5 Tempat Wisata di Bukittinggi, Ada yang Mirip Tembok Besar China Lho

Sebagai salah satu provinsi yang ada di Sumatera, Sumatera Barat menyimpan berbagai macam tempat wisata yang menarik. Di antara sekian banyak tempat, Kota Bukittinggi menjadi salah salah satu lokasi atau kota yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari luar Sumatera Barat.

Bukittinggi menjadi salah satu kota terbesar yang ada di Sumatera Barat. Selain terkenal dengan tempat wisata, Bukittinggi juga terkenal dengan ragam kuliner yang lezat.

Nah, di artikel kali ini kami tidak akan mengajak kamu membahas mengenai kuliner Bukittinggi, tapi tempat wisata di Bukittinggi yang menarik untuk dikunjungi. Apa saja? Simak terus informasinya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel Murah di Bukittinggi

1. Jam Gadang

tempat wisata bukittinggi jam gadang

Berkunjung ke Bukittinggi tidak lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke Jam Gadang. Monumen berbentuk jam ini menjadi salah satu bangunan bersejarah peninggalan zaman kolonial Belanda yang dibangun pertama kali pada tahun 1926 atas inisiatif dari Hendrik Roelof Rookmaaker.

Selain biasa dipakai untuk berfoto-foto, wisatawan yang berkunjung ke Jam Gadang ini juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas lainnya di sekitaran Jam Gadang, seperti berburu kuliner hingga menonton acara live musik.

2. Janjang Saribu

Kalau kamu punya cita-cita mau pergi ke Tembok Besar China tapi uangnya belum cukup, kamu bisa kok pergi ke Janjang Saribu. Janjang Saribu merupakan salah satu tempat wisata di Bukittinggi yang terletak di Ngarai Sianok yang bentuknya menyerupai Tembok Besar China dengan panjang keseluruhan mencapai 780 meter.

Biasanya Janjang Saribu sering dijadikan tempat wisata bagi mereka yang gemar trekking atau aktivitas fisik lainnya. Akses tangga dan jalan yang cukup curam di beberapa titik membuat sensasi yang mendebarkan ketika berkunjung ke Janjang Saribu.

3. Benteng Fort de Kock

Tempat wisata Bukittinggi berikutnya ada Benteng Fort de Kock. Ya, sesuai namanya kamu pasti sudah bisa menebak bahwa bangunan berupa benteng ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda.

Benteng Fort de Kock didirikan oleh Kapten Bauer pada tahun 1825 dan sempat direnovasi di tahun 2002 hingga menjadi kini menjadi salah satu tempat wisata favorit yang ada di sana.

Baca Juga: Deretan Objek Wisata Sejarah Untuk Penyuka Heritage

4. Tabiang Takuruang

Berikutnya bila kamu sedang berkunjung ke Bukittinggi, kamu bisa menjelajahi Tabiang Takuruang yang masih berlokasi di kawasan Ngarai Sianok. Tabiang Takuruang terkenal karena keindahan pemandangan alam berupa tebing-tebing.

Selain tebing, di sana kamu bisa melihat pemandangan berupa bukit yang menjulang dengan sungai yang dialiri oleh air yang jernih. Selain pemandangan yang indah, udara di sana pun masih sangat sejuk lho.

5. Lubang Jepang

Kalau di Bandung, Jawa Barat ada Goa Jepang, maka di Bukittinggi ada Lubang Jepang. Lubang Jepang sendiri merupakan terowongan atau bunker perlindungan yang didirikan oleh pasukan tentara Jepang pada 1942 untuk kepentingan pertahanan.

Lubang Jepang memiliki panjang sekitar 1.400 meter dengan lorong berjumlah 21 lorong. Dulunya terowongan ini sering dipakai untuk keperluan pertemuan, ruang mata-mata, hingga tempat penyimpanan logistik. Tapi sekarang, Lubang Jepang dijadikan sebagai salah satu tempat wisata Bukittinggi yang menarik.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Danau di Sumbar

Exit mobile version