5 Olahan Daging Kambing Inspirasi Idul Adha 1442 H

olahan daging kambing inspirasi Idul Adha 1442 H

Perayaan Idul Adha yang berlangsung setiap tahunnya selalu identik dengan pemotongan daging hewan kurban, baik itu sapi maupun kambing. Di momen hari raya umat muslim ini lah, biasanya sebagian besar masyarakat Indonesia bisa menikmati sajian kuliner yang terbuat dari dua daging hewan kurban tersebut.

Bicara mengenai daging kambing, ada banyak sekali jenis olahan daging kambing dari wilayah Nusantara ini. Sebut saja salah satunya adalah tongseng kambing yang punya cita rasa khas. Selain tongseng, tentu saja ada berbagai macam hidangan kuliner berbahan dasar daging kambing yang menggugah selera.

Nah, melalui artikel berikut kami akan coba berikan informasi atau inspirasi buat kamu yang ingin mengolah daging kambing hasil kurban atau pembagian dari masjid sekitar. Oh iya, namun, sebelum kamu melihat kira-kira kuliner daging kambing mana yang cocok untuk disantap, ada baiknya sih kamu mengetahui terlebih dahulu cara mengolah daging kambing.

Baca Juga: Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Alot

Cara mengolah daging kambing yang benar itu jangan dicuci dengan air mentah agar daging tidak tambah alot dan mengeluarkan bau amis. Jangan lupa taburi garam, buburi parutan nanas, hingga bungkus dengan daun pepaya ya.

1. Kari Kambing

Di samping terkenal akan masakan mie, Aceh juga terkenal lho dengan kuliner kari kambing. Biasanya sajian kuliner khas Serambi Mekkah ini biasanya menjadi hidangan pada saat perayaan di Aceh, semisal khitanan, pernikahan, hingga akikah. Kari kambing identik dengan rasa yang kuat dengan bumbu khas dari rempah, seperti serai, daun temurui, pekak, adas, kayu manis, kapulaga, dan cengkih.

2. Rendang

Selain menggunakan daging sapi, masakan khas Sumatera Barat yang mendunia ini juga menggunakan daging kambing lho. Walaupun memang kepopulerannya kalah dengan daging sapi. Namun, kalau kamu bisa mengolahnya, rendang kambing ini punya cita rasa yang tak kalah enak lho dengan aroma yang khas dari daging tersebut. Bumbunya sih sama saja seperti ketika kita mengolah rendang sapi.

3. Rabeg

Siapa di sini yang belum tahu apa itu rabeg? Rabeg sendiri aslinya merupakan masakan dari Timur Tengah yang kemudian menyebar di Banten, Jawa Barat. Selain menggunakan bahan dasar daging kambing, rabeg juga menggunakan jeroan kambing. Cita rasanya sendiri gurih dan manis dengan bumbu-bumbu berupa campuran rempah seperti biji pala, lada, kayu manis, jahe, bawang merah, bawang putih, kecap manis, dan lengkuas.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Nusantara Ini Dibuat dari Sisa Makanan Lho

4. Tengkleng

Olahan daging kambing berikutnya yang bisa kamu coba selama Idul Adha adalah tengkleng. Tengkleng sendiri merupakan makanan khas dari Jawa Tengah, tepatnya dari Solo. Selain menggunakan bahan dasar dari daging kambing, di dalam tengkleng juga terdapat bahan dari tulang atau iga. Di situ lah kenikmatan dari tulang-tulang tersebut. Tengkleng punya cita rasa yang gurih. Paling nikmat dimakan bersama dengan nasi putih hangat dengan taburan bawang goreng di atasnya.

5. Sate Kambing

Kalau kamu malas repot-repot mengolah menjadi bahan masakan yang disebutkan di atas, kalau begitu kamu bikin sate kambing saja. Caranya sih mudah banget. Kamu tinggal marinasi daging kambing dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, merica, kecap manis, hingga mentega. Kamu juga bisa lho menjadikan sate kambing sebagai sate maranggi. Tinggal bakar deh dengan menggunakan panggangan dan areng.

Baca Juga: Maknyus! Ini Dia 5 Nasi Pecel Enak di Surabaya

Exit mobile version