5 Objek Wisata di Banyuwangi Wajib Kamu Kunjungi

Pantai Pulau Merah Objek Wisata Banyuwangi

Pantai Pulau Merah (foto: Instagram/visiteastjava)

Rekomendasi Objek Wisata Banyuwangi – Sebagai kabupaten, Banyuwangi bukan cuma berfungsi sebagai tempat singgah sebelum menyeberang ke Pulau Bali dari Pulau Jawa. Tanpa disadari oleh banyak orang, Banyuwangi menyimpan sejumlah objek wisata yang menawarkan keindahan alam.

Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, sektor pariwisata di Banyuwangi kini sudah berkembang sangat pesat. Jadi, jika kamu ingin menyeberang dengan menggunakan moda transportasi laut dari Banyuwangi ke Gilimanuk, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri menikmati spot-spot wisata yang menarik di Banyuwangi. Lalu apa saja objek wisata di Banyuwangi yang perlu kalian sambangi? Simak informasinya berikut ini!

Baca Juga: 5 Wisata Hutan Pinus Cantik Yang Berada Di Bandung

1. Pantai Sukamade

Rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang pertama bisa kamu kunjungi adalah Pantai Sukamade. Pantai ini terkenal dengan sebagai tempat bertelurnya penyu.

Maka jangan heran jika kamu mengunjungi pantai ini, kamu akan disuguhkan dengan banyaknya anak-anak penyu. Untuk menuju pantai ini, kamu harus melintasi jalan setapak sembari menikmati pemandangan berupa hamparan hutan hujan tropis dataran rendah.

Jika beruntung, selama perjalanan mungkin kamu bisa bertemu beragam satwa liar, seperti babi hutan, kijang, dan berbagai jenis burung. Kalau kamu mau lihat penyu bertelur, maka kamu harus mengunjungi pantai ini di malam hari.

2. Pulau Tabuhan

Objek wisata di Banyuwangi berikutnya adalah Pulau Tabuhan, yang merupakan sebuah pulau kecil yang letaknya di tengah laut selat Bali. Untuk bisa menuju pulau ini, kamu musti menyewa kapal dari pantai Bangsring dengan waktu perjalanan sekitar 15 menit.

Untuk estimasi penyewaan kapal adalah Rp500.000 untuk 10 orang. Jadi, kamu bisa patungan jika ingin menyeberang ke pulau ini ya. Pulau Tabuhan termasuk ke dalam kategori pulau yang tidak berpenghuni. Ada banyak beragam aktivitas yang kamu bisa lakukan di tempat ini, seperti snorkeling, berfoto sembari menikmati keindagan pulau, sampai meihat sunrise atau sunset.

3. Teluk Ijo

Salah satu keindahan alam yang bisa kamu saksikan di Banyuwangi adalah Teluk Ijo atau yang punya nama lain Green Bay. Sesuai namanya, Teluk Ijo ini memiliki air laut yang berwarna cenderung hijau.

Perjalanan yang ditempuh untuk bisa sampai ke Teluk Ijo ini lumayan jauh. Dari Banyuwangi butuh waktu sekitar tiga jam perjalanan atau 90 km ke Pantai Rajegwesi.

Dari situ, kamu masih harus melewati tebing dan lembah selama satu jam untuk sampai ke objek wisata Banyuwangi ini. Namun, perasaan lelah selama perjalanan pun akan terbayar ketika kamu sampai ke Teluk Ijo ini, karena kamu akan menyaksikan pemandangan alam yang luar biasa indah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Camping di Bogor yang Asoy

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Objek wisata Banyuwangi ini menjadi salah satu pantai favorit para peselancar karena memiliki ombak yang cukup besar. Ombak yang besar ini karena Pantai Plengkung yang letaknya berhadapan dengan samudera Hindia.

Tak heran, banyak peselancar yang datang, baik dari lokal, maupun mancanegara. Bahkan,  wisata pantai ini diklaim sebagai wisata pantai dengan ombak besar kedua setelah Hawaii lho.

Selain berselancar dan berenang, pantai ini juga menawarkan keindahan alam berupa pasir putih. Jadi, kamu masih bisa bermain di pinggiran pantai kalau tidak bisa berselancar.

5. Pantai Pulau Merah

Disebut Pantai Pulau Merah tentu saja karena terdapat sebuah bukit kecil  yang memiliki tinggi sekitar 200 meter dan tersusun dari tanah berwarna merah yang lokasinya dekat pantai.

Objek wisata Banyuwangi yang satu ini terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Untuk bisa menuju kawasan pantai ini kamu harus menempuh perjalanan selama tiga jam dari pusat kota Banyuwangi.

Bukan cuma warna tanahnya yang merah, kamu juga bisa melihat pemandangan sunset kemerahan yang cantik ketika matahari terbenam.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Tangerang yang Seru

Exit mobile version