5 Tugas Kurir Paket, Tak Cuma Antar Barang Beres

ilustrasi gambar mengenai tips untuk menghandel paket di sepeda motor

Belanja online menawarkan banyak kelebihan seperti praktis, hemat waktu, dan serba cepat atau instan. Namun, di balik kemudahan itu ada tugas kurir paket yang setiap hari wara-wiri mengantarkan paket.

Menjamurnya toko online berpengaruh pada kebutuhan kurir paket. Sebab jasanya digunakan untuk mengantar paket dari toko hingga sampai ke pelanggan.

Baca juga: Kisah Pengantar Paket di Istana Maimun, Medan

Banyak dari kita berpikir kalau seorang kurir tugasnya hanya mengantar paket saja. Tapi tahukah kamu kalau ada segudang tanggung jawab yang dipegang oleh seorang kurir?

Nah, kalau kamu penasaran dengan tugas dan tanggung jawab pengantar paket atau kurir, berikut penjelasannya.

1. Mengirim paket ke alamat tujuan

Ini menjadi tugas utama dari kurir paket, mengantar hingga ke tempat tujuan. Tapi nggak semudah itu juga ya tugas seorang kurir.

Paket yang dikirim itu terdiri dari berbagai macam ukuran dengan berat yang berbeda pula. Biasanya untuk paket besar, kurir menggunakan mobil untuk mengantar paketnya.

Baca juga: Mengirim Barang dengan Kargo, Apa Plus Minusnya?

Sedangkan untuk ukuran kecil dan ringan pengiriman menggunakan sepeda motor. Nah, untuk kurir yang menggunakan sepeda motor ini juga cukup berat lho tugasnya. Sebab, mereka membawa banyak paket dalam satu motor.

2. Kondisi paket aman

Selain mengantar paket, kurir juga bertugas memastikan kondisi barang yang diantar aman. Umumnya para kurir menjaga paket dengan sangat hati-hati. Apalagi bila ada barang bertanda khusus sepeti mudah pecah.

3. Mendata selama proses pengiriman

Selain mengantar dan menjaga barang tetap aman, kurir juga bertugas melakukan pendataan selama proses pengiriman. Melalui pendataan, perusahaan ekspedisi bisa mengetahui proses pengiriman dengan mudah.

Selain itu, pihak pengirim dan penerima paket pun dapat mengecek keberadaan kirimannya di situs penyedia layanan jasa.

4. Melakukan transaksi COD

Saat ini konsumen semakin dimudahkan dengan hadirnya sistem cash on delivery atau COD. Metode ini memberi kepastian barang sampai di tangan pembeli sebelum melakukan pembayaran.

Baca juga: Kisah Santri Ponpes yang Jadi Kurir Teladan di JNE Tasikmalaya

Di sini kurir bertindak sebagai perantara transaksi antara penjual dan pembeli. Kemudian, kurir akan menyerahkan uang transaksi tersebut pada pihak penjual.

5. Menyetor data pengiriman

Tak kalah penting dari tugas lainnya, kurir paket bertugas untuk menyetor data pengiriman. Tugas ini untuk memastikan semua paket yang dikirim sudah terpenuhi dan selesai dengan aman.

Exit mobile version