5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

manfaat air putih minum air putih di pagi hari

Sebagian dari kamu mungkin sudah familiar dengan anjuran minum air putih setiap hari minimal delapan gelas. Ya, anjuran ini memang benar adanya karena beberapa pakar mengatakan bahwa ada manfaat air putih yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Kebiasaan untuk mengonsumsi air putih ini pun wajib dimulai pada saat kamu bangun di pagi hari. Mengonsumsi air putih di pagi hari ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya lho. Salah satu fungsinya adalah tentu saja untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang pada saat kamu tidur selama berjam-jam.

Sekadar informasi, air memegang peranan penting bagi tubuh, di antaranya:

Banyak para ahli yang membuktikan pentingnya minum air putih di pagi hari. Nah, daripada kamu penasaran apa saja sih manfaat minum air putih di pagi hari, langsung saja simak informasinya berikut!

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Minuman Berkolesterol Tinggi

Alasan Mengapa Kamu Harus Minum Air Putih di Pagi Hari

1. Menurunkan berat badan

Buat kamu yang sedang berupaya untuk menurunkan berat badan, minum air putih di pagi hari nyatanya bisa membantu lho. Sebab dengan mengonsumsi air putih maka akan membantu perut terasa kenyang, sehingga konsumsi sarapan mereka pun tidak terlalu banyak. Ada studi yang menyebut bahwa dari beberapa orang dewasa mengaku berat badannya turun karena mereka minum 500 ml air putih sebelum sarapan selama 12 minggu. Namun, perlu diingat bahwa meski kamu minum, kamu tetap sarapan ya.

2. Bagus untuk detoksifikasi

Pada malam hari tubuh biasanya akan memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu, penting untuk minum air putih di pagi hari pada saat perut kosong untuk membantu pembersihan racun sisa metabolisme di dalam tubuh pada malam hari. Nantinya racun-racun tersebut akan dikeluarkan melalui urine. Ingat, konsumsinya sebelum kamu sarapan ya.

3. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Bagi sebagian orang, terutama kaum wanita, menjaga kesehatan kulit itu penting banget. Selain rajin makan makanan bergizi dan mengandung vitamin, minum air putih di pagi hari juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Asupan air membantu untuk mengembalikan kadar air yang hilang di dalam kulit.

Baca Juga: Awas! Ini 5 Bahaya Kol Goreng Bagi Kesehatan!

4. Meningkatkan kesehatan ginjal

Kamu tahu kan betapa pentingnya menjaga kesehatan ginjal. Banyak orang yang menyesal tidak menjaga kesehatan ginjalnya. Kalau mau beli pun pasti mahal banget. Makanya, daripada menyesal, mending kamu jaga kesehatan ginjal, salah satunya dengan rajin minum air putih di pagi hari. Minum banyak air putih bisa membantu meluruuhkan zat kimia dalam urin. Kekurangan cairan di tubuh karena kurang minum bisa meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Di masa pandemi seperti saat ini, penting bagi kamu untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang terserang virus. Selain mengonsumsi vitamin, kamu juga harus rajin minum air putih. Mengonsumsi air putih di waktu perut masih kosong bisa menstabilkan sistem limfatik yang mempengaruhi tingkat imunitas.

Baca Juga: 5 Bahaya Makan Kentang Goreng Terlalu Sering

Exit mobile version