6 Tips Aman Motoran di Musim Hujan

Motoran di musim hujan

 

Intensitas hujan di beberapa wilayah Indonesia mulai terasa. Kondis ini tak jarang menimbulkan beragam masalah, dari jalan genangan air sampai banjir.

Bagi pengendara motor, meski hujan bukan menjadi masalah yang besar tapi tetap saja bisa menggangu aktivitas. Apalagi ditambah dengan risiko yang dihadapi karena kondisi jalan licin dan sebagainya.

Karena itu, pengguna motor wajib tetap berhati-hati saat terpaksa beraktifitas di musim hujan. Pastikan kondisi kendaraan tetap prima dan selalu waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi.

BACA JUGA : Tips Buat Kurir Pengguna Skutik, Begini Cara Bikin CVT Awet

Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah memberikan beberapa tips yang bis aditerapkan pengguna motor saat terpaksa beraktivitas di tengah guyuran hujan lebat, yakni :

1. Disarankan memakai jas hujan model setelan (baju dan celana), hindari menggunakan jas hujan model ponco karena dapat terlilit pada roda motor, menutupi lampu belakang, ini dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Pengendara motor terjebak banjir

2. Gunakan helm dengan kaca yang terang/clear visor, kaca helm/visor yang terang tidak akan mengganggu atau mengurangi visibilitas pandangan berkendara dalam kondisi hujan terutama saat malam hari. Jika punya dana lebih, kaca helm dapat dipasang pinlock.

3. Selalu jaga jarak aman dengan pengendara lain. Ketika hujan, jalanan akan menjadi lebih licin sehingga jarak pengereman akan lebih panjang.

4. Gunakan kecepatan yang aman, hindari penggunaan kecepatan yang terlalu tinggi, ini akan membuat motor lebih sulit dikendalikan.

BACA JUGA : Tips Aman Berkendara di Guyuran Hujan Lebat

5. Operasikan motor lebih halus saat akselerasi maupun pengereman, penggunaan yang kasar dapat mengakibatkan ban mudah slip dan terjatuh.

6. Jika hujan sangat lebat disertai angin kencang, lebih baik berteduh sampai kondisi baik baru melanjutkan perjalanan.

Exit mobile version