5 Manfaat Konsumsi Jamur Bagi Kesehatan

konsumsi jamur untuk makanan sehat

Manfaat Konsumsi Jamur – Kesadaran akan kesehatan saat ini tengah meningkat di kalangan masyarakat. Selain rutin berolahraga, masyarakat juga sudah sadar akan konsumsi makanan sehat, salah satunya adalah makanan berprotein tinggi seperti jamur.

Di samping menjadi sumber protein yang baik, jamur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Karenanya, jamur sering dipakai oleh sebagian masyarakat sebagai bahan nabati pengganti protein hewani, terutama bagi mereka yang mengikuti tren makanan plant-based.

Nah, kalau kamu berencana untuk beralih gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makan-makanan nabati, berikut ini manfaat konsumsi jamur untuk kesehatan!

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Baik Untuk Kesehatan, Ini Dia Manfaat Jamur Bagi Tubuh

1. Mencegah penuaan

Forever young! Ya, siapa sih yang nggak ingin terus terlihat muda? Manfaat konsumsi jamur yang pertama adalah untuk mencegah penuaan. Hal ini karena di dalam jamur terdapat kandungan dua jenis antioksidan yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, yakni ergothioneine dan glutathione.

Dalam sebuah penelitian Penn State pada tahun 2017, ditemukan manfaat kesehatan dari kedua jenis antioksidan tersebut. Keduanya disebut mampu melindungi tubuh dari stres fisiologis yang dapat memicu tanda-tanda penuaan, salah satunya keriput.

2. Melindungi kesehatan otak

Manfaat konsumsi jamur yang kedua ini sangat penting, yakni dapat melindungi kesehatan otak. Manfaat ini didapat dari sebuah penelitian jangka panjang di Spanyol yang dirilis pada 2021. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa jamur mengandung polifenol yang disebut-sebut bisa menangkal penurunan kognitif pada orang dewasa.

Di samping itu, kandungan jamur dapat mencegah penyakit Parkinson dan Alzheimer. Untuk mencegah hal tersebut, peneliti merekomendasikan untuk mengonsumsi lima buah jamur dalam sehari.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Tahu kah kamu kalau jamur juga mengandung kompenen yang berkhasiah untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, serta mencegah sakit jantung? Ya, komponen atau kandungan yang dimaksud adalah glutamate ribonucleotides. Selain menyehatkan, kandungan tersebut juga memberikan rasa gurih pada jamur.

Karenanya, kamu bisa mengurangi penggunaan garam atau sodium yang berbahaya untuk tekanan darah dan kesehatan jantung, jika memasak menggunakan jamur.

Baca Juga: Kenali Tanda Gangguan Kecemasan Pada Anak, Bun!

4. Menguatkan tulang

Manfaat konsumsi jamur berikutnya adalah baik untuk kesehatan tulang. Diketahui, jamur tumbuh dengan alami di luar dengan paparan sinar matahari yang baik. Oleh karenanya, jamur kaya akan nutrisi dan mengandung vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang.

Hal ini karena dalam jamur juga terdapat komponen ergosterol yang bisa mengubuah sinar UVB yang diserap matahari menjadi vitamin D. Para pakar kesehatan berpendatan dalam 85 gram jamur sanggup memenuhi asupan vitamin D harian.

5. Kaya akan vitamin

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jamur kaya akan vitamin. Manfaat konsumsi jamur sama saja dengan mengonsumsi banyak vitamin B, di antaranya riboflavin (B2), folat (B9), thiamine (B1), asam pantotenat (B5) dan niacin (B3). Vitamin B ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh lho. Vitamin B juga bisa membantu produksi sel darah merah yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dengan baik.

Baca Juga: Sebab Munculnya Plak Gigi, Begini Cara Pencegahannya

Exit mobile version