 Makanan Khas Nusantara Ini Dibuat dari Sisa Makanan Lho

Selain memiliki ragam budaya yang unik, Indonesia juga dikenal memiliki berbagai macam makanan yang unik dan lezat. Saking uniknya, hidangan khas Nusantara ini terbuat dari bahan sisa-sisa makanan.

Eits, nanti dulu. Sisa makanan bukan maksudnya sampah ya. Tapi lebih kepada sisa dari pemrosesan bahan makanan. Maklum, masyarakat Indonesia masih kental dengan budaya yang sopan. Mungkin alih-alih dibuang, mending dijadiin makanan saja.

Daripada berlama-lama, apa saja sih makanan khas Nusantara yang terbuat dari bahan makanan sisa? Simak terus ya artikelnya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Minuman Khas Betawi Cocok Buat Buka Puasa

1. Blondo atau Galendo

Galendo atau Blondo makanan khas Nusantara

Sebagian dari kamu mungkin kurang famiiar dengan makanan yang satu ini. Blondo sejatinya merupakan makanan yang dihasilkan dari bahan ampas minyak klentik atau minyak goreng kelapa. Kalau kamu tidak tahu klentik, proses membuat klentik menggunakan santan kelapa kental yang direbus dan diaduk lama di dalam wajan besar hingga menghasilkan cairan minyak. Karena terbuat dari bahan kelapa, blondo ini punya rasa yang gurih dan sedikit manis.

2. Tempe Gembus

Tempe termasuk salah satu menu makanan pokok yang ada di Indonesia dengan berbagai macam olahan. Nah, tempe yang satu ini memang agak beda dengan tempe biasanya. Kalau tempe biasanya kan dibuat dari kacang kedelai yang diberi fermentasi. Kalau tempe gembus ini asalnya dari sisa-sisa atau ampas dari pembuatan tahu yang diberi ragi. Banyak yang bilang tempe gembus ini bagus lho untuk pencernaan. Olahannya sendiri bermacam, ada yang dijadikan oseng, digoreng, hingga masakan berkuah.

3. Oncom

Makanan yang satu ini kamu pasti sudah tidak asing. Selain banyak dijual di tukang-tukang gorengan, oncom banyak dijadikan olahan masakan enak. Tapi, tahukah kamu kalau oncom itu juga dibuat dari sisa bahan makanan? Ada dua jenis oncom, yakni oncom merah dan hitam. Oncom merah terbuat dari bungkil tahu atau kedelai yang sudah diambil proteinnya untuk pembuatan tahu. Kalau oncom hitam terbuat dari bungkil kacang tanah yang dicampur dengan ampas kelapa. Semua oncom telah melalui proses fermentasi dalam pembuatannya.

Baca Juga: Maknyus! Ini Dia 5 Nasi Pecel Enak di Surabaya

4. Kerupuk Gendar

Siapa tidak kenal makanan pokok orang Indonesia yang satu ini. Ada banyak banget olahan dari nasi. Bahkan sampai sisanya saja juga bisa diolah menjadi kerupuk gendar. Hanya saja, sisa nasinya bukan sisa yang ada di piring bekas kamu makan ya. Biasanya kerupuk gendar terbuat dari nasi sisa semalam atau yang tidak habis di dalam rice cooker. Cara membuatnya adalah dicampur dengan berbagai bumbu, seperti bawang putih, garam, hingga ketumbar. Ada juga yang mencampurkannya dengan bleng atau bahan pengembang makanan.

5. Docang

Makanan khas Nusantara berikutnya yang terbuat dari sisa bahan makanan adalah Docang. Makanan khas Cirebon ini terdiri dari potongan lontong, parutan kelapa, daun singkong, daun kucai, tauge, dan kerupul. Ada cerita menarik di balik terciptanya makanan khas Cirebon, di mana pada dahulu kala makanan ini dibuat untuk oleh salah seorang pangeran di Cirebon untuk meracuni Wali Sanga. Namun, makanan yang pada saat itu dibuat dari kumpulan sisa makanan itu malah disukai oleh Wali Songo.

Baca Juga: 5 Jajanan Tradisional Berbahan Singkong, Pasti Kamu Familiar

Exit mobile version