Agus Setiawan Seberangi Teluk Banten untuk Antar Paket

kurir mengirim paket lewat laut

Agus Setiawan, kurir dari JNE Serang naik perahu kayu berangkat delivery ke Pulau Panjang, Teluk Banten.

Mengantarkan paket pelanggan di kawasan perkotaan tentu sudah biasa, tetapi ke pulau-pulau terpencil yang perjalanannya menyeberangi laut, tentu luar biasa. Karena luar biasa, proses pengantarannya kerap meninggalkan banyak cerita. Kurir JNE bernama Agus Setiawan, yang biasa mengantar paket ke Pulau Panjang yang berada di tengah laut Teluk Banten, berbagi cerita kepada JNEWS.

Pulau Panjang adalah sebuah desa yang berada di tengah laut Teluk Banten. Pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Serang. Untuk sampai ke pulau tersebut bisa dijangkau dari Pelabuhan Karangatu dan Pelabuhan Grenyang, yang berjarak sekitar 30-40 menit perjalanan menggunakan perahu kayu kecil.

Meski hanya 30-40 menit untuk sampai ke pulau, namun ombak di laut Teluk Banten, terkadang tinggi dan ganas, terlebih apabila cuaca sedang tidak bersahabat. Hal itu dibenarkan oleh Agus yang sering mengantar paket ke Pulau Panjang.

“Tantangan delivery ke Pulau Panjang cuaca dan gelombang tinggi, terlebih kapal yang ditumpangi hanya perahu kayu kecil. Saya beberapa kali bermalam di rumah customer, karena pas mau kembali ke darat dihadang gelombang tinggi,” ujar Agus, saat berbincang dengan JNEWS, Kamis (3/11/2022).

Menurut Ksatria yang mulai bergabung di JNE Cabang Utama Cilegon sejak 2019 ini, setiap hari ada puluhan paket lebih yang harus diantarkan ke Pulau Panjang, mulai dari jenis paket  besar, seperti ban mobil, lemari plastik hingga jenis paket kecil, seperti dokumen, fesyen, kosmetik, alat pertukangan dan kuliner.

“Prosesnya paket di-routing (baca: penentuan rute pengantaran paket) terlebih dahulu per alamat tujuan. Setelah itu di-packing kembali supaya tetap aman selama di perjalanan. Kemudian paket dinaikkan ke perahu dari Pelabuhan Grenyang untuk dibawa ke Pulau Panjang,” jelas karyawan yang mempunyai hobi memancing ini.

Sepenggal Kisah Kurir Penyusur Sungai Alalak, Banjarmasin

Selain mengantarkan paket, dirinya juga melakukan penjemputan paket apabila ada warga Pulau Panjang yang akan mengirimkan paket ke luar pulau atau ke daratan, seperti ke Kota Serang, Cilegon dan kota-kota besar lainnya. Adapun paket yang biasa dikirim warga pulau di antaranya batang pohon untuk pembuatan aqua scape hingga makanan hasil laut.

“Sekarang kiriman ke Pulau Panjang terus meningkat, itu semua berkat layanan JNE yang bagus sehingga dipercaya oleh warga di Pulau Panjang. Warga di sana sudah sangat mengenal JNE,” jelas Agus.

Karena sudah sedemikian rupa dikenal oleh masyarakat di Pulau Panjang, Agus pun dijuluki ‘Mamang Paket JNE.’ “Warga di Pulau Panjang semuanya ramah dan baik, mereka selalu menyapa saya dengan panggilan ‘Mamang Paket JNE’. Kalau gelombang lagi tinggi atau kehabisan perahu yang akan menyeberang ke darat karena hanya sampai pukul 16:00 WIB, saya selalu menginap di rumah warga dan baru bisa pulang keesokan harinya,” terang pria kelahiran Serang, 31 Agustus 1993 ini.

Warga Pulau Panjang sudah pada mengenal dan menggunakan JNE, baik untuk menerima maupun mengirim paket.

“Selain ke Pulau Panjang saya juga delivery ke kawasan lain, dalam sehari bisa mengantar hingga 100 paket,” pungkasnya. *

Begini Cara Kurir Antar Paket sampai Alamat Tujuan

 

Exit mobile version