5 Rekomendasi Wisata Menarik di Turki

Turki memang dikenal sebagai negara yang memiliki akulturasi antara budaya Eropa dan Asia. Tak heran, Turki sendiri kerap menjadi negara tujuan bagi para pelancong di seluruh dunia. Di samping itu, negara ini memiliki sejumlah rekomendasi destinasi wisata yang menarik dikunjungi.

Secara administratif, Turki sendiri masuk ke dalam wilayah Eropa. Negara ini memiliki lansekap yang meliputi wilayah pantai dan pegunungan yang panjang. Bukan cuma itu, ada begitu banyak tempat-tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi saat berada di Turki.

Nah, lalu apa saja sih destinasi wisata menarik yang ada di sana? Simak informasi lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: 5 Destinasi Instagramable di Surabaya

Rekomendasi Spot Wisata di Turki

1. Konya

Konya Turki

Destinasi wisata menarik di Turki yang pertama adalah Konya. Konya tak lain merupakan salah kota tertua di dunia dan dikenal berkat arsitektur Seljuk dan Whirling Dervishes. Pada abad ke-12 dan 13, Konya menjadi ibukota yang makmur di bawah pemerintahan Dinasti Seljuk.

Salah satu kelebihannya adalah masin ada bangunan-bangunan dari dinasti tersebut yang kini menjadi cagar budaya, seperti misalnya Masjid Alaeddin dan reruntuhan Istana Seljuk. Bukan cuma itu, di kota ini juga terdapa makan Rumi, seorang teolog dan sufi asal Persia.

2. Topkapi Palace

Turki sendiri pernah menjadi pusat kekaisaran Islam saat Sultan Utsmaniyah berkuasa selama 600 tahun (1465-1856). Salah satu peninggalannya adalah sebuah istana megah yang berada di kota Istanbul, yaitu Topkapi Palace.

Saat ini, Topkapi telah berubah fungsi menjadi sebuah museum. Selain menjadi tempat tinggal para sultan, istana ini juga menjadi pusat pemerintahan. Para pejabat istana juga tinggal di area komplek istana.

3. Hagia Sophia

Masih di kota Istanbul, destinasi wisata menarik di Turki berikutnya adalah Hagia Sophia yang tak lain adalah salah satu masjid yang sangat fenomenal di dunia. Awalnya Hagia Sophia adalah sebuah gereja pada era Byzantium Roma.

Nah, di era Konstantinopel berkuasa, gereja ini kemudian beralih fungsi menjadi masjid. Di masa peralihan itu lah hampir semua hiasan yang ada di dalamnya diganti dengan ciri khas Timur Tengah.

Meski demikian, pada dinding langitnya masih terlihat perpaduan antara interior gereja dan masjid berupa kaligrafi tulisan era Utsmaniyah dan lukisan-lukisan peninggalan Romawi Timur.

Baca Juga: 5 Festival Unik yang Diselenggarakan di Sekitar Danau Toba

4. Ephesus

Rekomendasi spot wisata di Turki yang tak kalah menarik jika kamu sedang liburan ke Turki adalah Epheseus. Ephesus ini bisa dibilang merupakan kota klasik metropolitan terlengkap di Eropa. Di tempat ini kamu  bisa melihat lansekap kota klasik yang telah menjadi situs kuno ini di Aegean Turki.

Kebanyakan memang bangunannya sudah berbentuk reruntuhan, tapi masih ada juga yang berdiri tegap. Meski demikian, kota Ephesus ini tetap terjaga dengan baik karena menjadi objek arkeologi yang dilindungi oleh pemerintah Turki.

5. Cappadocia

Liburan ke Turki tak lengkap jika tak berkunjung ke Cappadocia, Berlokasi di Central Anatolia, tempat  ini dikenal karena lansekap luar ruangnya yang unik. Cappadocia berupa perbukitan dan gunung dengan rumah-rumah batu yang terbentuk secara alami akibat letusan gunung berapi dan erosi yang terjadi selama berabad-abad.

Selain akibat kejadian alam, para manusianya dulu juga mengukir bangunan seperti rumah, gereja, dan kota bawah tanahnya dengan menggunakan bebatuan lunak. Kota bawah tanah ini digunakan oleh para kaum Hittites dari invasi bangsa Persia dan Yunani.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Berburu Oleh-oleh di Tokyo

Exit mobile version