Agar Kain Pel Tetap Higienis, Ikuti 4 Langkah Mudah Membersihkannya

damp cleaning stone floor with floor cleaning cloth

Aktivitas yang wajib dilakukan saat akhir pekan adalah bersih-bersih rumah. Salah satu perlengkapan yang biasa digunakan untuk kegiatan ini adalah kain pel.

Mengingat pemakaiannya yang cukup sering, tentu kain pel perlu dijaga kebersihannya. Bila tidak, bisa-bisa lantai malah tambah kotor setelah kita pel.

Supaya kain pel tetap higienis, ikuti langkah-langkah membersihkannya berikut ini.

Baca juga: Biar Aman, Gini Cara Kunci WhatsApp dengan Sidik Jari

1. Siram Kain Pel dengan Air Panas

Setelah selesai digunakan, rendam kain pel yang kotor di dalam air panas selama 10-15 menit. Kamu juga bisa menambahkan cuka putih untuk membantu menghilangkan noda minyak dan lemak dari kain pel.

2. Cuci Kain Pel dengan Air Sabun

Setelah di rendam, sikat kain pel dengan air sabun untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan bau yang tersisa. Kemudian, bilas kembali kain pel dengan air bersih dan peras sampai tidak ada air yang menetes.

Baca juga: Cerdas Belanja Online agar Aman Terkendali Saat Pesta Diskon dan Promo

3. Masukkan Kain Pel ke Mesin Cuci

Bila kamu ingin membersihkan kain pel secara menyeluruh, lepaskan kepala kain pel dari pegangan dan masukkan ke dalam mesin cuci. Namun, hal ini hanya berlaku untuk kain pel yang bisa dicuci dengan mesin.

Pilih mode mencuci dengan air panas dan gunakan sedikit detergen buat membasmi kuman. Kamu pun dapat menggunakan pemutih bila memungkinkan.

Baca juga: 9 Rekomendasi Hotel di Bandung untuk Keluarga

4. Keringkan di Bawah Sinar Matahari

Setelah dicuci bersih, diamkan kain pel hingga mengering dengan sendirinya. Kalau perlu, letakkan kain pel di bawah sinar matahari panas untuk mempercepat proses pengeringan. Setelah itu, simpan kain pel dengan baik sebelum digunakan kembali.

Exit mobile version