5 Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi

Sejak dipromosikan film Laskar Pelangi, Pulau Belitung hingga kini menjadi salah satu pulau yang masuk ke dalam daftar destinasi liburan atau wisata. Ya, film karya Andrea Hirata yang berceritakan mengenai kisah pertemanan dan mengejar impian anak sekolah itu sukses menunjukkan kepada masyarakat bahwa betapa indahnya alam yang ada di Belitung.

Belitung sendiri adalah sebuah pulau yang letaknya berada di lepas pantai timur Pulau Sumatera, Indonesia. Pulau ini sendiri terkenal dengan rempah lada putih (sahang), bahan tambang timah putih, tanah liat (kaolin), dan batu satam.

Buat kamu yang sedang mencari inspirasi destinasi liburan, tidak ada salahnya melirik Pulau Belitung. Berikut ini adalah lima tempat wisata yang menarik di Belitung.

Baca Juga: Suka Sejarah? Ini 5 Rekomendasi Museum yang Ada di Bandung

5 Tempat Wisata Menarik di Belitung

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Nama pantai Tanjung Tinggi ini diambil dari kata tanjung yang berarti semenanjung dan Tinggi karena bebatuan granit di sekitarnya yang tinggi-tinggi. Dengan demikian, pantai ini memadukan pemandangan indah pantai dengan deburan ombak dan pasir putih sekaligus bebatuan granit.

Lokasi pantai Tanjung Tinggi letaknya tidak begitu jauh dari Kota Tanjung Pandan, di mana hanya memakan waktu 30 menit perjalanan. Tidak perlu merogoh kocek ketika berkunjung ke pantai ini, cukup menjaga kebersihan pantai.

2. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Destinasi wisata di Belitung berikutnya adalah Pulau Lengkuas. Tempat ini dikenal memiliki keindahan mercusuar di tengah laut hasil rancangan Enthoven and Co, dari Den Haag yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini mercusuar tersebut masih berdiri kokoh.

Adapun aktivitas yang bisa kamu lakukan di sekitar pulau lengkuas ini, antara lain berfoto-foto, bersantap ikan bakar, hingga aktivitas snorkling sambil berenang bersama ikan.

3. Pulau Burung

Pulau Burung

Mendengar namanya, pasti kamu akan berpikir bahwa di pulau ini akan ada banyak burung. Namun, ternyata bukan. Diberi nama Pulau Burung karena batu yang terlihat dari pulau ini menyerupai burung.

Karenanya, tidak sedikit dari pengunjung yang menjadikan bebatuan menyerupai burung itu sebagai spot untuk berfoto-foto. Untuk berkunjung ke Pulau Burung, kamu bisa merogoh kocek mulai dari Rp500.000 sampai Rp900.000. Biaya tadi sudah termasuk sewa boat dan alat snorkling.

Baca Juga: Pengen Liburan? Ini Rekomendasi Wisata Pantai di Malang

4. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam

Terletak di Tanjung Pandan, pantai Tanjung Pendam sering dikunjungi warga Belitung yang ingin bersantai, berolahraga, dan menikmati senja di pinggir pantai. Tak hanya menikmati suasana pantai, pengunjung tempat wisata di Belitung ini juga bisa menikmati taman hiburan yang ada di sekitarnya.

Untuk bisa berkunjung ke Tanjung Pendam ada kocek yang harus dikeluarkan.Harga Tanjung Pendam sangat terjangkau, mulai Rp3000 untuk kendaraan bermotor dan Rp5000 untuk kendaraan mobil.

5. Danau Kaolin

Danau Kaolin

Pulau Belitung tidak hanya menyuguhkan spot wisata pantai, ada juga danau. Danau Kaolin ini tadinya merupakan bekas penggalian tambang pasir kaolin dan timah. Sebelum dijadikan tempat wisata, Danau Kaolin biasa dijadikan tempat fotografer mencari spot foto dan hunting prewedding.

Danau Kaolin memancarkan perpaduan antara air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih (tanah liat). Sejak jadi tempat wisata, danau ini ramai dikunjungi wisatawan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, hanya saja yang dilarang adalah berenang.

Baca Juga: Kangen Oleh-oleh Daerah? Beli di Pesona JNE Aja!

Exit mobile version