5 Tips Simpel Merawat Dispenser Air Minum Agar Lebih Awet

Tips Merawat Dispenser Air Minum

Yuk simak tips merawat dispenser!

Seiring berkembangnya zaman, teko dan cerek tidak lagi digunakan sebagai tempat menyimpan air minum. Kita justru menggunakan dispenser air minum karena dapat menampung lebih banyak air dan lebih praktis. Apalagi, alat satu ini sudah dilengkapi dengan fitur air panas dan dingin.

Meskipun demikian, dispenser juga memerlukan perawatan yang tepat agar tidak mudah rusak. Berikut beberapa tips simpel yang bisa kamu terapkan.

Baca juga: Begini Cara Berhemat di Jakarta dengan Gaji Pas-Pasan

1. Jauhkan dari Sinar Matahari

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menempatkannya jauh dari jangkauan sinar matahari langsung. Pasalnya, panas matahari dapat membuat dispenser mudah ditumbuhi lumut dan bakteri.

Selain itu, sinar matahari juga dapat merusak kinerja cooler pada bagian dalam dispenser.

2. Bersihkan Secara Rutin

Bersihkan dispenser air minum secara teratur, setidaknya sebulan sekali. Perlu diingat bahwa kamu harus melepaskan colokan dispenser dari kontak listrik terlebih dahulu agar tidak terjadinya ledakan dari heater dispenser.

Bila kamu kesulitan untuk membersihkan bagian interior, kamu bisa memanggil bantuan profesional. Sedangkan untuk bagian eksteriornya, cukup lap dengan menggunakan kain lembab.

3. Matikan Dispenser ketika Galon Kosong

Agar terhindar dari korsleting, pastikan kamu mematikan dispenser ketika mengganti galon atau saat air sudah habis. Kamu bisa menekan tombol power off dan langsung mencabut kabel dari kontak listrik.

Baca juga: 6 Trik Penting Saat Promosikan Produk via Youtube Bagi UMKM

4. Pastikan Aliran Listrik Stabil

Pastikan aliran listrik di rumah cukup agar dispenser dapat beroperasi dengan baik. Pasalnya, aliran listrik yang tidak stabil dapat merusak kinerja pada mesin satu ini. Kamu bisa menggunakan stabilizer agar tegangan listrik yang mengalir pada dispenser tetap stabil.

5. Hindari Penggunaan Langsung

Hindari langsung menyalakan dispenser ketika baru membeli. Pasalnya, oli kompresor pada mesin belum stabil setelah terguncang selama dalam perjalanan.

Jadi, kamu harus meletakkannya pada permukaan datar setidaknya selama 2-4 jam sebelum mengoperasikannya.

Itu dia beberapa cara merawat dispenser air minum agar lebih tahan lama. Agar dapur tertata rapi, kamu juga bisa menggunakan rak dapur berkualitas yang dijual melalui ruparupa.com.

Baca juga: Tips Kreasi Bekal Anak Praktis dan Bergizi

Exit mobile version