5 Tempat Wisata di Papua yang Sayang untuk Dilewatkan

Papua kini tengah menjadi sorotan lantaran menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON (Pekan Olahraga Nasional) XX. Meski demikian, di luar euforia tersebut, Papua sudah lama menjadi pusat perhatian lantaran memiliki sejumlah tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Ya, pulau paling timur di Indonesia ini dikenal memiliki pesona alam yang eksotis. Tidak hanya mengundang minat wisatawan lokal, Papua juga terkenal hingga ke wisatawan asing.

Selain memiliki berbagai macam tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah, Papua juga menyimpan kearifan budaya lokal yang masih ada di zaman serba modern ini. Bagi kamu yang memiliki jiwa travelling, maka tidak afdol rasanya jika tidak berkunjung ke Papua.

Baca Juga: 5 Vila di Puncak Bogor yang Punya Nuansa Seperti di Bali

Memang, dibanding dengan wilayah Indonesia yang lain, kamu harus menyiapkan dana yang cukup tinggi untuk bisa berkunjung ke Papua. Namun, mahalnya biaya perjalanan akan sebanding dengan apa yang kamu dapatkan.

Langsung saja, daripada penasaran, berikut beberapa tempat wisata di Papua yang wajib masuk wish list kamu.

Rekomendasi Tempat Wisata di Papua

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

tempat wisata di Papua taman nasional teluk cendrawasih

Tempat wisata di Papua berikut ini sangat cocok bagi kamu yang hobi berwisata air. Ya, taman nasional dengan luas 1.453.500 Ha ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tersebar baik di darat, pulau, maupun perairan laut sekitarnya. Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini dikenal sebagai taman laut nasional terluas di Indonesia lho.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki sekitar 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan. Selain menyelam sembari menikmati keindahan bawah laut, kamu juga bisa menjelajahi pulau-pulau di sekitarnya.

2. Raja Ampat

Wah kalau yang satu ini, kami yakin sih kamu pasti sudah tahu. Ya, Raja Ampat menjadi salah satu tempat wisata ikonik di Papua yang terkenal sampai ke luar negeri. Raja Ampat terdiri dari gugus-gugus pulau kecil dan besar yang terbentang sangat elok dengan keindahannya. Ada empat pulau besar di sini, di antaranya Waigeo, Misool, Salawati, Batanta, dan pulau-pulau kecil.

Yang terkenal dari Raja Ampat adalah kekayaan biota laut yang luar biasa. Ketika kamu menyelam, kamu akan ditemani sekitar 1.511 jenis ikan dan penyu laut. Bahkan, menurut The Nature Conservancy, ada 75% spesies laut dunia yang bisa kamu jumpai di Raja Ampat. Waktu terbaik ketika menyelam di Raja Ampat sih katanya pada saat bulan Oktober dan November.

3. Danau Sentani

Laut bukan satu-satunya daya tarik yang ada di Papua. Ada juga Danau Sentani yang tak kalah menawarkan keindahan yang luar biasa. Danau seluas 9.360 hektar ini menjadi danau terbesar di provinsi tersebut. Memuliki ketinggian 75 meter di atas permukaan laut, Danau Sentani dikelilingi oleh 21 pulau.

Di Danau Sentani, kamu bisa menjalani berbagai macam aktivitas, mulai dari berenang, memancing ikan, menyantap kuliner lezat di sekitar danau, sampai menyewa perahu untuk keliling danau. Biasanya ada festival tahunan bernama Festival Danau Sentani yang biasa diselenggarakan pada pertengahan Juni.

Baca Juga: 5 Desa Wisata Terbaik yang Bisa Kamu Jadikan Tempat Liburan

4. Lembah Baliem

Buat kamu yang ingin mengenal budaya Papua lebih dalam, kamu bisa berkunjung ke Lembah Baliem. Tempat wisata di Papua ini tak lain adalah tempat tinggal suku Dani, Yali, dan Lani. Letaknya sekitar Pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu hingga 10-15 derajat celcius pada malam hari.

So, pastikan kamu membawa perlengkapan dingin, seperti jaket ya. Kamu bisa berinteraksi dan mengenal kebudayaan suku asli yang masih mengenakan koteka bagi pria dan rok rumbai bagi perempuan. Festival terkenal di tempat ini adalah Festival Lembah Baliem.

5. Desa Wisata Sauwandarek

Tempat wisata di Papua berikutnya adalah Desa Sauwandarek. Di tempat ini kamu bisa berjumlah dengan suku asli yang hidup di kawasan pesisir. Desa ini sendiri masih berada di kawasan Kabupaten Raja Ampat, tepatnya di Meos Mansar. Salah satu kegiatan menarik di sini adalah berkunjung ke rumah tradisional suku asli yang terbuat dari kayu dengan atap jerami.

Terdapat sekitar 46 kepala keluarga yang mendiami Desa Sauwandarek. Warga di sini, khususnya kaum perempuan biasa membuat topi dan tas dari daun pandan laut. Pas banget nih buat dijadikan oleh-oleh. Kamu juga bisa melakukan aktivitas laut, seperti menyelam atau snoerkeling.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bukittinggi, Ada yang Mirip Tembok Besar China Lho

Exit mobile version