5 Rempah Ini Berkhasiat Menurunkan Berat Badan

Siapa di antara kamu di sini yang susah untuk turunkan berat badan? Selain rutin berolahraga, menjaga pola makan juga penting untuk menurunkan berat badan. Namun, di samping kedua tips di atas, kamu juga bisa nih mengonsumsi rempah yang berpotensi untuk turunkan berat badan.

Kasus obesitas di Indonesia nyatanya cukup tinggi. Berdasarkan catatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, 1 dari 3 orang di Indonesia mengalami masalah obesitas. Bahkan pada 2018 tercatat peningkatan kasus obesitas hampir dua kali lipat, dari 19,1% pada 2007 menjadi 35,4% pada 2018.

Tubuh yang ideal menjadi dambaan bagi setiap orang, terutama kaum wanita. Jika kamu sudah melakukan berbagai macam cara diet, namun tidak berhasil, alangkah baiknya untuk coba mengonsumsi rempah yang mengandung manfaat untuk menurunkan berat badan. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini!

Baca Juga: Kenali Gejala Omicron yang Diprediksi Jadi Gelombang Ketiga Covid-19

Tips Menurunkan Berat Badan dengan 5 Rempah

1. Kunyit

kunyit berkhasiat menurunkan berat badan

Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu penyedap dalam masakan, kunyit nyatanya juga mengandung khasiat untuk menurunkan berat badan. Di Indonesia, tidak lah sulit untuk menemukan kunyit. Kamu bisa menjumpai kunyit di pasar tradisional hingga pasar modern.

Nah, selain dikonsumsi dengan cara dicampurkan di bahan makanan, kamu juga bisa menjadikan kunyit sebagai jamu untuk menurunkan berat badan. Di dalam kunyit terdapat kandungan kurkumin yang berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sistem pencernaan.

2. Jahe

Jahe menjadi salah satu rempah yang memiliki banyak sekali khasiat. Bahkan di awal kemunculan pandemi 2020 lalu, banyak yang menyarankan untuk rutin mengonsumsi jahe untuk meningkatkan imun tubuh. Jahe juga biasanya dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh sekaligus meredakan flu dan batuk.

Nah, di luar itu jahe juga dikenal sebagai rempah untuk menurunkan berat badan dan baik dikonsumsi saat  diet. Hal ini karena dengan mengonsumsi jahe dapat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan penyerapan lemak. Rasanya yang enak juga bisa jadi teman kamu saat bersantai sore.

3. Jintan Putih

Jintan putih atau biasa juga disebut jinten bukan hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Sama seperti rempah lainnya, jinten juga umum dipakai sebagai campuran bumbu masakan, seperti misalnya soto, opor ayam, gulai, dan yang lainnya. Jinten, di samping untuk menambah rasa sedap juga baik untuk tubuh, terutama buat kamu yang sedang diet.

Sebuah penyelitian menyebutkan jintan putih dapat membantu pembakaran lemak di dalam tubuh tiga kali lipat dan membuat pencernaan sehat. Cara mengonsuminya adalah dengan meraciknya menjadi minuman. Satu sendok biji jintan putih direndam di dalam air semalaman dan air tersebut dihangatkan pada pagi harinya sebelum dikonsumsi.

4. Kayu Manis

Tips menurunkan berat badan berikutnya adalah dengan konsumsi kayu manis. Kayu manis juga menjadi rempah favorit bagi yang hobi masak. Selain masakan asin, kayu manis juga berguna untuk membuat racikan pada makanan manis, seperti roti. Bahkan ada juga kopi yang menggunakan campuran kayu manis untuk menambah rasa.

Di dalam kayu manis terdapat kandungan zat anti inflamasi dan antioksidan tinggi yang berkhasiat untuk tubuh. Kandungan tersebut membuat kayu manis berperan meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan proses pembakaran lemak dan berkhasiat menurunkan berat badan. Kamu bisa menambahkan sejumput kayu manis dan menambahkannya pada minuman kopi atau teh.

Baca Juga: Minum Kopi Bisa Jerawatan? Ini Penjelasannya

5. Lada Hitam

Lada hitam biasanya ditambahkan pada masakan untuk menambah cita rasa agak pedas. Selain ditambahkan pada masakan nusantara, lada hitam juga sering dipakai pada makanan dari luar, contohnya pada steak. Lada Hitam kaya akan Vitamin A, C, dan K, serta mengandung mineral dan asam lemak sehat.

Kedua kandungan tersebut bekerja sebagai penguat metabolisme alami yang dapat mempercepat proses pembakaran lemak, sehingga berguna untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Manfaat Konsumsi Jamur Bagi Kesehatan

Exit mobile version