5 Tempat Berburu Kuliner di Garut

Rekomendasi Kuliner di Garut – Jelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, sejumlah orang sedang sibuk mempersiapkan momen liburan. Kota Garut pun bisa menjadi alternatif pilihan berlibur bagi warga Jabodetabek yang enggan untuk bepergian jauh.

Selain menikmati pemandangan alam, liburan ke Garut pun tidak lengkap rasanya kalau kamu belum mencicipi ragam kuliner yang ditawarkan. Nah, jika kamu sedang bertandang ke kota Dodol itu, kamu bisa nih mencoba berburu kuliner di Garut dengan mengikuti rekomendasi berikut ini!

Baca Juga: 5 Jajanan Hits di Surya Kencana Bogor

1. Domba House Lasminingrat

kuliner di Garut
Domba House Lasminingrat (foto: Instagram/n_zalikha)

Nah, kalau bicara Garut, sudah pasti bicara mengenai domba Garut. Salah satu tempat rekomendasi untuk mencicipi hidangan daging domba yang lezat, apalagi kalau bukan Domba House Lasminingrat. Tempat makan yang satu ini memang menjadi salah satu restoran yang terkenal di Garut. Bahkan, beberapa kalangan artis atau selebriti pun ada yang lumayan sering mendatangi tempat ini.

Sesuai namanya, Domba House Lasminingrat menyajikan hidangan spesial berupa sate domba yang memiliki cita rasa berbeda. Kamu bisa memesan sate domba tanpa atau dengan lemak, sesuai selera. Selain sate, ada juga menu makanan lainnya, seperti gulai, sup bening, nasi goreng, dan lain-lain.

Lokasi: Jl. Pataruman No.1b, Pataruman, Kec. Tarogong Kidul, Garut

2. Sate Maranggi Pak Nur

Sate Maranggi Pak Nur (foto: Instagram/syalwaelia)

Rekomendasi kuliner malam di Garut berikutnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah Sate Maranggi Pak Nur. Sate maranggi memang menjadi salah satu varian sate yang terkenal di Nusantara. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate maranggi menggunakan daging sapi yang diracik dengan rempah dan disajikan dengan kecap.

Sate Maranggi Pak Nur ini memiliki cita rasa yang autentik. Selain bumbunya yang meresap, sate maranggi di tempat ini juga terkenal empuk dan tidak menimbulkan bau amis khas daging sapi. Selain sate maranggi daging sapi, ada juga sate yang menggunakan  daging ayam dan kambing. Ada juga menu lainnya, seperti gulai.

Lokasi: Jalan Pantura Semarang – Kendal No.119, Sukagalih, South Tarogong, Garut Regency

3. Nasi Liwet Pak Asep Stroberi

Nasi Liwet Pak Asep Stroberi (foto: Instagram/mixculinary.id)

Tempat yang satu ini sejatinya menawarkan menu masakan khas Sunda. Dan sesuai dengan namanya, restoran yang satu ini menyajikan menu andalan berupa nasi liwet yang dimasak menggunakan bumbu rempah lezat dan gurih dan dihidangkan bersamana dengan kastrol (alat masak nasi liwet berupa kendil alumunium).

Porsi nasi liwetnya sendiri bisa dipesan sesuai kebutuhan, mulai dari untuk porsi berdua sampai lima orang. Sebagai teman santap nasi liwet, ada juga berbagai macam aneka laik, seperti gurame, ayam bakar atau goreng, tahu, tempe, peda, dan lainnya.

Lokasi: Jl. Raya Kadungora no. 245A Wahana Wisata Astro, Garut Indonesia

Baca Juga: 5 Tempat Nasi Goreng Enak di Jakarta Patut Dicoba

4. Mie Bakso Parahyangan

Mie Bakso Parahyangan (foto: Instagram/fajarsatritama)

Hidangan yang satu ini sepertinya ada di berbagai wilayah di Indonesia. Nah, kalau kamu lagi di Garut, coba deh mampir ke Mie Bakso Parahyangan. Kedai bakso ini bisa dibilang menjadi salah satu tempat kuliner lawas yang ada di Garut.

Sesuai namanya, kedai ini menyajikan berbagai macam varian mie, seperti misalnya mie kuah dan mie yamin. Selain Mie ada juga makanan bihun kuah dengan isian berupa bakso, pangsit, siomay, dan tahu. Bukan cuma makanan berkuah, kamu juga bisa memesan makanan goreng.

Lokasi: Jl. Ciledug No.35, Regol, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut.

5. Baso Aci Ceu Imas

Baso Aci Ceu Imas (foto: Instagram/basoaciceuimas_)

Kamu termasuk penggemar jajanan baso aci? Kalau begitu, jangan lupa untuk mampir ke Baso Aci Ceu Imas. Bakso aci sendiri adalah baso yang terbuat dari tepung tapioka atau dalam bahasa Sunda disebut aci. Kedai Baso Aci Ceu Imas sendiri sudah buka sejak tahun 2009 dan bisa dibilang menjadi pelopor tren makanan baso aci di Garut.

Tidak seperti kedai bakso pada umumnya, Baso Aci Ceu Imas bertempat di rumah sang pemilik. Satu porsi baso aci dijual dengan harga sekitar Rp25.000. Selain baso aci, di dalam satu porsi mangkok ini ada berbagai macam isian, seperti cuanki, siomay, bakso daging, bakso tahu, kikil, iga sapi, hingga ceker.

Lokasi: Jl. Karacak No.49, Kota Kulon, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut.

Baca Juga: Bikin Ngiler! Rekomendasi Kuliner Semarang Legendaris

Exit mobile version