5 Minuman Khas Betawi Cocok Buat Buka Puasa

Rekomendasi Minuman Khas Betawi untuk Buka Puasa – Tidak lama lagi umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selama kurang lebih satu bulan, umat muslim akan diuji menahan lapar dan dahaga dari waktu sahur sampai berbuka.

Nah, bicara mengenai buka puasa, sudah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia untuk mencari makanan dan minuman yang enak untuk berbuka puasa. Buat kamu yang tinggal di sekitar Kota Jakarta, kamu bisa nih memilih berbagai macam kuliner khas Betawi untuk teman berbuka puasa, misalnya seperti soto Betawi untuk makanan berat.

Tapi, biasanya ketika buka puasa kita mengonsumi makanan dan minuman yang ringan terlebih dahulu. Berikut ini rekomendasi minuman buka puasa khas Betawi yang bisa kamu coba! Selamat berbuka!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Medan Wajib Bawa Pulang

1. Es Selendang Mayang

es selendang mayang minuman buka puasa

Bicara minuman khas Betawi, tentu saja tidak luput dari yang namanya es selendang mayang. Buat kamu yang mungkin asing dengan minuman ini, es selendang mayang adalah minuman khas Betawi yang memiliki isian seperti puding atau kue lapis yang terbuat dari bahan tepung sagu aren dan tepung hunkwe.

Cara penyajiannya biasanya si kue selendang mayang yang dipotong tipis-tipis ini disiram dengan santan dan pemanis yang terbuat dari gula aren atau sirup merah. Makin segar lagi dengan diberi beberapa potongan es batu. Konon minuman ini sudah ada lho sejak zaman penjajahan Belanda lho.

2. Bir Pletok

Eits, pun namanya bir, jangan samain yah sama minuman bir yang beralkohol. Bir pletok dijamin bebas allohol dan tidak memabukkan, malah menyehatkan lho. Hal ini karena bir pletok merupakan minuman tradisional khas Betawi yang terbuat dari berbagai macam rempah, di antaranya jahe, daun pandan wangi, kayu secang, dan serai.

Sama seperti es selendang mayang, bir pletok juga sudah ada sejak zaman Belanda. Awal mulanya adalah karena masyarakat Betawi meniru kebiasaan waga Belanda yang mengonsumsi wine ketika ada perayaan. Nah, karena wine mengandung alkohol, dibuatlah minuman yang menyerupai wine dengan racikan yang menyehatkan. Selain disajikan hangat, bir pletok juga nikmat diminum dingin.

3. Es Campur Betawi

Minuman khas Betawi sebagai minuman berbuka puasa berikutnya adalah es campur betawi. Seperti kamu ketahui, es campur ini banyak sekali ragamnya di Nusantara. Untuk es campur betawi sendiri, memiliki isian yang tidak kalah menyegarkan dengan es campur pada umumnya, yakni kelapa muda, alpukat, nangka, hingga mangga.

Penyajiannya adalah dengan disiram susu cair dan sirup atau gula. Nah, yang membedakan es campur betawi dengan es campur lainnya adalah tambahan bubur sumsum di dalamnya. Hmm..dijamin bikin dahaga kamu terpuaskan setelah puasa seharian.

Baca Juga: Maknyus! Ini Dia 5 Nasi Pecel Enak di Surabaya

4. Es Doger

Minuman khas Betawi yang satu ini sih sepertinya kamu sudah tidak asing lagi. Salah satu jajanan populer di kala SD ini juga menjadi pilihan menarik untuk berbuka puasa. Selain punya cita rasa yang manis dan menyegarkan, es doger juga mengenyangkan lho. Jadi cocok banget nih buat melepas dahaga.

Isiannya sendiri terdiri dari ketan hitam, tapai singkong, pacar cina, sagu mutiara, serutan es batu, dan disiram dengan sirup merah. Terkadang ada juga yang melengkapinya dengan potongan roti.

5. Es Kolang-kaling

Kamu sudah tahu kan apa itu kolang-kaling? Ya, manisan ini biasanya sering dipakai di beberapa es. Rasanya sendiri manis dengan tekstur yang kenyal. Bahannya sendiri sangat sederhana, yakni terdiri dari kolang-kaling diberi es batu dan gula atau sirup.

Tapi, ada juga beberapa varian es kolang-kaling yang ditambah isian, seperti cincau hitam dan agar-agar. Tapi awas jangan banyak-banyak, nanti bisa kena diabetes lho.

Baca Juga: 5 Kuliner Kaki Lima di Jakarta yang Wajib Kamu Sambangi

Exit mobile version