Keunikan Air Terjun Temburun, Air Terjun dengan 7 Tingkat

JNEWS – Setiap provinsi Indonesia memiliki sejumlah air terjun populer yang menjadi destinasi wisata. Sebut saja seperti Air Terjun Kanto Lampo Bali maupun Air Terjun Madakaripura di Probolinggo. Begitu juga di Kepulauan Riau, ada air terjun yang tak kalah indah dengan lainnya, yakni Air Terjun Temburun.

Pesona air terjun yang mengalirkan air dari ketinggian ditambah pemandangan alam di sekitarnya menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung. Setiap air terjun memiliki karakteristik tersendiri, begitupun dengan Air Terjun Temburun ini.

Wisata air terjun ini selalu ramai dikunjungi baik di akhir pekan maupun musim liburan dan menjadi kebanggaan masyarakat wilayah Siantan. Lokasi tepatnya air terjun ini ada di Desa Temburun Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau.

Air terjun ini memiliki keistimewaan yang tidak ada pada air terjun lainnya yaitu mempunyai 7 tingkatan. Tak hanya itu saja, pemandangan alam di kawasan ini begitu magis dan memesona.

Keunikan Air Terjun Temburun yang Menjadi Magnet Wisatawan

Air terjun ini begitu istimewa karena mempunyai sejumlah keunikan yang membuatnya berbeda dari lainnya. Apa saja keunikannya? Berikut ulasannya.

Keunikan Air Terjun Temburun, Air Terjun dengan 7 Tingkat
Sumber: Beauty of Indonesia

1. Memiliki 7 Tingkat

Umumnya air terjun mengalirkan air dari ketinggian saja, yang menjadi pembeda adalah tingginya. Berbeda dengan Air Terjun Temburun, di sini ada 7 tingkatan air terjun dengan air yang mengalir di tiap tingkatan dan bermuara di Selat Peniting.

Sekilas, air terjun ini mirip dengan Air Terjun Kanto Lampo di Bali yang berundak-undak. Namun, yang menjadi pembeda Air Terjun Temburun, tingkatannya lebih banyak dan tinggi.

Tinggi air terjun ini kurang lebih 250 meter. Air mengalir melewati bebatuan besar dan berundak. Debit airnya pun cukup deras, tidak pernah berkurang walaupun memasuki musim kemarau.

Fakta menarik, air terjun ini sempat kering pada pertengahan tahun 2019 karena kemarau yang panjang.

Baca juga: Wisata Kuningan: Menelusuri 7 Gua dan Air Terjun yang Masih Alami

2. Pesona Pemandangan Alam di Puncak Air Terjun

Air terjun ini dikelilingi juga perbukitan hijau. Tentu saja pemandangan ini sangat memanjakan mata wisatawan. Namun, ada hal yang lebih menarik lainnya dari kawasan ini.

Berada di puncak air terjun, wisatawan akan disuguhkan pemandangan memukau berupa pulau-pulau hijau dan warna biru dari laut yang begitu cantik.

3. Lokasinya di Tengah Hutan

Air Terjun Temburun terletak di tengah hutan tropis bakau dengan dikelilingi pohon bakau. Tidak mengherankan udara di kawasan ini sejuk, menyegarkan, dan pemandangannya begitu rindang.

Suasana di kawasan ini begitu tenang dan terasa begitu mistis karena keindahannya. Apabila dilihat dari bawah, keindahan air terjun ini seperti di film fantasi. Menakjubkan!

Untuk mencapai air terjun ini dari Tarempa, wisatawan bisa menggunakan motor dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Rutenya menuju jalan Ibrahim Sattah dan masuk jalan ke arah Kantor Bupati Pasir Peti.

Wisatawan tidak perlu khawatir dengan akses jalannya, karena sudah beraspal dan mulus. Namun, jalannya cukup menanjak dan berbukit sehingga perlu kewaspadaan saat berkendara. Karena berhadapan dengan ruas jalan besar, tidak sulit untuk menemukan air terjun ini.

4. Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Temburun

Berkunjung ke air terjun ini ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Mulai dari berenang dan berendam untuk merasakan sensasi kesegaran air yang mengalir. Ditambah pemandangan sekitar yang rindang, tentunya akan lebih menyenangkan.

Selain itu, wisatawan bisa menikmati wisata mangrove di bagian muaranya. Tersedia jembatan kayu yang bisa digunakan pejalan kaki untuk berkeliling sambil menikmati mangrove dengan latar belakang air terjun. Tentunya tempat ini bisa dijadikan spot foto yang instagramable.

5. Fasilitas di Kawasan Air Terjun

Wisatawan yang mengunjungi kawasan ini tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum. Pemerintah daerah setempat telah menyediakan sejumlah fasilitas penunjang bagi wisatawan. Seperti adanya pondok-pondok kecil yang menjual aneka makanan serta minuman. Selain itu tersedia juga fasilitas toilet umum yang mudah ditemui.

Perlu diperhatikan apabila membawa makanan atau minuman sendiri, tidak boleh membuang sampah sembarangan. Jadilah wisatawan yang menjunjung tinggi kebersihan supaya wisata alam ini bisa terus lestari.

Ingin menikmati wisata air terjun ini, wisatawan cukup membayar Rp10.000 per orang. Jam operasionalnya mulai dari 10.00-17.00 WIB.

Baca juga: 10 Geopark Indonesia yang Masuk ke UNESCO Global Geoparks

Air terjun Temburun bukan sekadar destinasi wisata biasa. Keunikan dari strukturnya yang terdiri dari 7 tingkat, keindahan alam sekitar, serta komitmen pemerintah setempat pada pelestarian lingkungan menjadikannya sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia. Mari sama-sama jaga dan sebarkan keindahan air terjun ini supaya makin banyak yang mengenalinya.

Exit mobile version