5 Tanaman Hias yang Banyak Diburu Orang

5 Tanaman Hias yang Banyak Diburu Orang

5 Tanaman Hias yang Banyak Diburu Orang

5 Tanaman Hias yang Banyak Diburu Orang – Memelihara tanaman hias dapat menjadi cara untuk melepaskan kepenatan, mengurangi stres, sekaligus mempercantik ruangan dan taman di depan rumah, bahkan Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis.

Menekuni bisnis yang disukai akan terasa menyenangkan, selain bisa menyalurkan hobi, tentunya Anda juga akan mendapatkan omzet.  Apalagi di masa pandemi ini, ada banyak orang yang merawat tanaman hias sebagai hobi baru saat harus di rumah.

Ada banyak jenis tanaman hias yang menarik untuk di jual dan dikoleksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sedang gemar-gemarnya berkebun akibat pandemi Covid-19.

Mulai dari tanaman bunga berwarna-warni, hingga tanaman berdaun unik seperti lidah mertua, lidah buaya, aglaonema, maupun adenium. Harganya pun beragam, ada yang puluhan ribu, namun ada pula yang memiliki harga selangit mencapai jutaan rupiah.

Mungkin tidak masuk akal, tetapi nyatanya 5 tanaman hias berikut menjadi buruan para kolektor karena keunikannya. Jika anda menjual salah satunya, toko Anda bisa jadi masuk dalam incaran pecinta tanaman hias nih.

BACA JUGA5 Hobi dan Kebiasaan Baru di era “New Normal”

5 Tanaman Hias yang Banyak Diburu Orang

1. Anggrek Hitam Papua

Anggrek merupakan tanaman hias yang cukup populer dikembangbiakkan, karena masuk dalam jenis tanaman yang mudah dipelihara dan dirawat. Meski demikian, tidak semua tanaman Anggrek bisa didapatkan dengan mudah.

Salah satu yang tergolong langka adalah Anggrek Hitam Papua atau sering disebut sebagai “Flame of Irian”. Banyak orang sering salah membedakan antara Anggrek Hitam endemik Papua dengan endemik Kalimantan.

Anggrek Hitam Papua memiliki aroma yang lebih semerbak serta hanya berbunga sebanyak 3-4 kali dalam setahun. Harga tanaman ini tidak main-main, bisa mencapai Rp100 juta rupiah, meski begitu masih ada aja orang yang mau mengkoleksinya.

2. Oriental Lily

Bunga dari keluarga lily ini juga termasuk tanaman hias langka dan sangat mahal. Oriental Lily lebih cocok tumbuh di daerah sub-tropis seperti Korea dan Jepang karena suhu udara yang relatif rendah.

Tanaman ini akan mekar pada awal musim panas, sekitar bulan Juni hingga Agustus. Tanaman ini sebenarnya bisa tumbuh di Indonesia, tetapi tentu hanya di daerah-daerah tertentu yang cenderung sejuk.

Bunganya yang indah dan berwarna putih-pink dengan bintik merah menjadikan bunga ini tergolong cukup mahal per tangkainya. Oriental Lily bisa di jual seharga Rp500.000 per tangkai.

3. Hortensia

Jika anda saat ini sedang mengembangkan  bisnis tanaman hias, Hortensian adalah salah satu jenis tanaman hias yang patut anda pelihara.

Tanaman yang juga dikenal sebagai kembang bokor ini memiliki banyak sekali varietas yang membuat warna bunganya beragam. Bunga Hortensia biasa tumbuh berkelompok dan bisa berubah warna dari kuncup hingga mekar, dengan warna-warna yang unik seperti ungu, biru, hingga merah jambu.

Tanaman ini lebih cocok ditanam pada daerah sejuk dengan cahaya matahari yang cukup. Harga per tangkainya mencapai Rp50-100 ribu.

4. Juliette Rose

Bunga mawar lebih sering ditemukan berwarna merah, pink, kuning, atau putih. Namun, pernahkah Anda menemukan mawar berwarna orange?

Juliette Rose atau mawar Juliette merupakan varietas langka dari keluarga mawar yang merupakan hasil hibrida selama bertahun-tahun.

Persilangan mawar yang dilakukan oleh David Austin dan baru dipublikasikan tahun 2006 pada ajang Chelsea Flower Show, hasil hibrida ini mampu menyihir para pecinta flora dengan aromanya yang semerbak serta warna kelopaknya yang orange seperti buah aprikot.

Karena kelangkaan serta waktu penelitian yang lama, Anda harus merogoh kocek hingga 5 juta dollar atau sekitar 72 miliar rupiah untuk bisa memiliki bunga cantik ini.

5. Kadaka

Tanaman dari keluarga paku-pakuan ini merupakan tanaman hias dengan daun panjang dan menjulur seperti lidah. Tanaman yang memiliki daun berwarna hijau muda ini lebih cocok ditanam pada pot-pot kecil sebagai penghias ruangan, serta minim penyiraman dan cahaya matahari.

Kadaka adalah salah satu tanaman hias yang wajib Anda jual juga pada bisnis tanaman hias Anda. Beberapa varietas Kadaka yang banyak diburu adalah Kadaka Ular, Kadaka Osaka, serta Kadaka keriting.

Satu bonggol kecil tanaman hias ini bisa bisa dihargai hingga 100 ribu. Semakin besar ukuran bonggolnya, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Nah itulah 5 tanaman hias yang banyak diburu orang, jika anda bisa merawat salah satunya dengan cantik, bisa dipastikan bisnis tanaman hias Anda akan diincar pecinta bunga.

BACA JUGA:

Exit mobile version