7 Alat Wajib Saat Berkendara, Penolong saat Darurat

ilustrasi gambar peralatan yang wajib untuk berkendara

Bagi pengendara motor tentu pernah mengalami kendala saat berkendara di jalan raya. Entah disebabkan cuaca atau faktor teknis lain pada motor seperti rantai motor yang mendadak putus atau lainnya. Alhasil, perjalanan kamu pun terhenti.

Meski terdengar sepele, namun menyiapkan toolkit khusus untuk keadaan darurat sudah menjadi hal wajib bagi pengendara motor. Sehingga bila sewaktu-waktu dibutuhkan, kamu cukup membuka bagasi motor untuk mendapatkan solusi.

Baca juga: Begini Cara Rawat Rem Tromol Sepeda Motor

Lalu toolkit apa saja yang wajib ada di motor?

1. Obeng

Obeng berfungsi untuk melepas sekaligus mengencangkan sekrup pada komponen sepeda motor. Alat ini biasanya terdiri dari beberapa jenis mata yang berbeda seperti obeng pipih, kembang, ratchet atau lainnya. Tak hanya jenis mata, obeng juga terdiri dari beberapa ukuran berbeda.

Pastikan kamu membawa jenis dan ukuran obeng yang memungkinkan ditaruh di bagasi motor. Sehingga ini bisa menjadi solusi saat sekrup komponen motor kendur.

2. Tang

Seperti halnya obeng, tang juga dibutuhkan untuk memotong kawat atau benda yang tak bisa dipotong menggunakan gunting. Siapkan tang dengan mulut yang panjang yang mampu menjangkau area komponen sepeda motor yang sempit.

Baca juga: Tips Berkendara Motor di Musim Hujan, Cocok Buat Kurir Logistik

3. Multi Tool

Kalau nggak mau ribet, kamu bisa menyiapkan multi tool atau alat serbaguna yang terdiri dari pisau lipat, tang dan juga sepasang obeng dengan dua jenis mata obeng. Umumnya alat ini berukuran kecil dan mudah untuk dibawa-bawa.

4. Kunci “L”

Terkesan sepele, namun benda ini sangat diperlukan saat kondisi darurat. Kunci L berguna saat kamu butuh untuk mengencangkan atau mengendurkan baut di area yang sempit.

5. Kunci Pas Atau Kunci Inggris

Kunci pas atau kunci inggris menjadi benda wajib lain di tas toolkit kamu. Alat ini menjadi penyelamat saat ada komponen yang harus dibuka atau dikencangkan bagian murnya.

6. Senter

Untuk memudahkan kamu memperbaiki atau memeriksa area sempit tadi, dibutuhkan alat penerangan seperti senter. Oleh karena itu, pastikan tas toolkit tersedia senter kecil.

Baca juga: Biar Starter Motor Selalu Tokcer, Perhatikan Perawatannya

7. Kabel Tis

Meski bukan alat, tapi kabel tis bisa sangat berguna saat kondisi darurat. Misalnya saat plat sepeda motor terlepas, plat nomor tidak kencang, atau kaca helm lepas pengaitnya. Cukup mengikatkan kabel tis untuk sementara sampai kamu bisa memperbaikinya dengan benar.

Exit mobile version