5 Tempat Wisata Instagramable di Palembang

Berkunjung ke Palembang, pastinya bukan cuma menyatap sepiring pempek atau tekwan. Selain berburu kuliner, ibu kota Sumatera Selatan ini juga memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain menarik, tempat wisata di Palembang ini juga sangat Instagramable lho!

Sebagai salah satu kota tertua di Indonesia Palembang bukan cuma terkenal akan warisan budayanya. Kota ini juga dikenal memiliki potensi menarik dalam hal pariwisata. Tak heran, Palembang terpilih menjadi tuan rumah Asian Games 2018 bersama dengan Jakarta.

Kalau kamu punya rencana untuk liburan ke Palembang, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat wisata Instragramable di Palembang. Berikut rekomendasinya!

Baca Juga: 5 Tempat Nongkrong di Jakarta untuk Pecinta Sepeda

Rekomendasi Tempat Wisata Instagramable di Palembang

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera

San Francisco, Amerika Serikat boleh bangga punya Golden Gate, tapi Palembang juga ga kalah bangga karena punya Jembatan Ampera. Ya, jembatan ini sudah menjadi ikonnya kota Palembang. Karenanya, jika kamu berlibur ke sini, jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk mengunjungi Jembatan Ampera.

Jembatan yang dibangun sejak 1965 ini menghubungkan dua daerah, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan Sungai Musi. Jembatan ini semakin dipercantik ketika menyambut Asian Games 2018 lalu, sehingga menjadi tempat wisata Palembang yang Instagramable banget.

2. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro ini letaknya tidak jauh dari Jembatan Ampera, yakni sekitar enam kilometer. Posisinya yang berada di tengah Sungai Musi ini menjadi salah satu destinasi terkenal di Palembang, dengan nuansa budaya China-nya sangat kental.

Jika berkunjung ke sini kamu akan menemukan pagoda dengan sembilan lantai, Kelenteng Hok Tjing Rio, kuil Buddha, serta makam Pangeran Tan Bun An dan Putri Siti Fatimah yang berdampingan. Selain itu, ada juga Pohon Cinta, yang menurut kepercayaan masyarakat jika kamu berkunjung ke sini maka hubunganmu dengan pasangan akan langgeng.

3. Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk sendiri merupakan tempat wisata baru yang dibikin ketika menyambut Asian Games 2018 kemarin. Sesuai namanya, tempat wisata ini berada di tepian sungai Sekanak yang oleh pemerintah setempat tepiannya dibuat berwarna-warni.

Saking berwarnanya, banyak yang menjadikan tepian sungai Sekanak ini sebagai tempat untuk berfoto. Selain berfoto di pinggiran sungai, di sekitaran sungai juga terdapat beberapa gedung tua yang bersejarah.

Baca Juga: 5 Tips Perjalanan Bisnis yang Wajib Diperhatikan

4. Punti Kayu

Kamu suka dengan wisata alam? Kalau begitu tidak ada salahnya mengunjungi Punti Kayu. Tempat wisata di Palembang ini sejatinya berada di jantung pusat kota Palembang. Jadi, kamu tidak perlu menempuh perjalanan yang jauh jika kamu menginap di pusat kota.

Punti Kayu sendiri merupakan sebuah hutan wisata dan rekreasi keluarga yang memiliki luas sekitar 50 hektar. Ruang terbuka hijau ini menyajikan keindahan alam dan berbagai macam aktivitas, mulai dari berkemah, berjalan-jalan di jembatan gantung, sampai berfoto di depan replika keajaiban dunia.

5. Alquran Al Akbar

Kalau kamu ingin wisata religi, ada satu tempat yang juga tak kalah Instagramable, yakni Alquran Al Akbar. Tempat wisata di Palembang ini menyuguhkan kitab suci Alquran tapi dalam ukuran yang raksasa. Lokasinya sendiri berada di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus dan bisa dikunjungi oleh pengunjung umum.

Alquran Al Akbar memiliki total 30 juz ayat suci Alquran yang diukir di atas kayu. Ukurannya sekitar 1,7 x 1,4 meter dan disusun hingga lima lantai. Kalau ke sini, pengunjung harus memakai pakaian yang menutup aurat dan melepas alas kaki.

Exit mobile version