Adira Finance Berburu UKM Terbaik di Festival Kreatif Lokal 2021

 

Mengandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Repubulik Indonesia (Kemenparekraf RI), Adira Finance kembali menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL). Ajang ini merupakan gelaran kedua yang kini hadir mengusun tema “Tumbuh Bersama Sahabat” yang sekaligus menjadi motivasi agar pelaku UKM tumbuh bersama melalui kolaborasi dan menunjukkan semangat untuk maju.

Festival Kreatif Lokal 2021 akan berjalan hingga November, ajang ini pun merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia, khususnya Sahabat Lokal yang fokus terhadap pemberdayaan sektor pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan UMKM.

Adapun FKL menjadi wujud komitmen Adira Finance guna mendukung pengembangan ekonomi kreatif melalui program Kemenparekrag #BeliKreatifLokal dan Banggan Buatan Indonesia (BBI). Khususnya untuk produk-produk jebolan UMK pada 5 destinasi prioritas, yakni Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Likupang, dan Mandalika.

BACA JUGA : Luhut Siapkan Stimulus BBI untuk Dongkrak UMKM dan IKM

“Gelaran Festival Kreatif Lokal 2021 bukti konsistensi dan kepedulian Adira Finance terhadappelaku UKM di sektor pariwisata. Lebih utama lagi, Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi modalbagi pelaku UKM di lima Destinasi Super Prioritas untuk tumbuh dan menunjukkan semangatterus maju di tengah tantangan,” ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangan resminya, Rabu (1/9/2021).

Festival Kreatif Lokal Adira 2021

Melalui FKL 2021, bisa menjadi peluang UKM dalam beradaptasi serta berinovasi terhadap perkembangan dunia usaha, terutama pada industri pariwisata. Selain sebagai modal untuk bertumbuh, FKL juga bermanfaat bagi pelaku UKM dalam mendapatkan pelatihan karena menggunakan metodepractical, sehingga dapat diterapkan langsung dalam bisnis UKM.

Sandiaga mengatkan, FKL 2021 sejalan dengan program Kemenparekraf RI dalam menggerakkan kembali roda perekonomian di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, serta merupakan langkah nyata berkelanjutan yang dilakukan Adira Finance, sebagai contoh kolaborasi yang baik di mana pihak swasta turut membantu kemajuan UKM di lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menjelaskan, FKL merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-31 Adira Finance. Melalui kegiatan ini, Adira mendukung upaya pemerintah, khususnya Kemenparekraf, dalam memajukan UKM sektor ekonomi kreatif agar bersama-sama tumbuh membangun perekonomian Indonesia di tengah masa pandemi.

BACA JUGA : 5 Destinasi Super Priotitas UMKM, Termasuk MotoGP Mandalika

“Program ini diselenggarakan sejalan dengan visi perusahaan dalam menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan,” ucap Hafid.

FKL terdiri dari beberapa aktivitas, yakni :

1. Grand Launching Festival Kreatif Lokal 2021.
2. Kreatif Lokal Award 2021, sebagai wujud apresiasi Adira Finance kepada individu pelaku wirausaha, yang telah menunjukkan prestasi baik dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas. Rangkaiannya dimulai dari pendaftaran peserta UKM, seleksi, hingga penjurian finalis.
3. Malam Gebyar Adira Kreasi 2021 yang menjadi acara puncak rangkaian Festival Kreatif Lokal 2021. Acara ini diselenggarakan bertepatan dengan HUT ke-31 Adira Finance pada November mendatang bertempat di Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Festival Kreatif Lokal 2021 berupaya mencari UKM terbaik dari tiga kategori bidang ekonomi kreatif, yaitu Kuliner, Kriya, dan Fashion, dari masing-masing lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia.

Pada prosesnya, UKM peserta Festival Kreatif Lokal 2021 akan diseleksidan dinilai berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan. Selain itu, tujuan, sekaligus dampak usaha terhadap pengembangan ekosistem daerah wisata, termasuk juga unsur kebudayaan dan pemberdayaan sumber daya masyarakat di sekitar lokasi usaha mereka.

BACA JUGA : JNE Ngajak Online Mataram, Siap Kasih Jurus Buat UKM Ekspansi ke Digital

UKM yang berhasil menang, akan mendapatkan hadiah senilai total ratusan juta rupiah berupa modal usaha, pelatihan bisnis, dan eksposur di berbagai media nasional, baik cetak maupun online. Untuk dapat mengikuti Kreatif Lokal Award, peserta UKM di lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi Festival Kreatif Lokal 2021 www.festivalkreatiflokal.co.id atau adira.id/festivalkreatiflokal-pr mulai 1- 22 September 2021.

“Zurich sangat bangga dapat mendukung Festival Kreatif Lokal yang bertujuan untuk membuka peluang baru bagi para UMKM. Kami yakin kegiatan ini mampu mendorong pertumbuhan dan meningkatkan daya saing UMKM sehingga akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan,” kata Direktur Adira Insurance Wayan Pariama.

Exit mobile version