8 Destinasi Wisata di Jakarta yang Dilalui Jalur Busway, Murah Meriah

destinasi wisata jakarta

Kebun Binatang Raguna menjadi salah satu tujuan wisata favorit warga DKI Jakarta dan sekitarnya saat liburan. Foto: Antara

Jakarta menawarkan sejumlah tempat wisata yang bisa dituju menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta.

Meski cuti Lebaran telah usai, namun tak menghilangkan semangat menyambut akhir pekan. Apalagi pada Senin, 1 Mei 2023 adalah tanggal merah memperingati Hari Buruh.

Tak harus ke luar kota untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Sejumlah tempat wisata di Jakarta bisa jadi pilihan. Terlebih lokasi-lokasi tersebut bisa ditempuh dengan Transjakarta.

Baca juga: Saldo e-Toll Habis di Tengah Jalan? Ini 4 Cara Mengatasinya

Yuk, intip lokasi wisata di Jakarta yang dilewati jalur busway.

1. Kawasan Kota Tua

Lokasi wisata sejarah ini bisa kamu tempuh melalui jalur busway koridor 1. Beberapa bangunan tua dari zaman VOC bisa kamu lihat di wilayah ini.

Sebut saja Museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Sejarah Jakarta, hingga Museum Bahari.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati kawasan Kota Tua di malam hari. Banyak restoran dengan arsitektur Belanda juga kedai kuliner yang bakal menemani malam di akhir pekan.

2. Tugu Monas

Koridor 1 Transjakarta juga melalui beberapa tempat wisata. Jalur ini melewati komplek Tugu Monas yang cocok bagi pecinta olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda. Sebab, kawasan Monas memiliki pelataran dan taman kota yang luas.

Beberapa bangunan bersejarah di sekitar Tugu Monas juga bisa jadi pilihan seperti Gedung RRI, Masjid Istiqlal, dan Gereja Katedral.

3. Kuliner di Pecenongan

Buat kamu pecinta kuliner, bisa naik koridor 3 untuk menjajal makanan di kawasan Pecinan, Pecenongan. Tapi, sebaiknya kunjungi wilayah ini di malam hari. Sebab Pecenongan waktu malam menawarkan destinasi kuliner yang beragam.

Kawasan kuliner Pecenongan diresmikan oleh Gubernur Ali Sadikin pada 1971. Wilayah ini juga dekat dengan berbagai lokasi penting di ibu kota seperti Sekretariat Negara juga Istana Merdeka.

Baca juga: Ganjil Genap di Kawasan Puncak Jadi Permanen

4. Wisata Ancol

Geser sedikit ke koridor 5 yang melewati destinasi populer Ancol. Kawasan ini menawarkan berbagai wisata lengkap mulai dari Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Taman Seni, dan banyak lagi.

Bila kamu hanya ingin sekedar leyeh-leyeh melepas penat, bisa duduk santaai di resto pinggir Pantai Ancol. Nah, kalau ini sebaiknya datang di malam hari sambil melihat
kerlap kerlip lampu kapal dari kejauhan.

5. Kebun Binatang Ragunan

Berada di ujung koridor 6, kebun binatang tertua di Indonesia ini selalu jadi favorit warga Jakarta dan sekitarnya. Berbagai jenis hewan di Indonesia ada di Ragunan mulai dari mamalia, reptil, burung, hingga amphibi.

Kamu bisa mengajak si kecil ke Ragunan untuk mengenalkan aneka hewan di Indonesia. Selain itu Ragunan juga menyediakan spot-spot teduh untuk kamu piknik bersama keluarga. Jadi, jangan lupa untuk membawa bekal makanan yang cukup ya.

6. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Mau lihat miniatur Indonesia? Nah, TMII adalah jawabannya. Untuk menuju destinasi wisata ini, kamu cukup naik Transjakarta koridor 9 Pinang Ranti-Pluit.

TMII menyediakan wisata lengkap untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Berdiri di atas lahan seluas 150 hektar, TMII juga menyediakan cable car atau kereta gantung bagi pengunjung yang ingin menikmati lokasi ini dari ketinggian.

Baca juga: 9 Cara Menjaga Performa Sepeda Motor Tetap Prima Usai Perjalanan Mudik

7. Pantai Indah Kapuk

Siapa yang tak kenal Pantai Indah Kapuk atau PIK? Lokasi ini sudah menjadi ikon wisata Jakarta beberapa waktu belakangan.

Cukup naik Transjakarta koridor 9A jurusan Pinang Ranti-Pluit kamu dapat menikmati lokasi wisata yang Instagramable ini. Ada banyak pilihan wisata mulai dari kolam renang, kafe, restoran, hingga hutan mangrove.

8. Jakarta International Stadium

Nah, destinasi wisata baru lain yang bisa dilalui Transjakarta adalah Jakarta International Stadium (JIS). Kamu dapat memilih jalur Transjakarta koridor JJIS 014 (Senen-JIS) dan JIS 003 (Harmoni-JIS).

Stadion JIS dibuka pertama kali pada April 2022 lalu. Memiliki stadium olahraga bertaraf internasional, JIS memiliki desain yang unik dengan teknologi ramah lingkungan.

Hanya bermodal Rp3.500 saja, kamu dapat mengunjungi sejumlah destinasi wisata menarik di Jakarta.

Exit mobile version