5 Rekomendasi Makanan Khas Riau Wajib Coba

Selain keberagaman suku dan budaya, Indonesia juga terkenal memiliki keberagaman kuliner. Ada banyak sekali makanan khas daerah yang bisa kamu cicipi. Nah, kali ini kami akan ajak kamu untuk membahas mengenai makanan khas Riau.

Sebagai salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatera, Riau dikenal memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah, mulai dari minyak bumi, gas alam, dan kelapa sawit. Riau juga menawarkan berbagai macam desitinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Selagi berlibur atau berkunjung ke Riau, tidak ada salahnya mencicipi beragam makanan khas Riau. Selain menawarkan cita rasa yang enak, ada juga hidangan yang unik. Penasaran apa saja? Berikut rekomendasinya!

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Makanan Khas Riau

1. Sup Tunjang

Sup Tunjang
Sup Tunjang

Rekomendasi makanan khas Riau yang pertama adalah sup tunjang. Sup ini dihidangkan dengan cita rasa kaldunya yang khas dan gurih, yakni terbuat dari tulang kaki sapi dan campuran rempah-rempah. Semangkuk sup tunjang bisa menyegarkan pikiran dan semangat bagi kamu yang baru tiba ke Riau. Sup tunjang bisa dinikmati dengan atau tanpa sepiring nasi.

2. Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin

Lokasinya yang berdekatan dengan Sumatera Barat membuat makanan di Riau juga banyak dipengaruhi oleh masakan Padang. Salah satun hidangan yang terkenal adalah gulai ikan patin. Hidangan ini banyak tersedia di resto atau warung makan di kota Pekanbaru, Riau. Biasanya, cita rasa gulai dengan campuran kecombrang akan menambah kenikmatan dalam hidangan.

3. Mie Sagu

Mie Sagu

Makan mie mungkin sudah biasa. Namun, makan mie yang terbuat dari bahan pokok sagu, baru unik. Mie sagu ini menjadi salah satu rekomendasi makanan ketika kamu berkunjung ke Riau. Bentuknya sepintas mirip kwetiau. Buat kamu yang lagi diet, mie sagu ini cocok, karena kadar gula dalam tepung sagu lebih rendah ketimbang nasi.

Baca Juga: Suka Sejarah? Ini 5 Rekomendasi Museum yang Ada di Bandung

4. Ikan Selais Asap

Ikan Selais Asap

Rekomendasi makanan khas Riau berikutnya adalah ikan selais asap. Sesuai namanya, makanan ini diolah dengan proses pengasapan. Proses pengasapan ikan ini telah melalui waktu pengolahan selama delapan jam. Dengan demikian tekstur ikannya pun sangat renyah saat disantap. Jika ingin lebih nikmat, kamu bisa mencicipinya dengan campuran nasi hangat.

5. Miso

Miso

Eits, ini bukan miso makanan khas Jepang ya. Namanya sih mirip, tapi miso yang ada di Riau ini merupakan hidangan yang berbeda dari miso Jepang. Miso di Riau ini menyuguhkan kombinasi mi kuning, ayam suwir, tahu kering, kulit ayam renyah, dan potongan tulang ayam. Campuran tekstur bahan dasar ayam yang digunakan pasti bikin kamu penasaran.

Nah, itu dia tadi rekomendasi makanan khas Riau. Kalau berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke kedai atau restoran terdekat untuk mencicipinya ya.

Baca Juga: Pengen Liburan? Ini Rekomendasi Wisata Pantai di Malang

Exit mobile version