5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Medan Wajib Bawa Pulang

Ada banyak tempat wisata menarik ketika kamu berkunjung ke Kota Medan, Sumatera Utara, seperti misalnya The Le Hu Garden, Menara Pandang Tele, Danau Toba, dan masih banyak lainnya. Selain tempat wisata, Medan juga punya wisata kuliner yang lezat yang amat sangat sayang dilewatkan.

Nah, kalau kamu kebetulan sedang berkunjung ke Medan dan bingung kira-kira oleh-oleh apa yang ingin dibawa pulang, jangan khawatir. Melalui artikel berikut ini kami akan berikan beberapa rekomendasi oleh-oleh terkenal atau khas Medan. Simak terus informasinya di bawah ini ya!

Baca Juga: Rekomendasi Cemilan Teman Santai di Pesona JNE

Bika Ambon

Kamu jangan bingung sama namanya ya. Meski namanya Bika Ambon, kue ini asalnya dari Medan, bukan Ambon. Disebut dengan nama Ambon karena kue ini pertama kali dijual di Jalan Ambon di Medan. Bika Ambon punya tekstur kue yang berongga, namun lembut dan kenyal ketika digigit. Rasanya pun manis bikin siapapun yang memakannya pasti ketagihan. Bika Ambon sendiri dibuat dengan bahan-bahan dasar, seperti tepung tapioka, gula, santan, air nira, dan lainnya. Kalau bingung mau beli Bika Ambon di mana, kamu langsung saja datang ke Bika Ambon Zulaikha di Jalan Mojopahit No.62.

Bolu Meranti

Oleh-oleh khas Medan berikutnya yang biasa dibawa oleh para pelancong adalah Bolu Meranti. Sesuai namanya, ini merupakan oleh-oleh berbentuk kue bolu gulung dengan banyak varian topping dan isi. Biasanya sih yang paling favorit tentu saja Bolu Meranti dengan rasa keju yang tidak hanya ada di luaran, tapi juga di dalam. Selain keju, ada juga coklat, pandan srikaya, moka, strawberry, dan lainnya. Menyantap Bolu Meranti paling pas ditemani dengan secangkir teh hangat. Kamu bisa mendapatkan Bolu Meranti di bandara, tapi tapi kalau mau langsung saja datang ke pusatnya yang terletak di Jalan Kruing simpang Razak No.7C.

Pancake Durian Medan

Tidak semua orang memang suka sama buah tropis yang satu ini. Tapi, buat kamu pecinta durian atau yang tidak mual dengan durian, kamu bisa mencicipi Pancake Durian Medan. Sekilas info tentang oleh-oleh khas Medan yang satu ini. Pancake Durian Medan adalah kue di mana daging durian yang dicampur dengan krim dibalut dengan kulit dadar gulung yang punya tekstur lembut. Seiring berjalannya waktu, Pancake Durian Medan hadir dengan berbagai varian rasa, seperti coklat, mocca, dan pandan. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi buat beli Pancake Durian Medan ini adalah Durian House yang berada di Jalan Sekip No.67 H, Medan Petisah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Oleh-oleh Terlaris di Pesona JNE

Kain Ulos

Selain oleh-oleh makanan, Medan juga punya oleh-oleh dalam bentuk kerajinan tangan yang terkenal, yakni kain ulos. Kain ulos biasanya dipakai oleh masyarakat Medan untuk berbagai macam acara ritual, seperti pernikahan, penyambutan tamu, hingga pemakaman. Kain ulos ini bentuknya seperti selendang yang memanjang dengan berbagai macam warna. Cara pakainya biasanya diselempangkan di badan atau bisa juga jadi ikat kepala. Kalau mau membeli kain ulos, bisa berkunjung ke Pusat Pasar (atau dikenal juga dengan Pajak Sentral).

Sirup Buah Markisa

Oleh-oleh khas Medan berikutnya adalah sirup buah markisa. Siapa di antara kamu yang sudah pernah menenggak segarnya minuman khas Medan ini? Kalau belum pernah, kamu wajib cobain nih. Minuman ini terbuat dari sari buah markisa asli yang tumbuh di daerah Karo. Rasanya manis dan mengandung vitamin C sekaligus antioksidan yang bagus buat tubuh. Mencari oleh-oleh sirup buah markisa sih gampang, ada di mana-mana kok.

Nah, itu dia tadi beberapa contoh rekomendasi oleh-oleh khas Medan. Kamu juga bisa kok membeli oleh-oleh tadi tanpa harus ke Medan. Caranya adalah dengan mengunjungi situs Pesona Nusantara atau Pesona JNE. Situs ini menjual beragam oleh-oleh dari penjuru Nusantara.

Baca Juga: 5 Jajanan Tradisional Berbahan Singkong, Pasti Kamu Familiar

Exit mobile version